5 Pemain yang Dilepas Ajax secara Gratis ke Klub Papan Atas

Kerugian bagi Ajax

Ajax Amsterdam merajut popularitasnya sebagai salah satu tim besar di Eredivisie Belanda sejak lama. Selain sukses berkuasa di papan atas, mereka juga dikenal dengan kehebatannya melahirkan pemain-pemain berbakat. Pemain-pemain itu menjadi sumber pendapatan Ajax sebab dijual mahal ke klub lain.

Ajax sering meraih keuntungan yang besar pada bursa transfer. Namun, mereka juga pernah ditinggal pemainnya secara gratis lantaran habis kontrak. Lima pemain ini menjadi pemain yang dilepas Ajax secara gratis ke klub papan atas. Siapa saja mereka?

1. Nick Viergever

5 Pemain yang Dilepas Ajax secara Gratis ke Klub Papan AtasNick Viergever (instagram.com/nickviergever)

PSV Eindhoven merupakan rival Ajax di Eredivisie. Meski begitu, hubungan transfer pemain di antara kedua klub ini berjalan dengan baik. Ini dibuktikan dengan sejumlah pemain yang saling bergantian membela PSV dan Ajax. Nick Viergever masuk ke dalam kategori tersebut.

Viergever meninggalkan Ajax pada musim panas 2018 lalu. Ia hengkang ke PSV Eindhoven dengan status bebas transfer dan menjelma jadi salah satu pemain penting. Viergever dipercaya mengisi satu tempat di lini belakang timnya. Kapten utama PSV ini sudah mengoleksi 104 penampilan di semua kompetisi.

2. Amin Younes

5 Pemain yang Dilepas Ajax secara Gratis ke Klub Papan AtasAmin Younes (twitter.com/AminYounes11)

Setelah membela Ajax selama 3 musim (2015—2018), Amin Younes akhirnya berpisah. Kontraknya berakhir dan kedua belah pihak sepakat untuk tidak memperpanjangnya. Alhasil, Younes meninggalkan klub ibu kota Belanda itu dengan status bebas transfer. Younes lalu hijrah ke Napoli.

Bersama Partenopei, kiprah pemain berpaspor Jerman itu tak terlalu mencolok. Selama 2 musim, Younes hanya tampil sebanyak 27 kali di semua kompetisi. Ia kesulitan menjadi pilihan utama di lini serang. Younes sempat dipinjamkan ke Eintracht Frankfurt dan akhirnya dilepas permanen ke klub Arab Saudi, Ettifaq FC, pada musim dingin 2022.

Baca Juga: Van Der Sar Mundur Usai Ajax Jeblok di Eredivisie

3. Noussair Mazraoui

5 Pemain yang Dilepas Ajax secara Gratis ke Klub Papan AtasNoussair Mazraoui (instagram.com/nousmaz97)

Bayern Munich berhasil memenangi perburuan bek muda Ajax, Noussair Mazraoui. Die Roten mendaratkannya ke Allianz Arena pada awal musim 2022/2023. Mazraoui bergabung dengan skuad Die Roten tanpa biaya sama sekali. Itu terjadi sebab kontraknya bersama Ajax yang sudah berakhir.

Mazraoui menjadi salah satu opsi bek kanan Bayern Munich. Ia harus bersaing dengan beberapa nama, seperti Benjamin Pavard hingga Joao Cancelo, untuk menyegel tempat utama. Alhasil, Mazraoui tak tampil maksimal pada musim debutnya. Ia baru mengoleksi 26 penampilan di semua kompetisi.

4. Daley Blind

5 Pemain yang Dilepas Ajax secara Gratis ke Klub Papan AtasDaley Blind (twitter.com/FCBayern)

Daley Blind mengakhiri petualangannya dengan Ajax pada musim dingin 2023. Ia sepakat memutus kontraknya yang sebenarnya baru berakhir pada Juni 2023. Itu berarti dirinya hengkang secara gratis. Blind tak butuh waktu lama mencari klub baru sebab ada Bayern Munich yang bersedia merekrutnya.

Bersama Die Roten, Blind hanya diikat kontrak jangka pendek hingga akhir musim 2022/2023. Ia diproyeksikan sebagai pelapis, apalagi Blind juga dikenal sebagai pemain yang serbabisa. Secara keseluruhan, pemain berpaspor Belanda itu sudah mengoleksi lima penampilan di semua kompetisi.

5. Andre Onana

5 Pemain yang Dilepas Ajax secara Gratis ke Klub Papan AtasAndre Onana (twitter.com/andreonana.24)

Ajax harus ditinggal oleh kiper andalannya, Andre Onana, pada musim panas 2022. Alih-alih bisa mendapatkan keuntungan dari penjualannya, Ajax malah gigit jari. Onana hengkang secara bebas transfer karena kontraknya yang sudah berakhir. Ia melanjutkan kariernya dengan bergabung ke Inter Milan.

Keputusannya itu merupakan pilihan yang tepat. Onana membawa angin segar bagi Nerazzuri. Ia menjadi pengganti ideal Samir Handanovic yang usianya sudah tidak muda lagi. Tercatat, Onana tampil gemilang pada musim debutnya dengan koleksi 19 clean sheet dari 40 penampilan.

Ajax tak selalu meraup keuntungan. Seperti halnya pada kelima pemain di atas. Mereka meninggalkan Ajax untuk bergabung ke klub besar Eropa lainnya tanpa biaya sama sekali alias gratis.

Baca Juga: 5 Pemain Argentina Terakhir yang Direkrut Ajax, Bagaimana Kiprahnya?

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya