5 Pemain Top yang Jarang Diketahui Pernah Membela Borussia Dortmund

Ciro Immobile salah satunya!

Membahas Bundesliga, nama Bayern Munchen tentunya sudah tak asing lagi. Dalam beberapa musim terakhir, klub tersebut selalu menguasai kompetisi domestik di Jerman. Namun selain Die Bayern, ada satu klub Bundesliga lain yang juga populer, yaitu Borussia Dortmund.

Meski prestasi yang ditorehkan Die Borussen tak terlalu mentereng, klub ini tetap menjadi salah satu klub yang patut diperhitungkan, baik di Bundesliga maupun kompetisi Eropa. Dikenal sebagai klub yang gemar melahirkan pemain top, Dortmund ternyata pernah dibela oleh sejumlah pesepak bola top saat ini. 

Berikut ini 5 pemain yang jarang diketahui pernah membela Borussia Dortmund. Penasaran siapa saja? Simak ulasannya dibawah ini.

1. Ivan Perisic

5 Pemain Top yang Jarang Diketahui Pernah Membela Borussia DortmundIvan Perisic. (soccerrich.com)

Sebelum mekar bersama Inter Milan, Ivan Perisic ternyata pernah menjadi bagian skuat Borussia Dortmund. Hal tersebut terealisasi di musim 2011/2012 lalu, Perisic direkrut Die Borussen dari klub Belgia, Club Brugge. Setelahnya, Perisic bertahan selama satu musim lebih di klub Jerman tersebut.

Dalam periode tersebut, Perisic tampil apik di sektor kiri penyerangan. Bermodal skill dan kecepatan, Perisic acap kali merepotkan barisan pertahanan lawan. Tercatat, pemain berusia 32 tahun tersebut membuat 64 penampilan dengan torehan 12 gol dan 7 assist. Pada pertengahan musim 2012/2013, Perisic hijrah ke Wolfsburg.

2. Adnan Januzaj

5 Pemain Top yang Jarang Diketahui Pernah Membela Borussia DortmundAdnan Januzaj. (90min.com)

Adnan Januzaj sempat diyakini sebagai titisan Cristiano Ronaldo. Dengan kualitas dan skill olah bola yang ia miliki, Januzaj menjadi topik hangat pembicaraan penggemar sepak bola. Namun, sejak promosi ke skuad utama Manchester United pada musim 2013/2014 lalu, Januzaj kesulitan menembus skuad utama. 

Alhasil, di musim 2015/2016, pemain berpaspor Spanyol ini dipinjamkan ke Borussia Dortmund. Kebersamaannya bersama Die Borussen justru tak bertahan lama, hanya sekitar 6 bulan. Januzaj hanya membuat 12 penampilan di semua ajang dengan raihan 3 assist. Kini, Januzaj berkarier di klub Spanyol, Real Sociedad.

Baca Juga: 6 Rekrutan Terakhir Jurgen Klopp di Dortmund, Bagaimana Nasibnya?

3. Kevin-Prince Boateng

5 Pemain Top yang Jarang Diketahui Pernah Membela Borussia DortmundKevin-Prince Boateng. (caughtoffside.com)

Kevin-Prince Boateng dikenal sebagai pesepak bola yang hobi bergonta-ganti klub sepanjang kariernya. Dari semua klub yang pernah dibelanya, saudara kandung dari Jerome Boateng ini juga sempat singgah ke Borussia Dortmund. Ia berseragam Die Borussen selama 6 bulan usai dipinjam dari Tottenham Hotspur.

Semua bermula di pertengahan musim 2008/2009 lalu, Boateng singgah ke Signal Iduna Park. Menilik statistiknya, pemain berusia 34 tahun tersebut tak menjalani masa peminjaman yang apik di Dortmund. Beroperasi sebagai penyerang, Boateng hanya mengemas 2 assist dari 11 penampilan yang ia catatkan.

4. Ciro Immobile

5 Pemain Top yang Jarang Diketahui Pernah Membela Borussia DortmundCiro Immobile. (goal.com)

Sebelum menetap di Lazio, karier Ciro Immobile mengalami pasang surut dikarenakan sering berganti klub. Klub ternama macam Juventus, Torino, Sevilla dan Borussia Dortmund pernah ia bela meski tak bertahan lama. Terkhusus untuk Dortmund, perjalanan karier Immobile sempat berada di titik terendah.

Direkrut dari Torino pada musim 2014/2015 lalu, Immobile yang beroperasi sebagai juru gedor justru tampil di bawah ekspektasi. Dari 34 penampilan, pemain berusia 31 tahun tersebut hanya mencetak 10 gol dan 3 assists. Semusim tampil melempem di Dortmund, Immobile justru moncer bersama Lazio sejak direkrut musim 2016/2017 lalu.

5. Antonio Rudiger

5 Pemain Top yang Jarang Diketahui Pernah Membela Borussia DortmundAntonio Rudiger. (t-online.de)

Pemain top terakhir yang pernah membela Borussia Dortmund adalah Antonio Rudiger. Berbeda dengan keempat pemain di atas, kebersamaan Rudiger dengan Die Borussen hanya sebatas di tim akademi saja. Awalnya, bek berusia 28 tahun tersebut direkrut dari akademi Zehlendorf pada 2008 silam.

Bersama Dortmund, Rudiger tak pernah mencatatkan penampilan di tim utama. Secara keseluruhan, Rudiger yang kini membela Chelsea hanya membuat 42 penampilan bersama tim muda Dortmund dan mencetak 2 gol. Hingga di tahun 2011, pemain berpaspor Jerman tersebut hijrah ke klub Bundesliga lainnya, Stuttgart. 

 

Itulah 5 pemain top yang pernah membela Borussia Dortmund. Meski mayoritas tak tampil istimewa untuk Die Borussen, kelima pemain di atas justru menunjukkan performa impresifnya bersama klub lain.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Bermain di Bayern Munich dan Borussia Dortmund

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya