Comscore Tracker

Persaingan Ketat, 5 Pemain Top yang Kini Kariernya Makin Tenggelam

Hadirnya rekrutan baru membuat posisi mereka terancam

Jendela transfer dimanfaatkan oleh setiap klub untuk menyusun komposisi skuadnya menjadi lebih matang. Entah itu mendatangkan rekrutan baru ataupun melepas pemain yang sekiranya sudah tak dibutuhkan lagi. Hal tersebut menjadi pemantik tersendiri bagi tiap pemain agar meningkatkan kemampuannya.

Bila tak mampu bersaing untuk memperebutkan tempat utama, kemungkinan besar yang bakal dialami sang pemain tentu menjadi penghangat bangku cadangan. Namun, kelima pemain ini justru mengalami hal yang jauh lebih buruk. Sudah berstatus pelapis, karier mereka justru makin tenggelam dengan kehadiran pemain-pemain baru. Siapa sajakah mereka?

1. Sergio Rico

Persaingan Ketat, 5 Pemain Top yang Kini Kariernya Makin TenggelamSergio Rico (sportsfinding.com)

Masa depan Sergio Rico di Paris Saint-Germain berada di ujung tanduk. Ia baru bergabung dengan skuad Le Parisiens di musim panas 2019. Datang dengan status pinjaman, Rico lantas dipermanenkan di pertengahan tahun lalu. Meski begitu, ia hanyalah berstatus pelapis dari Keylor Navas yang merupakan kiper utama.

Situasi makin pelik harus dihadapinya saat ini. Kedatangan Gianluigi Donnarumma yang baru saja menjuarai Piala Eropa 2020 membuat posisi kiper berusia 27 tahun tersebut berada di jalur persimpangan. Ia bisa saja tak dapat kesempatan bermain jika memutuskan bertahan di Paris musim depan.

2. Martin Braithwaite

Persaingan Ketat, 5 Pemain Top yang Kini Kariernya Makin TenggelamMartin Braithwaite (goal.com)

Performa Martin Braithwaite selama membela Barcelona bisa dibilang biasa-biasa saja. Sejak direkrut Februari 2020 lalu, Braithwaite hanya mampu mengoleksi 8 gol di semua kompetisi. Angka ini bukanlah statistik yang bagus baginya yang merupakan seorang penyerang. Terlebih lagi, Braithwaite bermain untuk salah satu klub elite di Eropa.

Posisinya di skuad utama La Blaugrana terbilang cukup aman di musim lalu. Braithwaite sering diturunkan oleh Ronald Koeman. Akan tetapi, pemain Denmark itu harus waspada dengan kehadiran sejumlah rekrutan anyar, seperti Memphis Depay dan Sergio Aguero. Braithwaite sejatinya mampu tampil apik di Piala Eropa 2020 dan menarik minat sejumlah klub Premier League untuk merekrutnya.

Baca Juga: 5 Pemain Barcelona yang Memakai Nomor 9 sebelum Martin Braithwaite

3. Joe Hart

Persaingan Ketat, 5 Pemain Top yang Kini Kariernya Makin TenggelamJoe Hart (tbrfootball.com)

Karier Joe Hart mengalami kemunduran drastis sejak hengkang dari Manchester City. Sempat pesakitan di klub-klub medioker Eropa, Hart kembali mencuat dengan membela Tottenham Hotspur musim lalu. Namun, ia hanya diproyeksikan sebagai kiper kedua dan menjadi cadangan dari Hugo Lloris yang begitu diandalkan.

Catatan perjalanan Hart selama membela The Lilywhites begitu minim dengan koleksi 10 penampilan. Statistik tersebut kemungkinan besar berkurang di musim depan usai Spurs mendatangkan kiper baru, Pierluigi Gollini. Ia telah menunjukkan kehebatannya selama berseragam Atalanta dan bakal diandalkan Nuno Espirito Santo di bawah mistar gawang Spurs.

4. Emerson Palmieri

Persaingan Ketat, 5 Pemain Top yang Kini Kariernya Makin TenggelamEmerson Palmieri (sempreinter.com)

Sejak bergabung ke Chelsea, Emerson Palmieri tak pernah tampil reguler di tiap musimnya. Ia justru lebih akrab dengan bangku cadangan lantaran kalah bersaing dengan Marcos Alonso di pos bek kiri. Apes baginya, karier Emerson bersama The Blues seolah-olah kian tenggelam di musim lalu.

Kedatangan Ben Chilwell mempengaruhi menit bermain pria berusia 26 tahun itu. Tercatat, Emerson cuma tampil 15 kali di semua ajang musim lalu dan kebanyakan sebagai pemain pengganti. Dengan usianya yang masih 26 tahun, pengalaman tampil penuh di tiap musim tentu harus menjadi prioritas utama bagi Emerson.

5. Daniel James

Persaingan Ketat, 5 Pemain Top yang Kini Kariernya Makin TenggelamDaniel James (90min.com)

Daniel James merupakan salah satu rekrutan awal Ole Gunnar Solkjaer saat menangani Manchester United di musim panas 2019. Awal perjalanannya bersama Setan Merah bisa dibilang berjalan lancar, James dipercaya tampil di banyak pertandingan. Hanya saja, musim keduanya justru tak sesuai ekspektasi.

James tampil minim dan hanya dijadikan pelapis dari Marcus Rashford. Kendati dianggap sebagai aset potensial, kans pemain berpaspor Wales itu untuk memperjuangkan tempat utama di lini depan United sepertinya bakal sulit. Gebrakan Setan Merah dengan merekrut Jadon Sancho bakal membuat peluang James tampil reguler menjadi semakin kecil.

 

Ketatnya persaingan di tim yang mereka bela saat ini menjadi bumerang bagi karier kelima pemain di atas. Kira-kira, apakah mereka bakal bertahan lebih lama atau justru dilepas ke klub lain? Kita nantikan saja.

Baca Juga: 10 Potret Memesona Daniel James, Pemain Muda Manchester United

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya