5 Penjualan Termahal Pep Guardiola Saat Melatih Manchester City

Leroy Sane menjadi yang teratas!

Manchester City resmi menunjuk Pep Guardiola sebagai juru taktik pada 2016/2017 lalu. Sejak saat itu, The Cityzens bertransformasi menjadi tim yang gemar mendatangkan pemain berharga mahal, seperti Ruben Dias, Aymeric Laporte, hingga Jack Grealish.

Kebijakan transfer ini berdampak positif terhadap prestasi Manchester City lewat sejumlah titel bergengsi. Dikenal sebagai tim yang hedon dalam urusan transfer, adakah pemain mahal yang dijual Pep Guardiola selama menangani Manchester City?

1. Leroy Sane

5 Penjualan Termahal Pep Guardiola Saat Melatih Manchester CityLeroy Sane (twitter.com/leroy_sane)

Leroy Sane menahbiskan dirinya sebagai pemain termahal yang dijual Manchester City saat ditangani Pep Guardiola. Ia dilego seharga 60 juta euro atau sekitar Rp914 miliar ke Bayern Muenchen pada awal 2020/2021. Transfer ini cukup mengejutkan mengingat Sane merupakan salah satu andalan Guardiola.

Kepindahannya itu juga mejadi ajang pulang kampung Sane ke Jerman. Memasuki musim keduanya bersama Die Bayern, pria berusia 26 tahun itu sangat dipercaya mengisi sisi sayap permainan tim. Sane mampu mengemas 24 gol dan 22 assist dari 87 penampilan sejauh ini.

2. Ferran Torres

5 Penjualan Termahal Pep Guardiola Saat Melatih Manchester CityFerran Torres (twitter.com/FerranTorres20)

Karier Ferran Torres baru berumur 1,5 musim bersama Manchester City. Alih-alih bisa lebih lama, ia justru memilih pindah ke Barcelona pada musim dingin 2022. Dengan banderol 55 juta euro atau sekitar Rp838 miliar, Ferran masuk jajaran pemain termahal yang pernah dijual The Cityzens sepanjang masa.

Keputusannya pindah ke klub berjuluk La Blaugrana itu juga menjadi momen pas bagi Ferran usai pulih cedera. Ia pun mampu tampil baik sejauh ini dengan catatan 7 gol dan 6 assist di semua kompetisi. Ferran berperan besar mendongkrak Barcelona ke posisi runner-up klasemen LaLiga 2021/2022.

Baca Juga: 7 Momen Mandul Manchester City dalam Laga UCL di Era Pep Guardiola

3. Danilo

5 Penjualan Termahal Pep Guardiola Saat Melatih Manchester CityDanilo (twitter.com/GoalNews)

Kepindahan Danilo dari Manchester City ke Juventus bukanlah sebuah transfer tersendiri. Ia dilepas melalui kesepakatan barter dengan Joao Cancelo yang kini membela The Cityzens. Melalui kesepakatan itu, Manchester City mendapatkan dana 37 juta euro atau sekitar Rp564 miliar dari hasil penjualan sang pemain Brasil.

Hadirnya Danilo ternyata memberikan efek instan bagi Si Nyonya Tua. Kemampuan serbabisa yang dimilikinya berperan vital di balik permainan Juventus sejauh ini. Tak mengherankan bila ia sudah mengoleksi 107 penampilan di berbagai kompetisi dengan catatan 5 gol dan 6 assist.

4. Kelechi Iheanacho

5 Penjualan Termahal Pep Guardiola Saat Melatih Manchester CityKelechi Iheanacho (twitter.com/OfficialFPL)

Kelechi Iheanacho harus menelan pil pahit lantaran kekurangan jam terbang selama membela Manchester City. Jenuh dengan situasi rumit itu, Iheanacho memutuskan untuk hengkang ke klub lain. Ia memilih Leicester City sebagai destinasi karier selanjutnya pada awal musim 2017/2018 lalu.

Dalam kepindahannya itu, Iheanacho dijual seharga 27,7 juta euro atau sekitar Rp422 miliar. Pindah ke klub berjuluk The Foxes ternyata menjadi pilihan yang pas baginya. Iheanacho sukses berkembang sebagai salah satu penyerang muda mematikan di Inggris dengan torehan 46 gol dan 28 assist sejauh ini.

5. Angelino

5 Penjualan Termahal Pep Guardiola Saat Melatih Manchester CityAngelino (twitter.com/Squawka)

Perjalanan Angelino bersama Manchester City akhirnya terhenti. Kegagalannya mendapatkan tempat utama di sektor bek kiri memaksa Angelino keluar lebih cepat. Ia dipinjamkan ke RB Leipzig pada musim dingin 2020. Bersama Die Roten Bullen, Angelino justru sukses tampil menggila di sisi kiri pertahanan tim.

Pada akhirnya, pria berpaspor Spanyol itu resmi dipermanenkan dengan biaya 18 juta euro atau sekitar Rp274 miliar. Keputusan tersebut berbuah manis lantaran Angelino yang terus tampil konsisten sejauh ini. Tercatat, ia sudah dipercaya membukukan 97 penampilan di berbagai kompetisi.

Manchester City era Pep Guardiola dikenal sebagai salah satu tim yang gemar merekrut pemain berharga mahal. Di sisi sebaliknya, hanya ada beberapa nama yang berhasil dijual dengan biaya tinggi, yaitu kelima pemain di atas. Siapa favoritmu?

Baca Juga: Ingin Melatih Negara, 5 Negara yang Dapat Dilatih oleh Pep Guardiola

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya