Tak Lolos, 5 Pemain Top Serbia yang Gagal Tampil di Piala Eropa 2020

Serbia gagal lolos ke Piala Eropa untuk pertama kalinya

Serbia harus mengubur impiannya tampil di Piala Eropa untuk pertama kali. Sejak merdeka pada tahun 2006 silam, negara pecahan Yugoslavia ini belum mampu mencicipi ajang akbar di Benua Biru tersebut. Padahal, di edisi kali ini, Serbia punya kans besar untuk lolos.

Berhasil menancapkan kaki ke final play-off, Serbia justru takluk dari Skotlandia lewat drama adu penalti. Kegagalan mereka ke Piala Eropa tentu menjadi kabar buruk bagi para pemainnya. Bagaimana tidak, saat ini setidaknya ada sejumlah pemain top Serbia yang berkarier di klub-klub papan atas Eropa. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Filip Kostic

Tak Lolos, 5 Pemain Top Serbia yang Gagal Tampil di Piala Eropa 2020Filip Kostic (sportbuzzer.de)

Pemain top Serbia pertama yang gagal tampil di Piala Eropa 2020 adalah Filip Kostic. Ia merupakan pemain tumpuan Eintracht Frankfurt yang sukses meraih tiket Liga Eropa musim depan. Selain itu, pemain berusia 28 tahun ini juga tampil konsisten di lini serang Die Adler.

Di musim ini saja, Kostic berhasil mencetak 4 gol dan 17 assist dari 30 penampilan yang ia catatkan. Terlepas dari kegagalan negaranya, Serbia, tampil di Piala Eropa 2020, kesempatan Kostic untuk berpartisipasi di edisi selanjutnya masih terbuka lebar.

2. Sergej Milinkovic-Savic

Tak Lolos, 5 Pemain Top Serbia yang Gagal Tampil di Piala Eropa 2020Sergej Milinkovic-Savic (sempreinter.com)

Kegagalan Serbia melaju ke putaran final Piala Eropa 2020 merupakan kabar tak sedap bagi para pemainnya. Tak terkecuali, Sergej Milinkovic-Savic, gelandang andalan Lazio saat ini. Bukan tanpa sebab, Savic tengah dalam tren positif bersama klubnya di Serie A.

Ia merupakan otak permainan Lazio. Sejak direkrut musim 2015/2016 lalu, Savic telah berkembang pesat dan menunjukkan kualitas terbaiknya sebagai gelandang papan atas di Italia. Di musim ini saja Savic nyaris tak tergantikan posisinya.

Baca Juga: Juventus Inginkan Sergej Milinkovic-Savic Jika Gagal Datangkan Pogba

3. Dusan Tadic

Tak Lolos, 5 Pemain Top Serbia yang Gagal Tampil di Piala Eropa 2020Dusan Tadic (eurosport.com)

Dusan Tadic harus menerima pil pahit lantaran negaranya tak lolos Piala Eropa 2020. Di usianya yang kini 32 tahun, Tadic belum mampu mengantarkan Serbia mencicipi ajang akbar di Benua Eropa tersebut sepanjang kariernya.

Terlebih ia telah menjadi langganan Timnas Serbia sejak debut pada 2008. Meski Serbia tampil di Piala Eropa kali ini, pemain Ajax ini masih punya kans bermain di edisi berikutnya. Itu pun jika saat ia sudah berusia 35 tahun belum memutuskan pensiun.

4. Dusan Vlahovic

Tak Lolos, 5 Pemain Top Serbia yang Gagal Tampil di Piala Eropa 2020Dusan Vlahovic (90min.com)

Dusan Vlahovic menikmati perjalanan di musim 2020/2021 dengan sangat baik. Memasuki musim ketiganya bersama Fiorentina, Vlahovic tampil produktif di depan gawang lawan. Kendati La Viola harus terkatung-katung di Serie A, Vlahovic tetap mampu bersinar.

Dari 40 penampilan, pemain berusia 21 tahun ini sukses mengoleksi 21 gol dan 2 assist. Namun, patut disayangkan negaranya gagal melenggang ke Piala Eropa 2020. Hal tersebut tentu menjadi kabar buruk bagi Vlahovic yang tengah tampil apik saat ini.

5. Luka Jovic

Tak Lolos, 5 Pemain Top Serbia yang Gagal Tampil di Piala Eropa 2020Luka Jovic (90min.com)

Performa Luka Jovic memang tak terlalu spesial musim ini. Setelah paruh pertama yang membosankan di Real Madrid, ia kembali membela Eintracht Frankfurt dengan status pinjaman selama 6 bulan. Meski begitu, bukan berarti pamor Jovic luntur begitu saja.

Di Timnas Serbia, misalnya, pemain berusia 23 tahun ini sudah menjadi andalan utama sejak debut pada 2018 lalu. Terlepas dari kegagalan Serbia melenggang ke Piala Eropa 2020, Jovic masih memiliki kans tampil di edisi berikutnya dengan catatan ia mampu konsisten dan mengantarkan Serbia lolos ke putaran final.

 

Kegagalan Timnas Serbia ke Piala Eropa 2020 mengejutkan banyak pihak. Terlebih banyak pemain top yang kini membela panji negara pecahan Yugoslavia tersebut.

Baca Juga: 5 Striker Terbuang yang Tampil Moncer di Musim Ini, Ada Luka Jovic

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya