5 Pemain Top Ini Memiliki Perjalanan Karier yang Tak Biasa, Menarik!

Dari Paulinho hingga Choupo-Moting

Berganti klub merupakan suatu hal yang lumrah ditemukan dalam sepak bola. Setiap pemain yang memilih untuk pindah memiliki beragam alasan, mulai dari kenyamanan ataupun faktor lainnya. Biasanya, pemain tersebut akan pindah ke klub yang lebih besar dibandingkan klub lamanya.

Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk semua pesepak bola di dunia saat ini. Ada beberapa nama top yang memiliki alur perjalanan karier tak biasa dan berbeda daripada kebanyakan pemain lainnya. Penasaran siapa saja pemain tersebut? Berikut IDN Times sudah merangkumnya untuk kamu.

1. Paulinho

5 Pemain Top Ini Memiliki Perjalanan Karier yang Tak Biasa, Menarik!90min.com

Paulinho memiliki perjalanan karier yang terbilang tak biasa. Ia memang telah membela sejumlah klub top macam Tottenham Hotspur dan Barcelona, namun alur karier yang ia lewati terkesan aneh dan berbeda dengan kebanyakan pemain lainnya. Sebagai pemain asli Brasil, ia memulai kariernya dengan bergabung bersama salah satu klub di sana, Gremio.

Setelahnya, perjalanan karier Paulinho dilalui dengan beberapa kali peminjaman, termasuk dua kali di antaranya dilepas ke klub di daratan Eropa, yaitu FC Vilnius di Lithuania serta LKS Lodz yang berada di Polandia. Namanya mulai harum saat tampil apik bersama Corinthias yang membuat Tottenham Hotspur kepincut dan merekrut Paulinho ke Inggris pada tahun 2013.

Perjalanan kariernya di Inggris justru tak berkembang yang membuatnya tak bertahan lama. Alih-alih pindah ke klub Eropa lainnya, Paulinho justru hengkang ke Guangzhou Evergrande pada 2015. Baru 2 musim di Asia, Paulinho secara tak terduga direkrut Barcelona meski hanya bertahan semusim. Setelahnya, Paulinho kembali ke klub Tiongkok tersebut dan masih bertahan sampai sekarang.

2. Martin Braithwaite

5 Pemain Top Ini Memiliki Perjalanan Karier yang Tak Biasa, Menarik!twitter.com/cjmofficial

Martin Braithwaite menjadi topik hangat di kalangan penggemar sepak bola setelah didatangkan Barcelona pada pertengahan musim lalu. Namanya yang tak begitu populer membuat banyak pihak ragu bahwa ia dapat bertahan lama di Camp Nou. Sebelum direkrut Barca, karier Braithwaite hanya dihabiskan dengan bermain untuk sejumlah klub medioker di Eropa.

Ia memulai kariernya dengan bermain untuk Esbjerg yang merupakan klub asal Denmark. Setelahnya, Braithwaite bermain untuk sejumlah klub Eropa lain yang hanya bertarung di papan tengah liga masing-masing, di antaranya Toulouse, Middlesbrough, Bordeaux, dan Leganes. Performa yang ia tunjukkan juga dianggap biasa-biasa saja untuk klub sekelas medioker di Eropa.

Bak ketiban durian runtuh, pada Februari 2020 lalu saat bursa transfer musim dingin sudah ditutup, Barcelona secara mengejutkan merekrut Braithwaite dari Leganes yang saat itu berada di jurang degradasi. La Blaugrana yang tengah mengalami krisis penyerang lantas diperbolehkan untuk mendatangkan Braithwaite ke Camp Nou. Ia pun masih bertahan hingga saat ini dan meraih Copa Del Rey beberapa saat yang lalu.

Baca Juga: 5 Pemain Barcelona yang Memakai Nomor 9 sebelum Martin Braithwaite

3. Xherdan Shaqiri

5 Pemain Top Ini Memiliki Perjalanan Karier yang Tak Biasa, Menarik!thisisanfield.com

Nama Xherdan Shaqiri tentu sudah familier di telinga penggemar sepak bola. Ia telah membela beberapa klub ternama di Eropa sepanjang kariernya, seperti Bayern Munchen, Inter Milan, dan kini bersama Liverpool. Namun, di balik prestasinya membela sejumlah klub top tersebut, perjalanan karier Shaqiri juga terkesan tak biasa.

Ia memulai kariernya dengan bergabung bersama SV Augst. Setelahnya, Shaqiri menghabiskan waktu yang lama bersama klub ternama di Swiss, FC Basel. Hingga pada tahun 2012, kepopuleran Shaqiri menanjak selepas direkrut Bayern Munchen dan bertahan selama 2 musim lebih. Di sana ia sukses meraih sejumlah trofi elite yang didominasi gelar domestik.

Setelahnya, sepak terjang Shaqiri mulai menunjukkan masalah dengan pasang surut yang dialaminya. Mulai dari dipermanenkan Inter Milan dan hanya bertahan selama sebulan, Shaqiri dilepaskan ke klub semenjana Inggris, Stoke City, pada 2015. Keberuntungan pun muncul. Saat klubnya hampir terdegradasi, karier Shaqiri diselamatkan Liverpool yang merekrutnya pada awal musim 2018/2019.

4. Hulk

5 Pemain Top Ini Memiliki Perjalanan Karier yang Tak Biasa, Menarik!Twitter.com/SquawkaNews

Givanildo Vieira de Souza atau yang akrab dikenal dengan sebutan Hulk merupakan penyerang ikonik asal Brasil. Dikenal karena memiliki postur tubuh yang kekar, Hulk saat ini bermain untuk Atletico Mineiro sejak Februari lalu setelah dilepas Shanghai SIPG. Menariknya, perjalanan karier Hulk tersebut juga terbilang tak biasa.

Sepanjang kariernya, Hulk memang hanya bermain untuk dua klub top asal Eropa, yaitu FC Porto dan Zenit St. Petersburg. Meski lahir di Brasil, bisa dibilang karier Hulk lebih dominan di Asia karena telah membela beberapa klub di sana. Diawali dengan membela Sao Paulo serta EC Vitoria, Hulk kemudian merumput di Jepang.

Ia membela beberapa klub macam Kawasaki Frontale, Consadole Sapporo, hingga Tokyo Verdy. Setelah cukup lama di benua Kuning, Hulk berpetualang ke Eropa dan bermain di Porto. Hingga pada tahun 2016, Hulk kembali ke Asia dengan bermain untuk klub kaya Tiongkok, Shanghai SIPG, dan bertahan selama 4 tahun di sana. 

5. Eric Maxim Choupo-Moting

5 Pemain Top Ini Memiliki Perjalanan Karier yang Tak Biasa, Menarik!dailymail.co.uk

Pemain terakhir yang memiliki perjalanan karier tak biasa adalah striker Kamerun, Eric Maxim Choupo-Moting. Teranyar, ia hengkang ke Bayern Munchen musim ini setelah kontraknya tak diperpanjang Paris Saint-Germain. Choupo-Moting memiliki fakta unik di balik setiap kepindahannya ke klub baru, yaitu berstatus bebas transfer alias gratis.

Karier sepak bolanya dominan dihabiskan di Jerman dengan membela sejumlah klub, seperti Hamburg SV, Mainz 05, hingga Schalke 04. Sama halnya dengan Braithwaite, perjalanan karier Choupo-Moting juga dianggap biasa-biasa saja saat itu. Di tahun 2017, ia pindah ke Stoke City dan hanya mencetak 5 gol selama semusim.

Hal tersebut bukanlah perkara bagus mengingat Choupo-Moting yang merupakan seorang striker. Namun, ia sangat beruntung sebab klub kaya Prancis, PSG, tertarik dan mendatangkannya ke Paris pada tahun 2018. Choupo-Moting sukses meraih sejumlah trofi selama 2 musim di PSG sebelum akhirnya hengkang ke Bayern Munchen musim ini.

 

Itulah 5 pemain top yang memiliki perjalanan karier yang tak biasa. Para pemain di atas sukses mendapatkan kepopuleran yang besar meskipun sering bergonta-ganti klub sepanjang kariernya.

Baca Juga: Choupo-Moting dan Bocah-bocah Bayern Berjaya di DFB Pokal

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya