5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela PSV Eindhoven, Ada Robben!

Termasuk Arjen Robben juga, lho

PSV Eindhoven merupakan klub sepak bola yang bermain di Eredivisie Belanda. Melihat sejarahnya, klub ini menjadi salah satu klub tersukses bersama sejumlah klub Belanda lainnya seperti Feyenoord dan Ajax Amsterdam. Meski namanya tak sepopuler klub lain di Eropa, PSV ternyata juga pernah menjadi klub yang dibela beberapa pemain top.

Walau hanya beberapa musim saja, pemain tersebut memberikan kontribusi bagi PSV saat itu. Salah satu diantaranya yang paling terkenal adalah Arjen Robben. Nah, termasuk Robben, IDN Times sudah merangkum 5 pemain top yang pernah membela PSV Eindhoven di sepanjang kariernya. Penasaran siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Memphis Depay

5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela PSV Eindhoven, Ada Robben!theguardian.com

Memphis Depay merupakan salah satu pesepak bola top yang pernah merumput untuk PSV Eindhoven. Bahkan bersama klub Belanda itu juga, nama Depay melambung tajam berkat performa yang ia tunjukkan di lini serang Eindhoven kala itu. Secara detail, Depay mulai merumput bersama Eindhoven dari tahun 2006 silam dan bermain di tim akademi.

Butuh sekitar 5 tahun setelahnya bagi Depay untuk promosi ke tim utama dan sukses menunjukkan kapasitas terbaiknya. Bila ditotal, Depay telah membuat 124 penampilan dengan torehan 50 gol dan 29 assist. Bertahan selama 4 musim, Depay pun dilirik Manchester United di musim 2015/2016 lalu meski tampil dibawah ekspektasi. 

2. Luuk de Jong

5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela PSV Eindhoven, Ada Robben!volkskrant.nl

Penyerang Sevilla, Luuk de Jong juga merupakan alumni PSV Eindhoven. De Jong memang dikenal sebagai salah satu pesepak bola yang sering berganti klub. Sebelum bermain untuk Sevilla dan PSV Eindhoven, pemain berusia 30 tahun ini telah berkarier di sejumlah klub top Eropa, diantaranya FC Twente dan De Graafschap.

Membahas mengenai kariernya di Eindhoven, de Jong bermain disana selama 5 tahun yaitu tepatnya dari tahun 2014 hingga 2019. Dalam periode tersebut, de Jong tampil produktif di lini serang PSV dan di plot menjadi ujung tombak andalan di setiap pertandingan. Ia mencatatkan 204 penampilan dan sukses mencetak 112 gol serta 56 assist. 

3. Arjen Robben

5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela PSV Eindhoven, Ada Robben!ed.nl

Pamor Arjen Robben sudah tak perlu diragukan lagi kehebatannya sebagai salah satu winger terbaik Belanda. Meski namanya selalu identik dengan Bayern Munchen, Robben telah merumput bersama sejumlah klub lain sebelum itu. Beberapa klub yang pernah ia singgahi diantaranya Groningen, PSV Eindhoven, Chelsea dan Real Madrid.

Meski saat ini bermain untuk klub lamanya, Groningen, Robben juga punya kenangan manis bersama klub Eredivisie lainnya yaitu PSV Eindhoven. Bermain disana selama 2 musim, yaitu dari 2002 hingga 2004, pemain yang dikenal memiliki kecepatan diatas rata-rata ini mencatatkan 75 penampilan dengan raihan 21 gol dan 21 assist. 

Baca Juga: 10 Penjualan Pemain Termahal Sepanjang Sejarah Eredivisie Belanda

4. Georginio Wijnaldum

5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela PSV Eindhoven, Ada Robben!bleacherreport.com

Georginio Wijnaldum juga pernah berseragam PSV Eindhoven dalam waktu yang cukup lama, yaitu 4 tahun. Gelandang yang kini membela Liverpool tersebut bermain di PSV dari tahun 2011 setelah diboyong dari klub Belanda lainnya, Feyenoord. Wijnaldum tampil impresif di PSV dan menjadi andalan utama di lini tengah timnya tersebut.

Secara keseluruhan, Wijnaldum membuat 154 penampilan dengan torehan 56 gol dan 24 assist. Performa apiknya membuat Wijnaldum menjadi incaran sejumlah klub top Eropa saat itu. Hingga di musim 2015/2016, Wijnaldum resmi hengkang ke Newcastle United dan hanya bertahan semusim karena ia kembali hijrah ke klub lain, yaitu Liverpool setahun setelahnya.

5. Dries Mertens

5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela PSV Eindhoven, Ada Robben!ilpost.it

Berbeda dengan keempat pemain diatas yang berasal dari Negeri Kincir Angin, Dries Mertens merupakan pesepak bola asal Belgia. Namun, perjalanan kariernya lebih dominan dihabiskan di Belanda. Ia pernah membela sejumlah klub Eredivisie, diantaranya FC Utrecht dan juga PSV Eindhoven. Terkhusus bersama PSV, nama Mertens mulai menarik minat sejumlah klub top.

Semuanya terjadi sejak tahun 2011 lalu, saat itu Mertens direkrut PSV dari Utrecht dan bertahan selama 2 musim. Dalam kurun waktu tersebut, Mertens tampil cemerlang sebagai winger PSV dan membuatnya selalu menjadi pilihan utama. Ia membuat 88 penampilan dan sukses mencetak 45 gol serta 43 assist. Setelahnya di musim 2013/2014, Napoli resmi merekrutnya ke Naples dan masih bertahan hingga sekarang.

Itulah 5 pesepak bola top yang pernah membela PSV Eindhoven. Dari beberapa nama tersebut, lebih didominasi oleh pemain berpaspor Negeri Kincir Angin itu sendiri. Siapa favoritmu?

Baca Juga: 8 Klub di Luar Liga Top Eropa yang Pernah Juara Liga Champions

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya