Comscore Tracker

5 Penyerang Top yang Membela Borussia Dortmund dalam Sedekade Terakhir

Beberapa di antaranya justru tampil di bawah ekspektasi

Selain Bayern Munchen, Borussia Dortmund juga dikenal salah satu tim kuat di Bundesliga. Tim yang lekat dengan warna kebesaran kuning ini selalu eksis di papan atas kompetisi Jerman meski tak pernah juara dalam beberapa musim terakhir.

Semua itu tak lepas dari kebijakan transfernya yang sudah diakui oleh banyak pihak. Die Borussen acap kali mendapatkan keuntungan besar dengan melepas mahal para pemainnya. Hal itu dilakukan Dortmund dalam sedekade terakhir yang membuat kondisi finansial mereka menjadi seimbang dan jauh dari kata krisis.

Selain itu, Dortmund ternyata juga pernah dibela oleh deretan striker top selama sedekade terakhir. Penasaran siapa saja mereka? Check this out!

1. Ciro Immobile

5 Penyerang Top yang Membela Borussia Dortmund dalam Sedekade TerakhirCiro Immobile (bleacherreport.com)

Sebelum menetap di Lazio, Ciro Immobile pernah menjalani pasang surut performa di dalam kariernya. Ia gemar bergonta-ganti klub guna menemukan performa terbaik. Salah satu tim yang pernah ia singgahi itu adalah Borussia Dortmund. Perjalanan Immobile bersama Die Borussen tak begitu disorot lantaran hanya merumput selama semusim.

Kepindahannya ke Die Borussen terlaksana di musim panas 2016 lalu. Datang sebagai penyerang subur Serie A, Immobile punya ekspektasi yang besar demi mendongkrak lini depan Dortmund yang acap kali bermasalah sepeninggal Lewandowski.

Namun, kariernya selama di Jerman justru terbilang gagal karena Immobile hanya sanggup mencetak 10 gol dari 34 penampilan. Ia lantas dilepas ke Sevilla di musim berikutnya.

2. Andre Schurrle

5 Penyerang Top yang Membela Borussia Dortmund dalam Sedekade TerakhirAndre Schurrle (twitter.com/BlackYellow)

Andre Schurrle menghabiskan 4 musim kariernya dengan membela Borussia Dortmund. Ia datang dari Wolfsburg di musim 2016/2017 lalu dan menjadi salah satu rekrutan anyar Die Borussen saat itu. Hanya saja, performa Schurrle tak begitu ciamik yang membuatnya sempat terpinggirkan ke klub lain.

Ia hanya mampu mengoleksi 8 gol dari 51 penampilan untuk Dortmund. Sejalan dengan itu, pemain berusia 30 tahun tersebut juga pernah dipinjamkan ke Fulham dan Spartak Moscow.

Performa Schurrle bersama kedua klub itu justru biasa-biasa saja yang membuatnya tak dipermanenkan. Di usianya yang masih produktif, Schurrle memilih untuk pensiun dini pada November 2020 lalu.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Jarang Diketahui Pernah Membela Borussia Dortmund

3. Pierre-Emerick Aubameyang

5 Penyerang Top yang Membela Borussia Dortmund dalam Sedekade TerakhirPierre-Emerick Aubameyang (eurosport.com)

Tak bisa dimungkiri, karier Pierre-Emerick Aubameyang melambung tajam sewaktu membela Borussia Dortmund. Ia sukses dipercaya jadi juru gedor Die Borussen selama beberapa musim dan mencetak ratusan gol. Setelahnya, Aubameyang makin menyita atensi dari klub papan atas Eropa.

Semua bermula saat Dortmund menggaet pemain asal Gabon itu di musim panas 2013 lalu. Seiring berjalannya waktu, kualitas Aubameyang kian terasah dan membuatnya dipercaya jadi striker utama di lini depan.

Ia sukses mencetak 141 gol dan 36 assist dari 213 penampilan untuk Dortmund. Tak ayal, Arsenal rela menebus mahal Auba seharga 63,7 juta euro atau sekitar Rp1 triliun.

4. Alexander Isak

5 Penyerang Top yang Membela Borussia Dortmund dalam Sedekade TerakhirAlexander Isak (90min.com)

Potensi Alexander Isak muda terendus pencari bakat Borussia Dortmund di tahun 2017. Ia lantas dibawa ke Jerman untuk meningkatkan kariernya menjadi lebih baik. Akan tetapi, kiprah Isak bersama Die Borussen justru stagnan lantaran kalah bersaing. Ia bahkan sempat dipinjamkan ke Willem II Tilburg.

Pemain berpaspor Swedia tersebut bertahan di Dortmund hingga tahun 2019 tanpa pengalaman yang cukup. Satu-satunya hal yang bisa Isak banggakan yaitu performa apik yang ia tunjukkan sewaktu membela Willem II. Hal itu juga menjadi pemantik bagi Real Sociedad yang kepincut dengan potensinya dan merekrut Isak di musim 2019/2020.

5. Paco Alcacer

5 Penyerang Top yang Membela Borussia Dortmund dalam Sedekade TerakhirPaco Alcacer (goal.com)

Paco Alcacer kesulitan menembus skuad utama Barcelona. Kendati berstatus lulusan La Masia, hal itu tak membuatnya bisa tampil reguler di tiap musim bersama La Blaugrana. Alcacer beberapa kali menjalani masa peminjaman ke klub lain, salah satunya menuju Borussia Dortmund di musim panas 2018 lalu.

Kepindahan Alcacer ke Die Borussen ternyata berbuah manis bagi kedua belah pihak. Alcacer sukses tampil produktif, dan lini depan Dortmund mulai menebar ancaman kembali. Itulah alasan mengapa Alcacer dipermanenkan Dortmund di akhir musim 2019. Namun, tak berlangsung lama setelahnya, ia justru memilih hengkang ke Villarreal pada awal tahun 2020.

 

Saat ini, Borussia Dortmund telah memiliki sosok penyerang tajam di dalam diri Erling Haaland. Akankah ia bakal bertahan lebih lama dan membawa Die Borussen sukses merengkuh berbagai gelar ke depannya?

Baca Juga: 10 Rekrutan Termahal Sepanjang Sejarah Borussia Dortmund

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya