5 Penjualan Termahal AS Monaco ke Klub LaLiga dalam Sedekade Terakhir

Ada dua pemain yang dilepas ke Real Madrid

Berprestasi dan meraih keuntungan besar pada bursa transfer secara rutin sulit untuk dilakukan. Selain Ajax Amsterdam yang konsisten meraih gelar sembari menghasilkan dana segar dari penjualan pemain, ada juga AS Monaco yang tetap kompetitif meski melepas banyak pemainnya.

Kampiun Ligue 1 Prancis pada 2016/2017 ini telah memperoleh pendapatan melimpah dari transfer pemain. Pemain-pemain ini dijual ke berbagai klub yang tersebar di liga top Eropa. LaLiga Spanyol, sebagai salah satu kompetisi elite, menjadi destinasi favorit AS Monaco untuk menjual pemainnya.

Ini penjualan termahal AS Monaco ke klub LaLiga dalam sedekade terakhir.

1. Aymen Abdennour

5 Penjualan Termahal AS Monaco ke Klub LaLiga dalam Sedekade TerakhirAymen Abdennour (twitter.com/aymen_abdennour)

Kariernya hanya berjalan singkat bersama AS Monaco, yaitu 1,5 musim. Meski begitu, Ayden Abdennour membangun rekam jejak yang apik di Prancis sehingga diincar beberapa klub.

Ia akhirnya pindah ke Valencia pada musim panas 2015 lalu. Saat proses kepindahannya itu, Abdennour ditebus dengan mahar 22 juta euro atau sekitar Rp362 miliar.

Sayangnya, kariernya di Spanyol tak semulus di Prancis. Abdennour gagal jadi pemain inti Valencia lantaran hanya tampil 43 kali dan sempat dipinjamkan ke Marseille.

2. Rony Lopes

5 Penjualan Termahal AS Monaco ke Klub LaLiga dalam Sedekade TerakhirRony Lopes (instagram.com/ronylopes10)

Rony Lopes meninggalkan AS Monaco demi merapat ke Sevilla pada 2019. Kepindahannya ini cukup disorot lantaran biaya transfer yang dikeluarkan Los Nervionenses. Lopes ditebus Sevilla dengan mahar 25 juta euro atau setara Rp411 miliar.

Keputusan Sevilla ini diragukan sebab pengalaman Lopes yang terbilang minim. Benar saja, pemain berusia 27 tahun itu tak tampil sesuai harapan. Hanya tampil 14 kali, Lopes terpaksa dipinjamkan secara beruntun, mulai dari OGC Nice, Olympiacos, dan Troyes.

Baca Juga: 6 Pemain yang Pernah Jadi Bagian Transfer AS Monaco dan Chelsea

3. Thomas Lemar

5 Penjualan Termahal AS Monaco ke Klub LaLiga dalam Sedekade TerakhirThomas Lemar (instagram.com/thom_lemar27)

Atletico Madrid dikenal sebagai salah satu klub yang jarang merekrut pemain berharga mahal. Namun, persepsi ini dipatahkan Los Rojiblancos saat merekrut Thomas Lemar pada musim panas 2018.

Saat itu, Lemar diangkut seharga 72 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun. Ia diproyeksikan untuk memperkuat kedalaman lini serang Atletico Madrid.

Pembelian ini setidaknya tak berakhir sia-sia. Tenaga Lemar sangat dibutuhkan Los Rojiblancos hingga sejauh ini. Dari 157 penampilan, dirinya sudah mencetak 9 gol dan 19 assist.

4. James Rodriguez

5 Penjualan Termahal AS Monaco ke Klub LaLiga dalam Sedekade TerakhirJames Rodriguez (twitter.com/ChampionsLeague)

Bersinar di Piala Dunia 2014, James Rodriguez secara tidak langsung membuat AS Monaco untung besar. Bagaimana tidak, AS Monaco selaku klub pemilik James saat itu berhasil melepas sang pemain ke Real Madrid dengan keuntungan berkali-kali lipat.

Los Blancos rela merekrutnya seharga 75 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun. Kebijakan transfer Real Madrid ini membuahkan hasil yang tak sepenuhnya buruk. James bertahan selama 6 musim di Santiago Bernabeu. Ia tampil 125 kali dan membawa timnya merengkuh berbagai gelar.

5. Aurelien Tchouameni

5 Penjualan Termahal AS Monaco ke Klub LaLiga dalam Sedekade TerakhirAurelien Tchouameni (instagram.com/aurelientchm)

Real Madrid memang cukup pasif pada bursa transfer musim panas 2022. Meski begitu, Los Blancos tetap mengeluarkan uang yang besar saat merekrut Aurelien Tchouameni. Dibeli dari AS Monaco, Tchouameni ditebus seharga 80 juta euro atau sekitar Rp1,3 triliun.

Tchouameni memecahkan rekor transfer Los Blancos pada usia yang masih 22 tahun. Keputusan berani Real Madrid memboyongnya bukan tanpa alasan. Tchouameni menjadi salah satu pemain muda potensial yang dinilai pas sebagai bagian dari regerenasi di lini tengah Los Blancos.

AS Monaco masih tampil konsisten di papan atas Ligue 1 meski kehilangan para pemain bintangnya yang pindah ke klub lain. Kira-kira, akankah ada pemain lain yang bisa memecahkan rekor milik Tchouameni di atas?

Baca Juga: Habis Kontrak, 5 Pemain Top Ini Tinggalkan AS Monaco secara Gratis

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya