Respek! 5 Pesepak Bola Ini Sering Berpartisipasi dalam Kampanye Sosial

Ikut serta dalam beberapa aksi mulia di masyarakat

Lazimnya, para pesepak bola memiliki status sosial yang tinggi serta gaya hidup yang mewah. Dengan gaji besar dan privilege yang mereka dapatkan, tiap pesepak bola top tentunya memiliki kehidupan jauh berada di atas dibandingkan masyarakat pada umumnya.

Namun, di balik kepopuleran mereka, ada beberapa pemain ternama yang memanfaatkan momen tersebut untuk aktif berpartisipasi dalam berbagai kampanye mengenai permasalahan sosial yang ada di dalam masyarakat. Dari sekian nama tersebut, 5 pemain ini menjadi yang paling mencolok.

Berikut IDN Times sudah merangkum 5 pemain top yang sering berpartisipasi dalam kampanye sosial. Penasaran siapa saja? Check this out!

1. Jordan Henderson

Respek! 5 Pesepak Bola Ini Sering Berpartisipasi dalam Kampanye SosialJordan Henderson. (goal.com)

Nama Jordan Henderson tentu familier di telinga penggemar sepak bola. Henderson merupakan salah satu aktor penting di balik kesuksesan Liverpool merengkuh sederet trofi dalam beberapa musim terakhir. Selain itu, Henderson yang juga didapuk sebagai kapten The Reds juga tak jarang ikut ambil bagian dalam beberapa kampanye tentang masalah sosial.

Ia pernah menyuarakan pentingnya kesetaraan gender dalam kehidupan sehari-hari. Henderson juga menjadi penggagas dalam kampanye #PlayersTogether, sebuah aksi sosial penggalangan dana yang ditujukan untuk NHS (National Health Service), sebuah layanan kesehatan di Britania Raya yang tengah berjuang melawan pandemi Covid-19.

2. Raheem Sterling

Respek! 5 Pesepak Bola Ini Sering Berpartisipasi dalam Kampanye SosialRaheem Sterling. (premierleague.com)

Di usianya yang masih 26 tahun, karier Raheem Sterling sebagai pesepak bola bisa dikatakan sukses. Reputasinya sebagai pemain andalan Manchester City semakin memperkuat pernyataan tersebut. Meski lebih dikenal sebagai pemain bintang, Sterling juga beberapa kali ikut serta mengkampanyekan sejumlah hal terkait ketidakadilan sosial di masyarakat.

Dari beberapa kampanye, permasalahan mengenai rasisme menjadi hal yang paling lantang ia tegakkan. Sebagai seseorang yang pernah menjadi korban rasisme, Sterling juga berkomentar mengenai cara media memperlakukan orang kulit hitam. Melalui iklan TV sebuah brand ternama, Sterling menyuarakan betapa pentingnya penegakan rasisme.

Baca Juga: Liverpool Secara Mengejutkan Ingin Memulangkan Raheem Sterling

3. Juan Mata

Respek! 5 Pesepak Bola Ini Sering Berpartisipasi dalam Kampanye SosialJuan Mata. (goal.com)

Juan Mata telah menikmati sederet kesuksesan dalam karier sepak bolanya. Hal tersebut lantas ia bawa ke sisi lain, yaitu pada permasalahan sosial dalam masyarakat. Tepatnya pada tahun 2017 lalu, Mata membantu meluncurkan program Common Goal. Program tersebut merupakan suatu aksi saat tiap pesepak bola menyisihkan 1% gajinya untuk mendukung berbagai tujuan mulia di dunia.

Peluncuran program tersebut mendapat reaksi hangat serta positif dari berbagai kalangan, tak terkecuali dari pelaku industri sepak bola itu sendiri. Beberapa nama akhirnya bergabung ke dalam progran tersebut, mulai dari Megan Rapinoe, Jurgen Klopp, klub sepak bola asal Denmark, Nordsjaelland, hingga perusahaan game ternama, EA Sports.

4. Marcus Rashford

Respek! 5 Pesepak Bola Ini Sering Berpartisipasi dalam Kampanye SosialMarcus Rashford. (goal.com)

Selain dikenal karena kariernya yang bersinar bersama Manchester United, Marcus Rashford juga begitu populer karena kerap kali berpartisipasi dalam kampanye sosial. Yang paling hangat, misalnya, Rashford mengkampanyekan penolakan kebijakan pemerintah Inggris yang mencabut subsidi makanan gratis untuk anak-anak yang bersekolah di sana.

Lewat media sosialnya, Rashford tak henti-hentinya menyuarakan untuk memerangi kemiskinan terhadap anak-anak di Inggris. Tak berhenti sampai di situ, Rashford juga turut serta dalam beberapa program kemanusiaan selama masa pandemi Covid-19. Tak mengherankan, atas hal tersebut, Rashford dianugerahi penghargaan MBE (Member of the British Empire) oleh Ratu Inggris.

5. Hector Bellerin

Respek! 5 Pesepak Bola Ini Sering Berpartisipasi dalam Kampanye SosialHector Bellerin. (tbrfootball.com)

Dari sekian pesepak bola top saat ini, Hector Bellerin tampaknya menjadi pemain paling giat dalam kampanye sosial. Bagaimana tidak, ia telah berpartisipasi di berbagai program, salah satunya adalah mengenai permasalahan sosial. Bellerin turut menyuarakan mengenai kesetaraan gender, kesehatan mental pria, dan juga penegakan rasisme di dunia.

Selain itu, Bellerin juga aktif dalam kampanye penanggulangan masalah lingkungan dengan menanam satu pohon saat Arsenal menang di Premier League pada akhir musim lalu. Bellerin yang juga pemilik saham minoritas di klub Forest Green Rovers juga rutin menyumbangkan gajinya untuk berbagai program kemanusiaan.

 

Dengan kepopuleran yang mereka miliki, para pesepak bola di atas memanfaatkannya untuk berkampanye mengenai berbagai permasalahan di dalam masyarakat.

Baca Juga: 10 Status Media Sosial Lucu Pinjam Uang, Bikin Pengin THR Cepat Cair

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya