Termasuk Lukaku, 5 Pemain Top Ini Punya Garis Keturunan R.D. Kongo

Ada pemain favoritmu?

Dalam sepak bola, Republik Demokratik Kongo tentu tak begitu populer di kalangan penggemar. Tak seperti negara Afrika lainnya, seperti Nigeria ataupun Pantai Gading, perkembangan sepak bola di Kongo tak menunjukkan perkembangan yang lebih baik.

Meski begitu, negara yang dulunya bernama Zaire ini punya peranan penting terhadap karier sejumlah pesepak bola ternama. Bagaimana tidak, terdapat beberapa pemain top yang memiliki garis keturunan Kongo yang mengalir dalam raganya. Siapa sajakah pemain tersebut? Berikut ulasannya.

1. Youri Tielemans (Leicester City)

Termasuk Lukaku, 5 Pemain Top Ini Punya Garis Keturunan R.D. Kongosempreinter.com

Youri Tielemans merupakan salah satu pilar penting Timnas Belgia dalam beberapa tahun belakangan. Kualitasnya yang mumpuni dalam mengatur lini tengah dan ritme permainan membuat Tielemans begitu diandalkan.

Ia memang lahir dan besar di Belgia, tepatnya di Sint-Preters-Leeuw. Namun, darah negara lain juga mengalir dalam tubuhnya. Negara yang dimaksud adalah Republik Demokratik Kongo. Dara kongo didapat Tielemans dari sang ibu yang merupakan orang asli Kongo, sedangkan sang ayah adalah penduduk setempat di Belgia.

2. Tanguy Ndombele (Tottenham Hotspur)

Termasuk Lukaku, 5 Pemain Top Ini Punya Garis Keturunan R.D. Kongo90min.com

Dikenal sebagai salah satu pemain Prancis kenamaan, Tanguy Ndombele juga merupakan pesepak bola yang memiliki garis keturunan R.D. Kongo. Gelandang berusia 24 tahun tersebut adalah keturunan dari imigran asal R.D. Kongo yang pindah ke Prancis saat dirinya belum lahir.

Ndombele menghabiskan sebagian besar hidupnya di Prancis, tepatnya di kota kelahirannya, Longjumeau. Selama karier sepak bolanya, Ndombele bermain untuk Tottenham Hotspur sejak musim lalu setalah direkrut dari Olympique Lyon.

Baca Juga: Diincar Barcelona dan Juventus, Tottenham Siap Lepas Tanguy Ndombele

3. Aaron Wan-Bissaka (Manchester United)

Termasuk Lukaku, 5 Pemain Top Ini Punya Garis Keturunan R.D. Kongo90min.com

Aaron Wan-Bissaka telah begitu akrab dengan Inggris yang merupakan negara tempat ia tumbuh dan besar. Karier sepak bolanya juga dihabiskan di Negeri Ratu Elizabeth ini dan membela sejumlah klub elite, seperti Crystal Palace dan Manchester United.

Dikenal sebagai bek kanan dengan kemampuan bertahannya yang brilian, Bissaka ternyata memiliki garis keturunan R.D. Kongo. Itu diwarisi dari kedua orang tuanya yang merupakan imigran yang pindah ke London. Bissaka juga sempat membela timnas negara leluhurnya tersebut pada 7 Oktober 2015 bersama tim U-21.

4. Romelu Lukaku (Inter Milan)

Termasuk Lukaku, 5 Pemain Top Ini Punya Garis Keturunan R.D. Kongothesun.co.uk

Nama Romelu Lukaku tentunya sudah familier di telinga penggemar sepak bola. Bermain bersama Inter Milan saat ini, Lukaku menjelma salah satu penyerang ganas berkat raihan golnya yang terus mengalir. Performa apiknya bersama klub turut mengantarkan Lukaku dipercaya tampil di Timnas Belgia.

Pada dasarnya, Lukaku merupakan penduduk asli Belgia sebab ia lahir di sana, tepatnya di Antwerp 27 tahun yang lalu. Namun, siapa yang menyangka bahwa Lukaku juga memiliki garis keturunan R.D. Kongo. Ia memperolehnya dari kedua orang tuanya yang merupakan penduduk asli R.D. Kongo. Sang ayah merupakan eks pesepak bola profesional.

5. Presnel Kimpembe (Paris Saint-Germain)

Termasuk Lukaku, 5 Pemain Top Ini Punya Garis Keturunan R.D. Kongoonzemondial.com

Pemain top terakhir yang juga memiliki garis keturunan Republik Demokratik Kongo adalah Presnel Kimpembe. Ia merupakan bek andalan Paris Saint-Germain sejak dipercaya tampil di skuad utama pada musim 2015/2016 lalu. Di tim nasional, Kimpembe berhasil mengantarkan Prancis juara Piala Dunia edisi 2018 kemarin.

Menariknya, meski membela Timnas Prancis, kedua orang tuanya memiliki garis keturunan yang berbeda-beda. Kimpembe yang lahir dan besar di Prancis merupakan seorang campuran dari dua negara, yaitu Republik Demokratik Kongo dari sang ayah serta Haiti yang didapat Kimpembe dari ibu kandungnya.

 

Nah, itulah 5 pemain top yang memiliki garis keturunan Republik Demokratik Kongo. Walaupun tak begitu familier dalam sepak bola, negara Afrika tersebut telah menelurkan sejumlah pesepak bola ternama sampai saat ini.

Baca Juga: Ekstrimis Serang Desa di Kongo, 12 Orang Dilaporkan Tewas

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya