Comscore Tracker

5 Penjualan Mahal Pemain yang Dilakukan Valencia, Jago Bisnis!

Deretan pemain bintang!

Valencia merupakan salah satu klub besar yang berkompetisi di LaLiga. Meski masih kalah populer dibandingkan klub lain macam Barcelona dan Real Madrid, Valencia tetap menjadi salah satu tim yang kerap memberikan ancaman di kompetisi Eropa.

Selain itu, klub berlogo kelelawar ini juga menjadi destinasi beberapa pemain top saat merintis kariernya. Dan berkat dari mereka, Valencia berhasil meraih keuntungan berkali-kali lipat karena menjualnya dengan harga fantastis. Lantas siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya.

1. Joao Cancelo

5 Penjualan Mahal Pemain yang Dilakukan Valencia, Jago Bisnis!Joao Cancelo. (goal.com)

Penjualan Joao Cancelo menjadi salah satu transfer yang sangat menguntungkan Valencia. Ia membela klub berjuluk Los Murcelagos tersebut selama 3 musim, tepatnya dari 2014 hingga 2017. Mulanya, pemain serbabisa ini direkrut dari raksasa Portugal, FC Porto dengan status pinjaman selama semusim. Cancelo tampil apik di musim debutnya yang membuat Valencia tertarik untuk membelinya secara permanen.

Dalam upaya tersebut, Valencia mengeluarkan dana 15 juta euro atau sekitar Rp261 miliar. Cancelo berhasil membuat 91 penampilan di Spanyol, dan kemudian hengkang ke Inter Milan di musim panas 2016/2017. Ia direkrut Nerazzurri dengan banderol yang cukup tinggi, yaitu 40,4 juta euro atau sekitar Rp703 miliar. Kini, Cancelo tak lagi bermain di Italia dan tengah berkelana bersama Manchester City.

2. Shkodran Mustafi

5 Penjualan Mahal Pemain yang Dilakukan Valencia, Jago Bisnis!Shkodran Mustafi. (goal.com)

Valencia menjadi saksi dimana Shkodran Mustafi mulai mencuri perhatian banyak pihak. Beroperasi di jantung pertahanan, Mustafi tampil begitu solid dan sulit ditembus lawan. Menariknya, proses kepindahan Mustafi menuju dan dari Valencia juga menghasilkan suatu simbiosis mutualisme tersendiri bagi keduanya, dimana Valencia berhasil menerima dana segar yang melimpah.

Ia direkrut Los Murcelagos dari Sampdoria dengan biaya yang cukup murah, 8 juta euro atau sekitar Rp139 miliar. Mustafi hanya bertahan selama 2 musim, dengan membuat 81 penampilan di semua kompetisi. Hal tersebut terjadi lantaran dirinya yang resmi direkrut Arsenal ke Emirates Stadium pada musim panas 2016/2017. Saat itu, The Gooners harus mengeluarkan kocek sebesar 41 juta euro atau sekitar Rp713 miliar.

3. Andre Gomes

5 Penjualan Mahal Pemain yang Dilakukan Valencia, Jago Bisnis!Andre Gomes. (goal.com)

Andre Gomes menjadi topik hangat sesaat ia diresmikan sebagai pemain anyar Barcelona pada awal musim 2016/2017 lalu. Sebelumnya, karier Gomes sudah begitu lekat dengan daratan Spanyol, sebab ia pernah berseragam Valencia selama 2 musim. Awal kebersamaannya bersama Los Murcelagos mulai terjalin pada 2014 lalu, dimana Gomes hanya berstatus pinjaman dari Benfica.

Di musim debutnya, Gomes tampil gemilang di lini tengah Valencia. Ia lantas dipermanenkan dengan banderol 20 juta euro atau sekitar Rp348 miliar. Bersama klub Spanyol itu, Gomes bertahan selama 2 musim dengan mencatatkan 78 penampilan. Sampai akhirnya Barcelona berani memboyongnya dengan mahar 37 juta euro atau sekitar Rp348 miliar. Saat ini, Gomes tak lagi bersama klub Catalan tersebut dan tengah berkarier untuk Everton.

Baca Juga: 6 Pemain Jebolan Akademi Valencia yang Pernah Merumput di EPL

4. Nicolas Otamendi

5 Penjualan Mahal Pemain yang Dilakukan Valencia, Jago Bisnis!Nicolas Otamendi. (express.co.uk)

Sebelum namanya mekar bersama Manchester City, Nicolas Otamendi pernah bertualang di Spanyol, tepatnya bersama Valencia. Bek berusia 33 tahun ini awalnya diboyong klub berlogo kelelawar dari FC Porto pada 2014 lalu, dengan mengeluarkan banderol sebesar 12 juta euro atau sekitar Rp209 miliar. Disana, Otamendi berhasil membuat 38 penampilan dengan raihan 6 gol.

Kepincut akan performa Otamendi saat itu, klub kaya Inggris, Manchester City kemudian mendatangkannya di musim panas 2015/2016. Dibalik proses kepindahannya tersebut, Otamendi ditebus The Cityzens dengan mahar sebesar 44,5 juta euro atau sekitar Rp774 miliar. Kepindahannya ke klub Manchester berbuah manis sebab Otamendi berhasil merengkuh sejumlah trofi elite, seperti 2 titel Premier League.

5. Paco Alcacer

5 Penjualan Mahal Pemain yang Dilakukan Valencia, Jago Bisnis!Paco Alcacer. (bleacherreport.com)

Paco Alcacer merupakan salah satu jebolan akademi Valencia. Sedari belasan tahun, ia telah menimba ilmu di tim muda Los Murcelagos tersebut. Hingga di tahun 2011 silam, namanya dipercaya untuk masuk skuat utama dan mengarungi ketatnya persaingan LaLiga. Alcacer sempat dipinjamkan ke Getafe selama semusim demi menambah jam terbang. Setelah kembali, ia selalu masuk skuat utana

Alcacer menikmati perjalanan kariernya bersama klub berlogo kelelawar dengan menit bermain yang terbilang tinggi. Tercatat, ia berhasil membuat 39 penampilan dan sukses mencetak 15 gol. Berbekal performanya tersebut, Alcacer menjadi buruan sejumlah klub top Eropa. Ia akhirnya memilih bergabung ke Barcelona di musim 2016/2017 lalu dengan biaya transfer 30 juta euro atau sekitar Rp522 miliar.

Meski tertutup bayang-bayang klub elite Spanyol lainnya, Valencia tetal menjadi salah satu tim dengan kebijakan transfer yang begitu cerdas. Adakah pemain favoritmu yang masuk dalam daftar di atas?

Baca Juga: 5 Pemain Top Portugal yang Pernah Membela Valencia, Ada Joao Cancelo!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya