5 Penyerang Top yang Membela Manchester United Sedekade Terakhir

Tak semuanya mampu bersinar!

Manchester United menjalani periode sedekade terakhir dengan inkonsisten. Sejak ditinggal Sir Alex Ferguson, Setan Merah mendadak kehilangan karismanya. Performa klub sekota Manchester City ini tak kunjung stabil akibat seringnya pergantian pelatih.

Dari segi komposisi skuad, Manchester United juga telah melakukan berbagai perubahan. Pemain anyar datang dan pemain yang tak terpakai hengkang ke klub lain. Begitu juga halnya di lini depan. Ada beberapa penyerang top yang membela United sedekade terakhir. Siapa saja?

1. Chicharito

5 Penyerang Top yang Membela Manchester United Sedekade TerakhirJavier 'Chicharito' Hernandez (twitter.com/premierleague)

Manchester United merupakan klub Eropa pertama yang dibela Javier 'Chicharito' Hernandez. Pertama kali tiba pada 2010 lalu, namanya mulai dikenal luas. Ia bahkan mampu bertahan selama empat musim dengan penampilan yang cukup apik.

Chicharito berhasil membukukan 59 gol dan 20 assist dari 157 laga bersama Setan Merah. Sayangnya, ia mulai kehilangan tempat utama di lini serang. Diawali dengan peminjamannya ke Real Madrid, Chicharito langsung dilepas permanen ke Bayer Leverkusen pada 2015 lalu.

2. Wayne Rooney

5 Penyerang Top yang Membela Manchester United Sedekade TerakhirWayne Rooney (twitter.com/ManUtd)

Wayne Roonery sudah dianggap sebagai legenda Manchester United. Kontribusi yang ia berikan selama mengabdi untuk Setan Merah begitu besar. Semua bermula pada 2004 lalu. Datang dengan minim pengalaman di Everton, Rooney mampu berkembang di Old Trafford.

Raihan demi raihan berhasil ia torehkan, termasuk pundi-pundi gol. Total Rooney mengemas 253 gol dan 146 assist dengan balutan jersey United. Usai 13 tahun bergelimang trofi di MU, Rooney pulang ke Everton pada musim panas 2017.

Baca Juga: Manchester United Bantai Liverpool di Bangkok

3. Robin van Persie

5 Penyerang Top yang Membela Manchester United Sedekade TerakhirRobin van Persie (twitter.com/Squawka)

Kepindahannya ke Manchester United sempat mengejutkan. Pasalnya, Robin van Persie hengkang dari Arsenal yang merupakan rival pesaing di papan atas. Namun, van Persie mengubah semuanya dengan ketajamannya yang haus akan gol.

Ia memang membela Setan Merah hanya selama tiga musim. Meski cukup singkat, kiprahnya begitu membekas. Van Persie tampil produktif dengan koleksi 58 gol dan 21 assist di berbagai kompetisi. Masa baktinya di United berakhir pada 2017 dan van Persie hijrah ke Fenerbahce.

4. Romelu Lukaku

5 Penyerang Top yang Membela Manchester United Sedekade TerakhirRomelu Lukaku (twitter.com/OptaJoe)

Manchester United terpikat dengan aksi Romelu Lukaku sewaktu membela Everton. Tak main-main, Setan Merah berani membayar 84,7 juta euro atau sekitar Rp1,3 triliun untuk membawanya ke Old Trafford. Lukaku diharapkan bisa mendongkrak lini depan tim.

Sayangnya, ekspektasi tinggi itu tak mampu dibayar lunas olehnya. Lukaku dihujani badai kritikan akibat performanya yang dinilai tak sesuai dengan harga mahalnya. Ia hanya mencetak 42 gol selama dua musim. Puncaknya, Lukaku hijrah ke Inter Milan pada 2019 lalu.

5. Zlatan Ibrahimovic

5 Penyerang Top yang Membela Manchester United Sedekade TerakhirZlatan Ibrahimovic (twitter.com/ManUtd)

Zlatan Ibrahimovic menjajal Premier League untuk pertama kalinya. Ia pindah ke Manchester United secara gratis pada musim panas 2016 lantaran kontraknya sudah berakhir bersama PSG. Meski sudah tak muda lagi, Ibrahimovic masih tampil tajam.

Ia sukses mencetak 29 gol dan 15 assist selama membela United. Ibrahimovic juga berperan besar di balik keberhasilan timnya meraih titel Liga Europa dan Piala FA. Hanya saja, kariernya cuma bertahan dua musim. Pada 2018, Ibrahimovic hijrah ke LA Galaxy.

 

Manchester United masih memiliki daya tarik yang besar sebagai salah satu klub top Premier League. Masih ada beberapa penyerang lain yang pernah membela Setan Merah sedekade terakhir, seperti Alexis Sanchez, Radamel Falcao, hingga Edinson Cavani.

Baca Juga: Kisah Pilu Zlatan Ibrahimovic Antar AC Milan Juara Serie A

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya