Comscore Tracker

5 Penjualan Pemain Termahal Union Berlin, Ada Nama Baru!

Kebanyakan dijual ke klub Bundesliga lainnya

Union Berlin seketika bertransformasi menjadi kuda hitam di Bundesliga. Promosi ke kasta tertinggi untuk pertama kalinya pada musim 2019/2020, klub sekota Hertha Berlin ini sukses membuktikan performa impresifnya di ranah domestik.

Sejalan dengan kesuksesan itu, Union Berlin juga meraup keuntungan besar dalam menjual pemainnya ke klub lain. Terbaru, salah satu pemainnya, Taiwo Awoniyi, berhasil dilepas dengan harga mahal ke Nottingham Forest. Lantas, siapa sajakah 5 pemain termahal yang pernah dijual Union Berlin?

1. Taiwo Awoniyi (Rp321 miliar)

5 Penjualan Pemain Termahal Union Berlin, Ada Nama Baru!Taiwo Awoniyi (twitter.com/FabrizioRomano)

Taiwo Awoniyi menahbiskan dirinya sebagai pemain termahal yang pernah dijual Union Berlin. Ia dilepas dengan banderol 20,5 juta euro atau sekitar Rp321 miliar ke klub promosi Premier League, Nottingham Forest. Nominal ini menghasilkan keuntungan yang cukup besar bagi Union Berlin.

Nottingham Forest bukanlah klub Inggris pertama yang dibelanya. Awoniyi pernah singgah ke Liverpool. Sayangnya, ia tak mendapatkan menit bermain yang cukup hingga sering dipinjamkan ke klub lain. Kariernya baru meningkat sewaktu diboyong Union Berlin dan mendulang banyak gol di lini serang.

2. Robert Andrich (Rp102 miliar)

5 Penjualan Pemain Termahal Union Berlin, Ada Nama Baru!Robert Andrich (twitter.com/bayer04_en)

Pada musim panas 2021, Union Berlin melepas salah satu andalannya, Robert Andrich, ke Bayer Leverkusen. Pria berpaspor Jerman itu diboyong seharga 6,5 juta euro atau sekitar Rp102 miliar.

Perekrutan ini nyatanya sangat tepat. Kehadiran Andrich semakin menambah opsi pemain di lini tengah Die Werkself. Andrich menjalani musim debutnya bersama Leverkusen dengan baik.

Dalam 33 penampilannya, ia bahkan telah berkontribusi dengan mencetak 7 gol dan 3 assists. Andrich juga turut andil dibalik keberhasilan Die Werkself mengamankan satu tiket menuju putaran final Liga Champions musim depan.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik FC Union Berlin, Klub asal Jerman Timur di Bundesliga

3. Sebastian Andersson (Rp102 miliar)

5 Penjualan Pemain Termahal Union Berlin, Ada Nama Baru!Sebastian Andersson (twitter.com/fckoeln_en)

Sebelum dipecahkan Awoniyi dan Andrich, status pemain termahal yang dijual Union Berlin masih dipegang oleh Sebastian Andersson. Ia dilego ke FC Koln seharga 6,5 juta euro atau sekitar Rp102 miliar pada 2020 lalu. Andersson diharapkan mampu mendobrak daya serang tim barunya itu guna semakin beringas di tiap laga.

Hanya saja, pemain berpaspor Swedia itu cukup kesulitan menyesuaikan diri. Andersson baru mencetak 7 gol dari 48 penampilan di semua kompetisi bersama Koln.

Karier Andersson juga terganggu akibat cedera yang dialaminya. Tak ayal, Koln mempercayakan mesin gol utama kepada Anthony Modeste daripada dirinya.

4. Marvin Friedrich (Rp86 miliar)

5 Penjualan Pemain Termahal Union Berlin, Ada Nama Baru!Marvin Friedrich (twitter.com/borussia_en)

Marvin Friedrich baru saja pindah dari Union Berlin pada awal 2022. Ia hengkang ke Borussia Monchengladbach dengan mahar 5,5 juta euro atau setara Rp86 miliar. Die Fohlen merekrut Friedrich itu guna menambah kedalaman di lini pertahanan, terlebih Gladbach bakal ditinggal oleh Matthias Ginter musim depan.

Datang di pertengahan musim, Friedrich nyatanya belum mendapatkan kesempatan tampil reguler. Ia baru mengoleksi 9 penampilan di semua kompetisi sejauh ini. Namun, Friedrich masih punya kans besar untuk menjadi pilihan utama Gladbach nantinya apabila mampu meningkatkan performanya.

5. Max Kruse (Rp78 miliar)

5 Penjualan Pemain Termahal Union Berlin, Ada Nama Baru!Max Kruse (twitter.com/Bundesliga_EN)

Max Kruse melengkapi posisi kelima pemain termahal yang pernah dijual oleh Union Berlin. Sama halnya seperti Friedrich, ia juga dilepas pada awal 2022 lalu. Kruse dijual ke Wolfsburg dengan banderol 5 juta euro atau sekitar Rp78 miliar.

Sejatinya, Wolfsburg bukanlah klub asing baginya lantaran pernah berkarier di sana. Kedatangan Kruse untuk yang kedua kalinya ini berjalan sukses.

Diplot sebagai pengganti Wout Weghorst, ia tampil produktif di lini depan tim. Secara keseluruhan, Kruse sudah dimainkan dalam 14 penampilan dengan koleksi 12 gol dan 6 assists bersama Wolfsburg di berbagai kompetisi.

 

Union Berlin menjelma jadi salah satu kekuatan baru di Bundesliga yang melahirkan banyak pemain berkualitas. Akankah ada pemain lain yang mampu memecahkan rekor transfer Awoniyi di atas?

Baca Juga: 9 Pemain Andalan FC Union Berlin pada 2021/2022

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya