Comscore Tracker

5 Pemain Top yang Membela Groningen di Awal Kariernya, Ada Suarez

Groningen, klub penghasil pemain-pemain jempolan

Bila membahas Eredivisies, mungkin penggemar sepak bola lebih familier dengan klub-klub seperti Ajax Amsterdam, PSV Eindhoven ataupun Feyenoord. Ketiga klub itu memang sering tampil di kancah Eropa, dan acap kali menjadi kuda hitam serius yang mengganggu dominasi klub papan atas.

Namun, bukan berarti klub Eredivisie lain tak bisa bersaing lebih jauh di Negeri Kincir Angin. Salah satu klub pesakitan itu adalah Groningen. Klub berjuluk Green-White Army ini hanya finis di urutan ke-7 Eredivisie musim lalu. Di balik itu,  Groningen ternyata menjadi tempat bagi sederet pemain top berikut ini untuk menempa kemampuannya. Lantas, siapa sajakah mereka?

1. Daley Blind

5 Pemain Top yang Membela Groningen di Awal Kariernya, Ada SuarezDaley Blind (goalsandglamour.nl)

Dikenal karena berseragam Ajax Amsterdam, Daley Blind ternyata pernah membela klub Eredivisie lain, yaitu Groningen. Kebersamaannya bersama Green-White Army hanya berjalan selama 6 bulan. Ia didatangkan Groningen dengan status pinjaman dari Ajax di pertengahan musim 2009/2010 lalu.

Selama menjalani masa peminjaman, Blind memang kesulitan beradaptasi dengan gaya main Groningen. Terlebih lagi, ia kerap diturunkan di luar posisi aslinya sebagai bek tengah, yaitu menjadi bek kanan. Pemain berusia 31 tahun ini cuma membuat 19 penampilan bersama Groningen saat itu.

2. Dusan Tadic

5 Pemain Top yang Membela Groningen di Awal Kariernya, Ada SuarezDusan Tadic (vi.nl)

Groningen mendatangkan Dusan Tadic di awal musim 2010/2011 lalu. Bersama Green-White Army, perfoma Tadic terbilang ciamik dan jadi kreator utama di lini serang. Di musim debutnya saja, pemain berpaspor Serbia ini sukses mengemas 22 assist, tertinggi ketiga di Eropa setelah Lionel Messi dan Mesut Ozil.

Kariernya juga ikut melambung seiring penampilan Tadic yang menjanjikan. Tak ayal, baru 2 musim bersama Groningen, ia memutuskan hengkang ke klub Belanda lain, yaitu Twente. Sempat berkelana di Premier League bersama Southampton, Tadic kembali ke Negeri Kincir Angin dengan membela Ajax sejak musim 2018/2019 lalu.

3. Arjen Robben

5 Pemain Top yang Membela Groningen di Awal Kariernya, Ada SuarezArjen Robben (eurosport.com)

Sebagai orang asli Belanda, Arjen Robben memulai kariernya dengan membela klub-klub disana. Dari sekian klub itu, Groningen menjadi klub yang paling lama dibela oleh Robben. Bagaimana tidak, ia telah merumput disana sejak masih berusia 12 tahun. Robben sukses naik kasta ke tim utama di musim 2001/2002 silam.

Di usianya yang masih 17 tahun saat itu, Robben sudah dipercaya menjadi tumpuan Groningen di lini serang. Ia hanya bertahan selama semusim, lantaran PSV Eindhoven yang kepincut akan potensinya. Setelahnya, Robben malang melintang di beberapa klub papan atas Eropa. Sempat rehat semusim, kini ia kembali bergabung bersama klub masa kecilnya itu.

Baca Juga: Termasuk Robben, Inilah 7 Pemain Top yang Pernah Membela FC Groningen

4. Luis Suarez

5 Pemain Top yang Membela Groningen di Awal Kariernya, Ada SuarezLuis Suarez (90min.com)

Groningen merupakan klub yang berjasa mendaratkan Luis Suarez ke Eropa. Didatangkan dari Nacional musim 2006/2007 silam, sejatinya Suarez tampil moncer bersama Green-White Army. Selama semusim disana, Suarez sukses mencetak 15 gol dan 7 assist dari 37 penampilan yang ia catatkan.

Patut disayangkan, Suarez kerap bermasalah akibat sifat temperamen yang menodai reputasinya. Ia akhirnya hengkang ke Ajax Amsterdam, dan semakin menunjukkan sinarnya. Setelah lama berkarier di Belanda, Suarez akhirnya panen gelar bersama Liverpool, Barcelona dan kini dengan Atletico Madrid.

5. Virgil van Dijk

5 Pemain Top yang Membela Groningen di Awal Kariernya, Ada SuarezVirgil van Dijk (irishmirror.ie)

Pemain top terakhir yang pernah berseragam Groningen adalah Virgil van Dijk. Kebersamaannya bersama Green-White Army memang tak lama, hanya sekitar 3 musim. Semua bermula di musim 2010/2011 lalu, van Dijk direkrut ke tim akademi Groningen untuk mengasah bakatnya.

Hanya semusim setelah bergabung, van Dijk sukses promosi ke tim utama dan jadi andalan Groningen selama 2 musim. Dalam periode tersebut, ia mampu mencatatkan 60 penampilan di semua kompetisi. Setelahnya, van Dijk berpetualang ke beberapa klub top Eropa, mulai dari Celtic, Southampton dan makin bersinar bersama Liverpool.

Meski tak sepopuler klub Eredivisie lain, hal itu bukanlah hambatan bagi Groningen yang pernah dibela oleh sederet pesepak bola top saat ini.

Baca Juga: 8 Pemain Termahal yang Dijual Klub Scottish Premiership, Ada van Dijk!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya