5 Penjualan Pemain Termahal Real Sociedad, Untung Besar!

Kebanyakan berstatus jebolan akademi

Real Sociedad cukup mahir memproduksi bakat-bakat bertalenta. Banyak pemain sepak bola yang dibesarkan oleh mereka.

Beberapa nama bahkan mampu menjadi ladang pendapatan. Mereka dijual dengan harga mahal.

Inilah lima pemain termahal yang dijual Real Sociedad.

1. Alexander Isak

5 Penjualan Pemain Termahal Real Sociedad, Untung Besar!Alexander Isak (twitter.com/NUFC)

Alexander Isak berstatus sebagai pemain termahal yang pernah dijual Real Sociedad. Ini terjadi saat kepindahannya ke Newcastle United pada musim dingin 2022. Isak ditebus seharga 70 juta euro atau sekitar Rp1,1 triliun.

Bersama The Magpies, Isak langsung didapuk sebagai mesin gol utama. Kepercayaan itu dimanfaatkannya dengan baik. Meski sempat menepi karena cedera, proses adaptasinya di Inggris berjalan mulus. Isak sudah bermain sebanyak 17 kali.

2. Alvaro Odriozola

5 Penjualan Pemain Termahal Real Sociedad, Untung Besar!Alvaro Odriozola (instagram.com/alvaroodriozola)

Alvaro Odriozola berkembang pesat di Real Sociedad. Ia menjadi buruan beberapa klub besar yang bersaing mendapatkannya. Puncaknya, Odriozola menerima tawaran Real Madrid seharga 32 juta euro atau sekitar Rp525 miliar pada musim panas 2018.

Keputusannya pindah itu justru menghambat karier Odriozola. Ia gagal mendapatkan menit bermain yang cukup. Odriozola lebih sering dipinjamkan demi bisa tampil reguler, seperti ke Bayern Munich dan Fiorentina.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Dipinjam AS Roma, Tampil Impresif?

3. Inigo Martinez

5 Penjualan Pemain Termahal Real Sociedad, Untung Besar!Inigo Martinez (twitter.com/InigoMartinez)

Real Sociedad mendapatkan keuntungan besar di balik penjualan Inigo Martinez. Berstatus sebagai produk akademi, Martinez mampu bersinar sehingga direkrut Athletic Bilbao. Proses kepindahannya ini berlangsung pada musim dingin 2018.

Martinez dibeli dengan biaya 32 juta euro atau sekitar Rp525 miliar. Hasilnya pun terlihat. Martinez mampu membuktikan kualitasnya di lini belakang Bilbao. Ia menjadi salah satu pilar penting timnya. Ia sudah bermain sebanyak 173 kali.

4. Asier Illarramendi

5 Penjualan Pemain Termahal Real Sociedad, Untung Besar!Asier Illaramendi (skysports.com)

Asier Illaramendi nyaris menghabiskan seluruh kariernya di Real Sociedad. Mengawali kariernya di tim akademi, kini ia masih berseragam klub Basque tersebut. Namun, Illaramendi sempat pindah ke Real Madrid pada musim panas 2013.

Los Blancos menebusnya dengan biaya 32 juta euro atau sekitar Rp525 miliar. Sayangnya, Illaramendi tak bertahan lama. Ia hanya membela Real Madrid selama 2 musim. Itu terjadi sebab dirinya kesulitan mendapatkan tempat utama di lini tengah.

5. Antoine Griezmann

5 Penjualan Pemain Termahal Real Sociedad, Untung Besar!Antoine Griezmann (instagram.com/atleticodemadrid)

Sebelum membela Atletico Madrid dan Barcelona, karier Antoine Griezmann sempat dihabiskan bersama Real Sociedad. Selama 4 musim (2010—2014), ia menjadi salah satu pilar penting Real Sociedad yang mekar dan begitu diandalkan.

Tak heran apabila Atletico Madrid tertarik dengan jasanya. Griezmann lantas pindah ke klub ibu kota Spanyol itu pada musim panas 2014. Saat itu, Griezmann ditebus dengan biaya 30 juta euro atau sekitar Rp495 miliar.

Real Sociedad masih mampu eksis di LaLiga meski menjual pemain andalannya. Bahkan, mereka mampu bersaing di papan atas klasemen serta menjuarai Copa del Rey pada 2021/2022.

Baca Juga: 10 Fakta Ivan Provedel, Penjaga Gawang Andalan Baru Lazio

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya