Habis Kontrak, 5 Pemain Top Ini Tinggalkan AS Monaco secara Gratis

Kebanyakan sudah berusia kepala tiga

Kiprah AS Monaco di Ligue 1 berjalan cukup menarik. Klub yang berdomisili di Monako ini bahkan sempat memutus dominasi PSG dengan menjadi kampiun Ligue 1 musim 2016/2017. Keberhasilan ini tentunya masih membekas dan bakal dikenang dalam waktu yang lama.

Sebagai salah satu klub besar di Prancis, AS Monaco selalu memikat banyak pemain. Ada sejumlah nama top yang sempat singgah ke klub ini. Di sisi lain, beberapa nama top itu juga hengkang tanpa biaya karena kontraknya sudah berakhir. Siapa saja mereka?

1. Dimitar Berbatov

Habis Kontrak, 5 Pemain Top Ini Tinggalkan AS Monaco secara GratisDimitar Berbatov (twitter.com/AS_Monaco)

Dimitar Berbatov mengakhiri kebersamaanya dengan AS Monaco pada musim panas 2015. Kontraknya berakhir dan sepakat untuk tidak memperpanjang kerja sama. Alhasil, Berbatov sempat berstatus tanpa klub selama beberapa waktu berikutnya.

Eks pemain Manchester United itu akhirnya merapat ke klub Yunani, PAOK Salonika, secara gratis. Ia tampil 53 kali serta berhasil membukukan 18 gol dan 8 assist. Sayang, kiprah Berbatov hanya bertahan selama semusim di klub barunya tersebut.

2. Djibril Sidibe

Habis Kontrak, 5 Pemain Top Ini Tinggalkan AS Monaco secara GratisDjibril Sidibe (twitter.com/ChampionsLeague)

Djibril Sidibe merupakan salah satu aktor penting dibalik pencapaian AS Monaco merengkuh trofi Ligue 1 musim 2016/2017. Selanjutnya, ia menjadi bagian dari skuad Les Rouge et Blanc hingga pertengahan 2022. Sidibe dilepas secara bebas transfer usai kontraknya sudah habis.

Pemain yang kini berusia 30 tahun itu langsung menemukan tujuan barunya. Klub raksasa Yunani, AEK Athens, menjadi klub yang beruntung mendapatkan jasanya. Namun, kontribusi Sidibe tak terlalu terlihat sejauh ini. Ia hanya jadi pelapis yang baru turun dalam 5 laga.

Baca Juga: 10 Fakta Benoit Badiashile, Bek Muda AS Monaco yang Dibidik Chelsea

3. Stevan Jovetic

Habis Kontrak, 5 Pemain Top Ini Tinggalkan AS Monaco secara GratisStevan Jovetic (twitter.com/AS_Monaco_EN)

Usai menjadi mesin gol AS Monaco selama empat musim, Stevan Jovetic memutuskan untuk berpisah. Ia sepakat untuk hengkang di saat kontraknya berakhir pada musim panas 2021 lalu. Berstatus free agent, Jovetic segera hijrah ke klub Bundesliga, Hertha Berlin.

Kepindahannya ini melengkapi petualangan Jovetic yang sudah pernah berkarier di lima liga top Eropa. Meski sudah berusia kepala tiga, Jovetic masih mampu tampil kompetitif bersama tim barunya itu. Ia telah mencetak 21 gol dari 77 pertandingan sejauh ini.

4. Radamel Falcao

Habis Kontrak, 5 Pemain Top Ini Tinggalkan AS Monaco secara GratisRadamel Falcao (twitter.com/ChampionsLeague)

Radamel Falcao resmi berpisah dengan AS Monaco pada musim panas 2021. Dirinya sepakat hengkang dengan status bebas transfer dan memilih pulang ke LaLiga. Bukan ke Atletico Madrid yang pernah dibelanya, Falcao merapat ke Rayo Vallecano.

Perannya sangat dibutuhkan oleh tim, baik dari segi kepemimpinan maupun mentalitas juara. Meski performa Falcao cenderung menurun, kontribusinya di luar lapangan tetap vital. Ia telah tampil dalam 43 pertandingan dengan torehan 20 gol dan 3 assist.

5. Cesc Fabregas

Habis Kontrak, 5 Pemain Top Ini Tinggalkan AS Monaco secara GratisCesc Fabregas (twitter.com/cesc4official)

Musim 2021/2022 menjadi musim terakhir Cesc Fabregas berseragam AS Monaco. Ia memilih untuk pindah demi merasakan suasana dan tantangan baru. Eks pemain Arsenal dan Chelsea ini lantas merantau ke Italia dengan bergabung bersama klub Serie B, Como 1907.

Di usianya yang sudah 35 tahun, Fabregas masih mampu tampil prima. Buktinya, ia sudah mengemas 9 penampilan di kasta tertinggi kedua liga Italia hingga sekarang. Fabregas juga diharapkan mampu mengangkat prestasi Como agar bisa promosi ke Serie A.

 

Meski ditinggal oleh nama-nama di atas, AS Monaco masih konsisten di level tertinggi Ligue 1. Hal ini menunjukkan bahwa regenerasi dan kebijakan transfer yang dijalani oleh Les Rouge et Blanc berjalan dengan baik.

Baca Juga: 10 Pesepak Bola yang Punya Saham di Tim Sepak Bola, Tak Hanya Fabregas

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya