Comscore Tracker

Performa Menurun, 5 Pemain Aktif yang Memilih Hengkang ke Eredivisie

Sebuah pilihan yang tepat?

Jika dibandingkan dengan kompetisi dari negara lain, Eredivisie mungkin masih kalah populer. Hanya terdapat segelintir klubnya yang kerap jadi kuda hitam di turnamen top Eropa, seperti Ajax Amsterdam, PSV Eindhoven ataupun Feyenoord.

Kendati seperti itu, bukan berarti Eredivisie tak punya daya tarik. Dalam beberapa musim terakhir, ada beberapa pemain top yang memilih hengkang ke kompetisi asal Belanda ini.

Dari sekian pemain itu, kebanyakan dari mereka hijrah ke Eredivisie untuk mengembalikan performanya yang sempat meredup, ataupun menghabiskan pengujung kariernya. Lantas, siapa sajakah pemain tersebut? Berikut daftarnya.

1. Daley Blind

Performa Menurun, 5 Pemain Aktif yang Memilih Hengkang ke EredivisieDaley Blind (ajax.nl)

Sebagai pesepak bola asal Belanda, Daley Blind telah menjajal banyak klub di sana sejak belia. Salah satu klub itu adalah Ajax Amsterdam, Blind mulai mengawali karier profesionalnya bersama de Amsterdammers.

Blind sempat merantau ke Inggris dengan bergabung bersama Manchester United selama 4 musim. Kiprahnya dengan Setan Merah terbilang sukses lantaran meraih sejumlah trofi prestisius.

Namun, dengan tekanan tinggi yang ia terima membuat Blind memutuskan untuk kembali ke Belanda. Tepatnya di musim 2018/2019 lalu, pemain berusia 31 tahun itu bergabung kembali dengan Ajax Amsterdam.

2. Lasse Schone

Performa Menurun, 5 Pemain Aktif yang Memilih Hengkang ke EredivisieLasse Schone (nos.nl)

Bagi Lasse Schone, Eredivisie bukanlah hal yang asing. Ia telah lama berkarier disana dengan membela sejumlah klub berbeda, mulai dari Heerenveen, De Graafschap dan Ajax Amsterdam. Bersama klub yang disebutkan terakhir, nama Schone kian melambung berkat performa impresifnya di lini tengah.

Selama 7 musim berseragam klub ibu kota Belanda, pemain asal Denmark ini sukses panen trofi domestik dan membawa timnya lolos ke semifinal Liga Champions musim 2018/2019.

Ia sempat memutuskan hijrah ke Genoa. Namun, kariernya malah menurun dan membuatnya kembali ke Belanda. Kali ini, ia membela Heerenveen sejak Februari lalu.

Baca Juga: 6 Top Skor Eredivisie yang Gagal Bersinar di English Premier League

3. Arjen Robben

Performa Menurun, 5 Pemain Aktif yang Memilih Hengkang ke EredivisieArjen Robben (eurosport.com)

Arjen Robben dikenal sebagai pesepak bola berkaki kidal yang kerap mencetak gol-gol plessing memukau. Ia sempat mengumumkan bakal rehat dari dunia sepak bola pada akhir musim 2018/2019 lalu. Hanya semusim berlalu, Robben memutuskan untuk kembali merumput di atas lapangan hijau.

Di awal musim 2020/2021, Robben bergabung bersama klub masa mudanya, Groningen, dan didapuk menjadi kapten utama. Di usianya yang kini telah 37 tahun, penampilan Robben memang tak selincah dulu. Tak hanya itu, Robben juga baru mencatatkan 7 penampilan bersama Groningen di semua kompetisi.

4. Mario Gotze

Performa Menurun, 5 Pemain Aktif yang Memilih Hengkang ke EredivisieMario Gotze (goal.com)

Karier Mario Gotze pernah berada di titik tertinggi dan terendah. Ia dianggap sebagai pahlawan atas keberhasilan Jerman menjuarai Piala Dunia 2014 lalu, namun setelahnya karier Gotze justru sempat terkatung-katung. Kontraknya bersama Borussia Dortmund yang habis pada musim 2019/2020 lalu dan tak diperpanjang.

Dengan usianya yang masih berada dalam fase-fase emas yaitu 29 tahun, karier Gotze bak sebuah ironi. Beruntung baginya, PSV Eindhoven tertarik dan merekrut Gotze sejak awal musim lalu. Menilik performanya sejauh ini, Gotze tampil sangat baik dengan raihan 6 gol dan 7 assist dari 25 pertandingan.

5. Sebastian Haller

Performa Menurun, 5 Pemain Aktif yang Memilih Hengkang ke EredivisieSebastian Haller (si.com)

Sebastian Haller mulai menarik atensi dengan penampilan apiknya bersama Eintracht Frankfurt. Duetnya dengan Luka Jovic di lini serang menjadi tumpuan Die Adler saat itu. Tak heran, bila Haller jadi incaran klub-klub papan atas Eropa. Hingga di musim 2019/2020, ia resmi didatangkan West Ham United.

Alih-alih mampu bersinar, Haller justru tampil melempem dengan hanya mencetak 14 gol dari 54 penampilan. Ia cuma bertahan selama semusim lebih di sana. Demi mengembalikan performa terbaiknya, Haller memutuskan untuk hijrah ke Ajax Amsterdam sejak pertengahan musim lalu dan sukses tampil impresif.

 

Eredivisie memang tak sepopuler liga-liga top Eropa lain. Namun, bukan berarti kompetisi asal Belanda ini tak mampu menarik atensi deretan pemain top untuk merumput di sana.

Baca Juga: 5 Pemain Top Klub Eredivisie Belanda yang Ternyata Keturunan Indonesia

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya