Comscore Tracker

Inkonsisten, 5 Pemain yang Sekarang Hanya Menjadi Pelapis di Klubnya

Performa mereka justru menurun

Tak bisa dimungkiri bahwa berkarier untuk klub-klub papan atas Eropa merupakan impian bagi kebanyakan pesepak bola. Berkiprah di benua Biru bak dua sisi mata uang. Di satu sisi, pemain bakal meraih kepopuleran dan kesuksesan besar bila mampu bersaing di level teratas. Di sisi lain, performa pemain itu bisa saja meredup drastis jika gagal bersaing di klubnya.

Menerka seperti apa karier tiap pemain yang merumput di Eropa, bisa saja siklusnya seperti itu. Tiap klub bakal mengandalkan pemain yang memang tampil apik dan konsisten. Hal ini bakal membuat pemain lain hanya berstatus pelapis dan lebih sering berada di bangku cadangan. Seperti yang dialami oleh 5 pemain berikut. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Benjamin Mendy

Inkonsisten, 5 Pemain yang Sekarang Hanya Menjadi Pelapis di KlubnyaBenjamin Mendy (90min.com)

Seiring berjalannya waktu, situasi Benjamin Mendy di Manchester City kian rumit. Ia memang telah berseragam The Cityzens selama 4 musim terakhir, tapi Mendy gagal menunjukkan penampilannya yang konsisten. Tak jarang membuat blunder, Pep Guardiola kerap menempatkannya di bangku cadangan.

Juru taktik asal Spanyol itu lebih suka menempatkan pemain lain di pos bek kiri, seperti Joao Cancelo ataupun Oleksandr Zinchenko. Hal itu mengakibatkan kans Mendy untuk bermain makin terbatas. Di musim lalu, ia hanya mencatatkan 20 penampilan saja di semua kompetisi.

2. Tammy Abraham

Inkonsisten, 5 Pemain yang Sekarang Hanya Menjadi Pelapis di KlubnyaTammy Abraham (90min.com)

Tammy Abraham sukses mencuri atensi sewaktu masih dilatih oleh Frank Lampard. Ia selalu dipercaya untuk mengisi ujung tombak Chelsea dan menyingkirkan pemain lain, macam Olivier Giroud dan Michy Batshuayi.

Pada musim 2020/2021, sejatinya Abraham tetap tampil di banyak pertandingan. Hanya saja, saat kursi kepelatihan beralih ke tangan Thomas Tuchel, Abraham kurang mendapat kepercayaan. Itulah mengapa performa pemain Inggris ini justru menurun sejalan dengan peluangnya untuk tampil yang makin mengecil. Dari 32 laga, Abraham hanya mencetak 12 gol dan 2 assist.

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik Lulusan Akademi AS Roma, Totti Hingga Romagnoli

3. Alessio Romagnoli

Inkonsisten, 5 Pemain yang Sekarang Hanya Menjadi Pelapis di KlubnyaAlessio Romagnoli (90min.com)

Berstatus sebagai kapten tim tak menjamin Alessio Romagnoli bakal diandalkan sepanjang waktu. Ia merupakan tumpuan utama Rossoneri dalam beberapa musim terakhir, tapi semua seketika berubah. Romagnoli gagal menyuguhkan penampilan solid dan konsisten di jantung pertahanan Milan.

Posisi Romagnoli makin terpinggirkan oleh hadirnya bek baru, Fikayo Tomori, yang sukses tampil impresif. Tak pelak Romagnoli cuma membuat 30 penampilan di semua ajang musim lalu. Namanya juga dikabarkan masuk ke dalam daftar jual Rossoneri yang berpotensi dilepas ke klub lain musim panas ini.

4. Kepa Arrizabalaga

Inkonsisten, 5 Pemain yang Sekarang Hanya Menjadi Pelapis di KlubnyaKepa Arrizabalaga (twitter.com/kepa_46)

Kepa Arrizabalaga gagal membuktikan kehebatannya selama berseragam Chelsea. Selama 2 musim pertamanya, Kepa memang merupakan kiper utama The Blues. Namun, perjalanannya saat menapaki karier di Inggris acap kali diwarnai blunder dan kesalahan yang merugikan bagi Chelsea. 

Akhirnya musim lalu Kepa akhirnya terdepak dari kiper nomor satu Chelsea. Hadirnya Edouard Mendy ke Stamford Bridge membuat karier Kepa makin di ujung tanduk. Kiper Spanyol tersebut menjadi penghangat bangku cadangan Chelsea saat ini dengan hanya mencatatkan 14 penampilan musim lalu.

5. Marcelo

Inkonsisten, 5 Pemain yang Sekarang Hanya Menjadi Pelapis di KlubnyaMarcelo (therealchamps.com)

Di antara pemain Real Madrid saat ini, Marcelo bisa dibilang sebagai nama paling senior. Ia telah membela Los Blancos sejak tahun 2007 silam dan sukses bergelimang trofi. Tak hanya itu, pemain yang sudah berusia 33 tahun tersebut begitu dipercaya mengisi pos bek kiri Madrid selama sedekade lebih.

Namun, faktor usia tak bisa bohong. Dalam 2 musim terakhir, penampilan Marcelo cenderung menurun dan inkonsisten. Terlebih lagi dengan kedatangan Ferland Mendy yang membuat Marcelo cuma berstatus pelapis saat ini. Ia bahkan hanya mengantongi 19 penampilan bersama Madrid musim lalu.

 

Bagus atau tidaknya performa tiap pemain tentu dilatarbelakangi oleh beragam hal, seperti faktor usia, riwayat cedera, ataupun masalah lain yang terbilang kompleks. Bila mampu memperbaiki penampilannya, tak mustahil bila para pemain diatas bakal kembali diandalkan klubnya.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Sudah Melewati Masa Keemasan, Marcelo Salah Satunya!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya