5 Pemain Top yang Jarang Dipanggil Timnas Inggris, Kalah Saing!

Bahkan, ada yang belum debut sama sekali!

Tak dapat disangkal bahwa Timnas Inggris selalu berisikan pemain-pemain berkualitas. Memiliki liga terkompetitif di dunia, yakni Premier League, banyak talenta The Three Lions yang kualitasnya ikut terasah. Hal ini menjadi modal bagus bagi Inggris di setiap ajang internasional.

Banyaknya pemain hebat di setiap posisi jelas merupakan sebuah keuntungan. Akan tetapi, di satu sisi, timbul suatu persaingan antarpemain di posisinya masing-masing. Alhasil, beberapa pemain top jarang dipanggil oleh Timnas Inggris meskipun punya rekam jejak yang bagus di level klub. Siapa saja mereka?

1. James Maddison

5 Pemain Top yang Jarang Dipanggil Timnas Inggris, Kalah Saing!James Maddison (twitter.com/OfficialFPL)

Mekar bersama Leicester City, pamor James Maddison turut melejit. Ia menjadi salah satu pilar The Foxes di lini depan sejak bergabung pada 2018 lalu. Kreativitasnya sudah menghasilkan 45 gol dan 32 assist di berbagai ajang. Berkat itu juga Maddison acap kali jadi buruan klub elite Inggris lainnya.

Menilik penampilannya yang impresif di level klub, Maddison dinilai layak dipanggil oleh Timnas Inggris. Namun, hal tersebut masih sulit terealisasi. Ia hanya sekali mencatatkan debut bersama The Three Lions, tepatnya pada November 2019 lalu. Berlanjut hingga kini, Maddison urung mendapatkan panggilan.

2. Ivan Toney

5 Pemain Top yang Jarang Dipanggil Timnas Inggris, Kalah Saing!Ivan Toney (twitter.com/ivantoney24)

Ivan Toney menorehkan sensasi pada musim 2021/2022. Selepas membawa Brentford promosi ke Premier League, ia juga tampil produktif dan menjadi lumbung gol utama timnya. Tercatat, eks pemain Newcastle United itu sukses membukukan 14 gol dan 6 assists bersama Brentford di berbagai ajang.

Dengan performanya yang cukup apik itu, Toney sejatinya punya kans membela Timnas Inggris. Hanya saja, ketatnya persaingan di lini depan The Three Lions menjadi hambatan bagi pemain berusia 26 tahun tersebut. Toney bahkan belum pernah membuat debut sama sekali untuk Timnas Inggris sejauh ini.

Baca Juga: 10 Potret Ivan Toney, Striker Tajam yang Bersinar bersama Brentford

3. Aaron Wan-Bissaka

5 Pemain Top yang Jarang Dipanggil Timnas Inggris, Kalah Saing!Aaron Wan-Bissaka (twitter.com/MirrorFootball)

Bermain di klub sekelas Manchester United merupakan modal yang bagus. Terlebih, banyak pemain The Red Devils yang menjadi langganan dipanggil oleh negaranya masing-masing. Akan tetapi, situasi yang berbeda dialami oleh Aaron Wan-Bissaka. Jangankan menjadi andalan, ia justru belum mencatatkan debut.

Kegagalannya menembus skuad utama The Three Lions memang cukup beralasan. Performa Wan-Bissaka cenderung naik turun bersama United. Di sisi yang berbeda, Timnas Inggris dikenal memiliki sederet bek kanan mumpuni, seperti Trent Alexander-Arnold, Kyle Walker, hingga Reece James yang begitu diandalkan.

4. Harvey Barnes

5 Pemain Top yang Jarang Dipanggil Timnas Inggris, Kalah Saing!Harvey Barnes (twitter.com/Squawka)

Performa Leicester City yang konsisten di papan tengah Premier League tak terlepas dari kestabilan lini tengah mereka yang solid. Selain Youri Tielemans, ada juga sosok Harvey Barnes yang tampil apik sebagai pengatur permainan The Foxes. Sejak naik kasta pada 2018 lalu, ia telah dipercaya tampil sebanyak 146 kali.

Barnes menjadi salah satu favorit sang pelatih, Brendan Rodgers, di tiap laga yang dijalani. Kendati tampil reguler bersama klub, pemain berusia 24 tahun itu justru kesulitan dipanggil oleh Timnas Inggris. Tercatat, Barnes hanya mengoleksi satu caps bersama The Three Lions pada Oktober 2020 lalu.

5. Fikayo Tomori

5 Pemain Top yang Jarang Dipanggil Timnas Inggris, Kalah Saing!Fikayo Tomori (twitter.com/fikayotomori_)

Darah muda Fikayo Tomori sukses membawa AC Milan merengkuh Scudetto pada musim ini. Ketangguhannya mengisi lini belakang Rossoneri menghasilkan pertahanan yang sulit ditembus oleh tim lawan. Tak ayal bila namanya nyaris tak tersentuh dengan koleksi 40 penampilan di sepanjang musim 2021/2022.

Namun, kiprahnya yang mentereng di level klub saat ini justru berkebalikan saat bersama tim nasional. Tomori hanya dipercaya mengoleksi dua caps bersama Timnas Inggris sejak menjalani debut pada 2019 lalu. Namanya kalah bersaing dengan bek lain, seperti Harry Maguire, John Stones, hingga Conor Coady.

 

Kesempatan itu sejatinya masih ada. Mengingat usia kelimanya yang tengah memasuki puncak karier, mereka masih memiliki kans besar untuk membela Timnas Inggris dengan catatan mereka mampu meningkatkan performanya di klub masing-masing.

Baca Juga: 9 Fakta Fikayo Tomori, Bek asal Inggris Andalan AC Milan

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya