Comscore Tracker

5 Pemain Top Alumni Piala Eropa 2004 yang Masih Aktif Merumput

Ada yang sudah berusia 43 tahun!

Perhelatan Piala Eropa 2020 sudah berada di depan mata. Setelah sempat ditunda pelaksanaanya selama setahun akibat pandemi Covid-19, kini ajang akbar di Benua Eropa tersebut siap digelar di 11 negara. Membahas momen-momen menarik di Piala Eropa, mungkin tak bisa dihitung berapa jumlahnya.

Namun, yang paling berkesan tentu saja saat Yunani menjadi juara Piala Eropa 2004. Berlangsung di Portugal, Yunani yang tak berstatus unggulan justru sukses mengunci gelar Piala Eropa perdananya. Selain itu, ada juga para pemain alumni Piala Eropa 2004 yang ternyata masih aktif berkarier di lapangan hingga sekarang. Lantas, siapa sajakah mereka?

1. Lukas Podolski

5 Pemain Top Alumni Piala Eropa 2004 yang Masih Aktif MerumputLukas Podolski (eurosport.de)

Lukas Podolski tampil di Piala Eropa 2004 sebagai salah satu pemain anyar timnas Jerman. Bersama Bastian Schweinsteiger, keduanya menjadi yang termuda di skuad Die Mannschaft. Sebelumnya, Podolski tampil impresif saat membela Koln lewat torehan 10 gol di Bundesliga musim 2003/2004.

Perjalanannya di Piala Eropa 2004 tak begitu mulus. Ia cuma tampil sekali, dan gagal membawa timnas Jerman melangkah lebih jauh usai gagal di fase grup. Setelahnya, Podolski menjelma andalan Die Mannschaft juara Piala Dunia 2014 lalu di Brasil. Kini ia masih aktif bermain dengan membela klub Turki, Antalyaspor.

2. Arjen Robben

5 Pemain Top Alumni Piala Eropa 2004 yang Masih Aktif MerumputArjen Robben (eurosport.com)

Tahun 2004 merupakan periode yang begitu pelik bagi Arjen Robben. Di musim terakhirnya bersama PSV Eindhoven, Robben mengalami cedera hamstring. Namun, dibalik permasalahannya tersebut, ia masih dapat tampil di ajang Piala Eropa. Robben menjadi salah satu nama baru di skuad De Oranje.

Bersama John Heitinga dan Wesley Sneijder, ketiganya merupakan pemain termuda timnas Belanda saat itu. Sempat tampil memble di fase grup, Robben berperan besar di balik kesuksesan De Oranje mengalahkan Swedia di babak 16 besar. Setelahnya, karier Robben terus menanjak dan masih aktif bermain. Saat ini, ia membela klub Eredivisie, Groningen.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua Timnas Italia yang Pernah Tampil di Ajang Piala Eropa

3. Gianluigi Buffon

5 Pemain Top Alumni Piala Eropa 2004 yang Masih Aktif MerumputGianluigi Buffon (goal.com)

Pencapaian yang begitu luar biasa sukses ditorehkan oleh Gianluigi Buffon. Disaat usainya sudah kepala empat, ia masih eksis sebagai pesepak bola. Sama seperti para pemain diatas, Buffon juga tampil di Piala Eropa 2004. Menariknya, Buffon yang saat itu berusia 26 tahun sudah menjadi tumpuan Gli Azzurri.

Namun apes bagi Buffon dan kolega. Gli Azzurri harus pulang lebih awal usai gagal secara dramatis di fase grup. Setelahnya, Buffon terus dipercaya menjadi kiper utama timnas Italia. Dan puncaknya pada Piala Dunia 2006 lalu, Buffon membawa Gli Azzurri meraih kampiun usai menang atas Brasil di fase final.

4. Cristiano Ronaldo

5 Pemain Top Alumni Piala Eropa 2004 yang Masih Aktif MerumputCristiano Ronaldo (eurosport.com)

Setelah menjalani musim debutnya bersama Manchester United, Cristiano Ronaldo dipercaya untuk memperkuat timnas Portugal di Piala Eropa 2004. Sejatinya, performa Ronaldo bersama United tak begitu mentereng setelah hanya mencetak 6 gol di musim debutnya. Namun, hal tersebut bukan menjadi masalah bagi timnas Portugal.

Berstatus sebagai tuan rumah, Portugal mampu tampil impresif di sepanjang turnamen. Ronaldo yang masih berusia 19 tahun saat itu menjadi bagian di balik kesuksesan negaranya melangkah ke final.

Namun, Portugal harus tertunduk lesu usai kalah dari Yunani. Berselang 12 tahun kemudian, atau di Piala Eropa 2016, Ronaldo berhasil membalaskan dendamnya usai menjadi juara.

5. Zlatan Ibrahimovic

5 Pemain Top Alumni Piala Eropa 2004 yang Masih Aktif MerumputZlatan Ibrahimovic (eurosport.com)

Pemain top terakhir alumni Piala Eropa 2004 yang masih aktif merumput adalah Zlatan Ibrahimovic. Di usianya yang sudah 39 tahun, Ibrahimovic dikenal sebagai pesepak bola yang gemar gonta-ganti klub. Meski begitu, performanya di atas lapangan tak mengalami penurunan sama sekali.

Menilik aksinya di Piala Eropa 2004, turnamen tersebut menjadi ajang bergengsi kedua yang diikuti Ibrahimovic bersama timnas Swedia. Setelah tampil di Piala Dunia 2002 saat masih berusia muda, Ibra berganti peran menjadi pemimpin Blagult di Portugal. Ia mampu mengantarkan negaranya melaju hingga babak 16 besar, meski akhirnya takluk oleh Belanda.

 

Piala Eropa 2004 telah berlalu selama 17 tahun. Namun, ada sederet pemain top yang berpartisipasi di ajang tersebut, kini masih aktif berkarier di lapangan hijau. Siapa favoritmu?

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang Memperkuat Timnas Portugal di Euro 2020

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya