5 Pesepak Bola Top asal Balkan yang Sukses Berkarier di Premier League

Deretan pemain bintang!

Balkan merupakan kawasan di Eropa bagian tenggara yang berisikan sejumlah negara pecahan Yugoslavia. Negara-negara tersebut di antaranya adalah Kroasia, Serbia, Albania, Bosnia-Herzegovina, dan Bulgaria. Dalam konteks sepak bola, sejumlah negara di atas tak begitu berprestasi.

Namun, melihat dari sisi pemain, kawasan Balkan ternyata juga memiliki banyak pemain yang sukses menjadi pesepak bola top. Mayoritas dari mereka tampil apik saat berkarier di Premier League. Dari sekian nama, 5 pemain Balkan ini menjadi yang paling mencolok performanya. Lantas, siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya.

1. Edin Dzeko

5 Pesepak Bola Top asal Balkan yang Sukses Berkarier di Premier LeagueEdin Dzeko (skysports.com)

Nama Edin Dzeko mulai mekar ketika direkrut Manchester City pada musim 2011/2012. Setelahnya, ia bertahan selama 4 musim dan sukses mengantarkan The Cityzens meraih sejumlah gelar, di antaranya 2 titel Premier League. Meski tak selalu tampil, Dzeko punya kontribusi besar selama berkarier di City.

Beroperasi di lini serang, ia tetap tampil moncer dengan mencetak 72 gol dan 39 assist dari 189 penampilan yang ia buat. Kini, pemain berpaspor Bosnia-Herzegovina tersebut tak lagi berkarier di Negeri Ratu Elizabeth. Sejak musim 2015/2016 lalu, Dzeko menjadi bagian klub Serie A, AS Roma.

2. Luka Modric

5 Pesepak Bola Top asal Balkan yang Sukses Berkarier di Premier LeagueLuka Modric (90min.com)

Premier League menjadi saksi di awal perkembangan karier seorang Luka Modric. Semua bermula pada musim 2008/2009 silam. Ia datang ke Inggris dengan pengalaman yang terbilang minim. Secara perlahan, Modric sukses tunjukkan kualitas terbaiknya dan menjadi andalan The Lilywhites sebagai pengatur permainan.

Ia berkiprah di Inggris selama 4 musim. Dalam periode tersebut, karier Modric terus menanjak meski gagal mempersembahkan satu titel pun untuk Spurs. Modric membuat 160 penampilan dengan raihan 17 gol dan 17 assist. Hingga di musim 2012/2013, pemain berpaspor Kroasia ini pindah ke salah satu klub tersukses di dunia, Real Madrid.

Baca Juga: 5 Pemain Kroasia yang Pernah Bermain di Premier League, Ada Modric

3. Branislav Ivanovic

5 Pesepak Bola Top asal Balkan yang Sukses Berkarier di Premier LeagueBranislav Ivanovic (bleacherreport.com)

Branislav Ivanovic menjalani karier yang begitu gemilang di Premier League sepanjang kariernya. Total 2 klub Inggris pernah ia bela, yaitu Chelsea dan kini bersama West Bromwich Albion. Puncak performanya terjadi saat Ivanovic membela Chelsea selama hampir 10 tahun.

Sejak 2008 hingga 2017, pemain berpaspor Serbia ini menjadi bagian di balik kesuksesan The Blues merengkuh sejumlah gelar, seperti 3 trofi Premier League dan titel kejuaraan domestik lainnya. Penampilan solidnya di jantung pertahanan membuat Ivanovic menjadi andalan di klubnya dengan mencatatkan 274 penampilan.

4. Dimitar Berbatov

5 Pesepak Bola Top asal Balkan yang Sukses Berkarier di Premier LeagueDimitar Berbatov (goal.com)

Dimitar Berbatov merupakan salah satu penyerang terbaik pada masanya. Meski kerap digambarkan sebagai pemain yang malas ketika tampil, Berbatov tetap menjadi juru gedor tim yang ia bela. Di Premier League, ia bermain untuk 3 klub yang berbeda, yaitu Tottenham Hotspur, Manchester United, dan Fulham.

Pemain berpaspor Bulgaria ini menikmati masa kejayaannya saat berseragam Setan Merah. Sejak 2008 hingga 2012, Berbatov tampil apik di lini serang United dan berhasil mempersembahkan sejumlah gelar, seperti 3 titel Premier League. Tercatat, ia mencetak 94 gol dan 42 assist dari 229 penampilannya di Inggris.

5. Nemanja Vidic

5 Pesepak Bola Top asal Balkan yang Sukses Berkarier di Premier LeagueNemanja Vidic (goal.com)

Nemanja Vidic merupakan salah satu pemain terbaik yang dimiliki Manchester United. Hal tersebut bukan tanpa sebab mengingat kariernya yang terus menanjak selama berseragam Setan Merah. United juga satu-satunya klub Premier League yang ia bela sepanjang kariernya.

Bersama Rio Ferdinand, pemain berpaspor Serbia ini membentuk duet bek tengah maut yang tampil kokoh di jantung pertahanan United. Ia juga berhasil mengantarkan Setan Merah meraih sejumlah gelar, seperti 5 titel Premier League. Tercatat, Vidic membuat 300 penampilan bersama United dengan raihan 21 gol.

 

Itulah 5 pesepak bola top asal Balkan yang sukses berkarier di Premier League. Adakah pemain favoritmu yang masuk ke dalam daftar di atas?

Baca Juga: Penyerang Unik, Vidic: Sergio Aguero Dilahirkan Sebagai Seorang Bek

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya