5 Penjualan Pemain Termahal Olympique Lyon dalam Sedekade Terakhir

Tak semuanya mampu bersinar

Olimpique Lyon bersanding dengan tim-tim lain, seperti PSG, Marseille, dan AS Monaco sebagai klub top di Ligue 1. Meski di dalam realitanya belakangan PSG benar-benar mendominasi, rekam jejak tim-tim lain tak bisa dipandang sebelah mata. Terkhusus bagi Lyon, klub berjuluk Les Gones itu pernah berjaya di kasta tertinggi sepak bola Prancis.

Pamornya sebagai klub ternama di Prancis juga berdampak positif bagi Lyon di semua sisi, salah satunya transfer pemain. Sukses melahirkan sederet pemain bertalenta, Les Gones untung besar saat melepasnya ke klub lain dengan harga mahal. Berikut 5 penjualan pemain termahal Olympique Lyon sedekade terakhir.

1. Tanguy Ndombele - 60 juta euro

5 Penjualan Pemain Termahal Olympique Lyon dalam Sedekade TerakhirTanguy Ndombele (twitter.com/Squawka)

Investasi berani Tottenham Hotspur untuk merekrut Tanguy Ndombele tak main-main. The Lilywhites resmi mendatangkan gelandang asal Prancis tersebut seharga 60 juta euro atau sekitar Rp1 triliun dari Lyon. Nilai transfer tersebut menjadikan Ndombele sebagai pemain termahal yang pernah dijual oleh Les Gones.

Dengan usia yang masih 24 tahun saat ini, keputusan Spurs untuk menggaetnya cukup berasalan. Hanya saja, Ndombele sempat mengalami masa-masa sulit selama berkelana di Inggris. Ia nyaris dicap sebagai rekrutan gagal di musim debutnya lantaran lambat beradaptasi. Namun, perlahan Ndombele mulai berhasil membuktikan kemampuan terbaiknya.

2. Alexandre Lacazette - 53 juta euro

5 Penjualan Pemain Termahal Olympique Lyon dalam Sedekade TerakhirAlexandre Lacazette (goal.com)

Budaya Lyon mengalir deras di dalam raga Alexandre Lacazette. Ia telah menjalani hiruk-pikuk bersama Les Gones sejak berusia 12 tahun. Seiring berjalannya waktu, potensi yang dimiliki Lacazette kian dieksplor di tim utama Ligue 1 tersebut. Ia dipercaya menjadi juru gedor andalan Lyon selama 8 musim.

Di satu sisi, Arsenal tengah mencari finisher andal dan melihat Lacazette sebagai target yang ideal. Negosiasi antara The Gunners dan Lyon akhirnya sepakat untuk transfer Lacazette sebesar 53 juta euro atau sekitar Rp895 miliar di musim panas 2017. Harga mahal itu berhasil Lacazette bayar tuntas lewat sederet gol yang ia cetak di semua kompetisi.

Baca Juga: Arsenal Kini Bidik Bintang Terbuang MU Lingardinho

3. Ferland Mendy - 48 juta euro

5 Penjualan Pemain Termahal Olympique Lyon dalam Sedekade TerakhirFerland Mendy. (therealchamps.com)

Performa Marcelo yang makin menurun di tiap musimnya berdampak signifikan terhadap permainan Real Madrid. Sadar akan hal itu, Los Blancos bergerak cepat untuk mendatangkan satu bek kiri anyar demi mempercepat regenerasi. Madrid menjatuhkan pilihannya kepada Ferland Mendy, bek Prancis yang bermain untuk Olympique Lyon selama 2 musim.

Usaha Madrid mendatangkan Mendy harus memakan biaya yang cukup mahal, yaitu 48 juta euro atau sekitar Rp811 miliar. Sesuai dengan harganya tersebut, Mendy sukses tampil apik dan menjadi idola baru di kalangan fans Los Balncos. Ia bahkan meruntuhkan rezim Marcelo, kapten Madrid yang lebih sering berada duduk di bangku cadangan.

4. Corentin Tolisso - 41,5 juta euro

5 Penjualan Pemain Termahal Olympique Lyon dalam Sedekade TerakhirCorentin Tolisso (bavarianfootballworks.com)

Bayern Munchen dikenal sebagai tim yang tak begitu boros di tiap jendela transfer. Akan tetapi, kenyataan itu sempat tak berlaku saat Die Bayern memboyong Corentin Tolisso di musim panas 2017. Eks penggawa Olympique Lyon itu ditebus Munchen dengan banderol yang cukup tinggi, yaitu 41,5 juta euro atau sekitar Rp701 miliar.

Tolisso masih bertahan bersama penguasa Bundesliga tersebut sampai sekarang. Tampil sebanyak 96 kali, Tolisso hanya berstatus sebagai pelapis lantaran ketatnya lini tengah Munchen. Pemain berusia 27 tahun itu harus bersaing dengan beberapa nama lain yang tak kalah hebatnya, seperti Joshua Kimmich dan Leon Goretzka.

5. Lucas Tousart - 25 juta euro

5 Penjualan Pemain Termahal Olympique Lyon dalam Sedekade TerakhirLucas Tousart (twitter.com/HerthaBSC_EN)

Tak begitu familier, Lucas Tousart pernah dijual mahal oleh Olympique Lyon. Gelandang asal Prancis ini sempat menghabiskan 5 musim bersama Les Gones sejak tahun 2015 lalu. Setelahnya, Tousart membuat manuver dalam kelanjutan kariernya dengan bergabung bersama klub Bundesliga, Hertha Berlin.

Proses transfer Tousart menuju Hertha memakan biaya sebesar 25 juta euro atau sekitar Rp422 miliar. Kendati dicap sebagai rekrutan berharga tinggi, Tousart belum mampu tampil maksimal di musim debutnya. Pemain berusia 24 tahun itu baru tampil sebanyak 28 kali di semua kompetisi bersama Hertha.

 

Olympique Lyon mendapatkan keuntungan besar dengan menjual mahal kelima pemain di atas. Kira-kira, siapakah pemain yang bakal memecahkan rekor yang dipegang Tanguy Ndombele itu? Kita nantikan saja.

Baca Juga: 5 Kesepakatan Transfer yang Pernah Terjadi Antara Lyon dan Barcelona

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya