Dimakan Usia, 5 Pemain Veteran Ini Kehilangan Tempat Utama di Timnya

Kini hanya menjadi penghangat bangku cadangan

Sudah menjadi hal yang lumrah melihat era keemasan tiap pesepak bola. Biasanya, momen itu berlangsung dalam waktu yang cukup lama dan mulai menurun seiring usia yang kian menua.

Tak ada yang bisa menyalahkan hal tersebut, karena pada dasarnya, kualitas tiap pemain bakal menurun. Beragam cerita menyelimuti penghujung karier segelintir pemain ternama.

Ada yang masih mampu tampil konsisten di timnya, tetapi ada juga yang justru tak lagi dipercaya untuk tampil reguler. Posisi mereka telah tergantikan oleh nama-nama lain yang berusia lebih muda serta memiliki stamina yang lebih energik. Siapa saja mereka?

1. Steve Mandanda

Dimakan Usia, 5 Pemain Veteran Ini Kehilangan Tempat Utama di TimnyaSteve Mandanda (twitter.com/OptaJean)

Berbicara mengenai sosok terlama yang membela Olympique Marseille, nama Steve Mandanda menjadi yang terdepan. Ia telah berseragam klub berjuluk Les Phoceens itu sejak tahun 2007 silam dan masih dipertahankan. Pernah berjaya pada masanya, kini porsi bermain Mandanda mulai berkurang.

Kiper berusia 36 tahun itu tak lagi menjadi kiper utama Marseille musim ini. Kedatangan Pau Lopez dengan status pinjaman dari AS Roma memaksa Mandanda untuk tampil minim.

Sejauh ini, ia baru tampil 7 kali di semua kompetisi. Statistik tersebut jelas menurun drastis dibandingkan musim-musim sebelumnya.

2. Shane Long

Dimakan Usia, 5 Pemain Veteran Ini Kehilangan Tempat Utama di TimnyaShane Long (twitter.com/ESPNFC)

Nasib Shane Long berubah drastis sejak musim lalu. Kiprahnya bersama Southampton sejatinya berjalan lancar mengingat Shane merupakan penyerang utama. Maklum saja seperti itu, pemain berusia 34 tahun tersebut sudah bermukim bersama skuad The Saints sejak musim 2014/2015 lalu.

Namun, Shane harus menerima pil pahit sebab jatah bermainnya makin berkurang. Ia bahkan dipinjamkan ke klub Championship, Bournemouth pada paruh kedua musim lalu.

Sekembalinya ke Southampton, karier Shane makin tak menentu lantaran hanya tampil 6 kali saja. Ia kalah bersaing dengan nama lain, seperti Adam Armstrong dan Armando Broja.

Baca Juga: Sempat Bertualang, 5 Pemain Veteran Ini Kembali ke Klub Lamanya

3. Aleksandar Kolarov

Dimakan Usia, 5 Pemain Veteran Ini Kehilangan Tempat Utama di TimnyaAleksandar Kolarov (twitter.com/Football__Tweet)

Pindah dari AS Roma ke Inter Milan bukanlah keputusan yang buruk bagi Aleksandar Kolarov. Pada musim debutnya, ia rutin bermain di pos bek kiri serta dipercaya sang pelatih, Antonio Conte.

Kolarov juga menjadi bagian Nerazzurri merengkuh titel Scudetto pada musim yang sama. Namun, semuanya berlalu begitu cepat. Memasuki usia 36 tahun, kualitas yang dimiliki Kolarov kian mengalami penurunan.

Ia juga rentan menepi ke ruang perawatan akibat cedera yang kerap menghampiri. Oleh karena itu, kini Kolarov menjadi penghangat bangku cadangan lantaran hanya berstatus pelapis Federico Dimarco. Pemain Serbia tersebut baru dipercaya tampil 4 kali di semua ajang.

4. Marcelo

Dimakan Usia, 5 Pemain Veteran Ini Kehilangan Tempat Utama di TimnyaMarcelo (twitter.com/brfootball)

Usia memang tak bisa bohong. Hal tersebut dialami oleh Marcelo yang kini lebih banyak berkutat di bangku cadangan. Padahal, semenjak bergabung dengan Real Madrid, pamor Marcelo makin melambung dan dikenal banyak orang.

Ia pernah menikmati puncak performanya sebagai salah satu bek kiri terbaik. Namun, tetap saja, hal tersebut tak terlihat lagi sejak dua musim terakhir. Keputusan Los Blancos merekrut Ferland Mendy membuat jam terbang Marcelo kian terbatas.

Ia memang berstatus kapten tim sejak musim ini, tetapi hal tersebut bukanlah sebuah jaminan. Terlebih Marcelo baru mengoleksi 7 penampilan sejauh ini.

5. Juan Mata

Dimakan Usia, 5 Pemain Veteran Ini Kehilangan Tempat Utama di TimnyaJuan Mata (twitter.com/foxfutnews)

Bak sebuah ironi, nasib Juan Mata di Manchester United sekarang hanyalah sebatas pemain pelapis. Pemain berusia 33 tahun tersebut bahkan baru tampil 3 kali saja di semua kompetisi.

Mata harus rela posisinya tergusur oleh pemain lain yang tampil apik dan lebih muda, seperti Bruno Fernandes, Paul Pogba, ataupun Scott McTominay. Kenyataan ini jelas berbeda jauh dibandingkan awal kedatangannya menuju The Red Devils.

Bergabung pada awal tahun 2014, Mata sukses mendapatkan kepercayaan mengisi lini tengah United. Selama beberapa musim, dirinya jadi kreator serangan United dalam mengoyak jala lawan. Namun, hal tersebut tampaknya bakal sulit terulang.

 

Pernah diandalkan pada masanya, kelima pemain veteran di atas harus menerima kenyataan bahwa dirinya kini hanya berstatus penghangat bangku cadangan.

Baca Juga: Tua-Tua Keladi, Ini 5 Pemain Termahal di Kisaran Usia 34 Tahun ke Atas

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya