Comscore Tracker

5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela Hull City, Ada Maguire

Kebanyakan hanya berstatus pinjaman

Nama Hull City mungkin masih kurang begitu dikenal oleh para pecinta sepak bola. Namun jangan salah, klub berjuluk The Tigers ini punya sederet sejarah hebat di persepak bolaan Inggris. Terakhir kali mereka bermain di Premier League adalah pada musim 2016/2017 lalu.

Setelahnya, Hull City mengalami penurunan performa yang dibuktikan dengan kegagalan mereka bertahan di Championship. Di musim ini, Hull City bermain di EFL League One, kasta ketiga liga sepak bola Inggris dan menjadi pemuncak klasemen sementara.

Meski namanya gak sepopuler klub Inggris lainnya, Hull City tak jarang menjadi tempat berlabuh sejumlah pemain ternama di awal perjalanan kariernya. Seperti yang dialami 5 pemain berikut ini. Penasaran siapa saja? Simak ulasannya.

1. Hatem Ben Arfa

5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela Hull City, Ada Maguiremirror.co.uk

Playmaker asal Prancis, Hatem Ben Arfa memang sudah dikenal karena sudah beberapa kali berganti jersey di sepanjang kariernya. Mulai dari PSG, Newcastle United, Real Valladolid dan klub yang sekarang dibelanya, Bordeaux. Mungkin banyak yang belum tahu bahwa Ben Arfa pernah bermain di Hull City.

Hal tersebut terjadi di musim 2014/2015 saat Ben Arfa dipinjamkan klub yang ia bela saat itu, Newcastle United. Bersama The Tigers, Ben Arfa hanya bertahan 6 bulan dengan catatan 9 penampilan saja serta menorehkan 1 assist. Tampil di bawah ekspektasi, Ben Arfa resmi dipulangkan Hull City ke klub lamanya tersebut.

2. Fikayo Tomori

5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela Hull City, Ada Maguiregoal.com

Bek masa depan Timnas Inggris, Fikayo Tomori ternyata juga pernah membela Hull City, tepatnya di musim 2017/2018 setelah dipinjamkan oleh Chelsea. Pemain jebolan akademi The Blues ini memang lebih banyak dipinjamkan ke klub lain karena kalah bersaing di posisi bek tengah.

Selama semusim membela Hull City, Tomori mencatatkan 20 penampilan dengan sumbangan 2 assist. Tercatat Tomori sudah dipinjamkan ke 3 klub berbeda yaitu Brighton & Hove Albion, Hull City, dan yang teranyar yaitu AC Milan. Dengan usianya yang masih 23 tahun, Tomori masih punya banyak waktu untuk terus mengasah kemampuannya.

Baca Juga: 6 Bek Termahal di Dunia Hingga Saat Ini, de Ligt Hingga Maguire!

3. Harry Maguire

5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela Hull City, Ada Maguiretelegraph.co.uk

Sebelum menjadi bagian penting Manchester United, Harry Maguire pernah menapaki karier bersama Hull City selama tiga musim yaitu dari musim 2014/2015 hingga 2016/2017. Performa impresifnya di lini belakang The Tigers saat itu sukses mengundang minat klub besar, hingga Leicester City merekrutnya pada 2017 lalu.

Tiga musim di Hull City, Maguire berhasil mengantongi 75 penampilan dengan raihan 3 gol serta 5 assist. Setelah berkarier bersama The Tigers, Maguire melanjutkan petualangannya ke Leicester City dan Manchester United. Kedatangannya ke Old Trafford musim lalu sukses memecahkan rekor transfer bek termahal di dunia dengan biaya 87 juta euro atau sekitar Rp1,4 triliun.

4. Peter Gulacsi

5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela Hull City, Ada Maguirehitc.com

Di awal kariernya, Peter Gulacsi sempat bergabung ke akademi Liverpool yang mengantarkannya berkiprah bersama Hull City dengan status pinjaman pada musim 2011/2012. Namun selama bersama klub yang berjuluk The Tigers tersebut, Gulacsi jarang mendapat menit bermain.

Melihat statistiknya saat itu, performa Gulacsi dibawah mistar gawang tak terbilang buruk dengan raihan 6 clean sheet dari 15 laga yang ia mainkan dalam semusim. Hingga akhirnya Gulacsi menemukan destinasi tepat bagi kariernya, yaitu RB Leipzig dan didapuk menjadi kiper andalan hingga saat ini.

5. Andy Robertson

5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela Hull City, Ada Maguirethescottishsun.co.uk

Memiliki karier cemerlang bersama Liverpool saat ini, Andy Robertson sempat menjadi tumpuan utama Hull City selama beberapa musim. Pemain berpaspor Skotlandia ini direkrut The Tigers dari Dundee United pada awal musim 2014/2015 lalu. Bersama Hull City, Robertson alami peningkatan karier yang signifikan.

Tercatat dari 3 musim yang ia jalani, Robertson tampil di 115 pertandingan dengan torehan 5 gol dan 10 assist. Berkat performa menawannya di sisi kiri pertahanan Hull City tersebut, Liverpool merekrutnya pada 2017 dan mengorbitkan Robertson sebagai salah satu bek kiri terbaik di dunia saat ini.



Meski tak setenar klub dari Inggris lainnya, Hull City ternyata menjadi salah satu klub langganan para pemain calon bintang di awal perjalanan kariernya. 

Baca Juga: 10 Bek Termahal yang Pernah Direkrut Liverpool, Ada yang Terbaru!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

Penulis biasa ini masih kuliah semester 2

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya