Comscore Tracker

Masih Aktif, 5 Pesepak Bola Top yang Kini Berkarier di Luar Liga Eropa

Ada pemain favoritmu?

Benua Eropa merupakan magnetnya sepak bola di dunia saat ini. Perkembangan sepak bola memang begitu maju di Benua Biru tersebut yang didukung dengan berbagai fasilitas dan hal lain yang kian pesat. Tak ayal pesepak bola dari belahan dunia lain punya keinginan untuk berkarier di Eropa.

Tak hanya itu, biasanya, sebelum memasuki pengujung karier, sederet pesepak bola top memilih untuk hijrah ke liga non-Eropa. Ada beberapa alasan mengenai hal tersebut, mulai dari atensi yang diterima ataupun kenyamanan. Lima pemain berikut tengah berkarier di liga non-Eropa saat ini. Siapa saja mereka? Simak ulasannya.

1. Dani Alves (Sao Paulo)

Masih Aktif, 5 Pesepak Bola Top yang Kini Berkarier di Luar Liga EropaDani Alves (goal.com)

Setelah sukses besar bersama beberapa klub top Eropa macam Barcelona, Juventus, dan Paris Saint-Germain, Dani Alves memutuskan untuk pulang kampung ke Brasil. Tepatnya pada tahun 2019 lalu, pemain berusia 38 tahun tersebut bergabung dengan salah satu klub ternama di sana, Sao Paulo. 

Meski telah memasuki pengujung karier, Alves tetap menjadi andalan timnya tersebut di sektor bek kanan. Hingga saat ini, ia banyak mendapat kepercayaan dan juga didapuk menjadi kapten. Tercatat, salah satu pemilik trofi terbanyak ini membuat 84 penampilan untuk Sao Paulo dengan raihan 9 gol dan 14 assist.

Baca Juga: 5 Bek Kanan Terbaik Sepanjang Sejarah Sepak Bola, Ada Dani Alves!

2. Gonzalo Higuain (Inter Miami)

Masih Aktif, 5 Pesepak Bola Top yang Kini Berkarier di Luar Liga EropaGonzalo Higuain (intermiamicf.com)

Gonzalo Higuain melakukan manuver dalam kariernya dengan hengkang ke Major League Soccer musim lalu. Ia resmi bergabung dengan klub termuda di Negeri Paman Sam, Inter Miami. Keputusannya untuk pindah ke MLS memang cukup beralasan, yakni karena bakal memasuki pengujung karier.

Bersama klub yang dimiliki David Beckham tersebut, Higuain langsung didapuk menjadi kapten utama. Meski belum tampil impresif di lini serang, pemain berusia 33 tahun tersebut tetap dipercaya untuk tampil. Secara keseluruhan, eks pemain Real Madrid ini membuat 13 penampilan dengan raihan 3 gol dan 3 assist.

3. Andres Iniesta (Vissel Kobe)

Masih Aktif, 5 Pesepak Bola Top yang Kini Berkarier di Luar Liga EropaAndres Iniesta (goal.com)

Menikmati puncak kejayaan di Barcelona selama 16 musim, Andres Iniesta akhirnya memilih untuk hijrah. Hal tersebut terealisasi pada tahun 2019 lalu saat Iniesta hengkang ke Vissel Kobe yang merupakan kontestan J-League, kompetisi tertinggi di Jepang. Meski sudah berusia 37 tahun, Iniesta masih tampil prima di lapangan hijau.

Jiwa kepemimpinan yang dimiliki Iniesta juga turut membuatnya didapuk menjadi kapten tim. Sampai saat ini, Iniesta telah mencatatkan 77 penampilan bersama Vissel Kobe dengan raihan 16 gol dan 18 assist. Tak berhenti sampai di situ, ia juga sukses mengantarkan klubnya meraih sejumlah gelar domestik bergengsi.

4. Javier Hernandez (LA Galaxy)

Masih Aktif, 5 Pesepak Bola Top yang Kini Berkarier di Luar Liga EropaJavier 'Chicharito' Hernandez (beinsports.com)

Major League Soccer tampaknya menjadi destinasi favorit bagi pesepak bola ternama yang ingin menghabiskan kariernya. Di musim ini, MLS juga dihiasi beberapa pemain bintang, salah satunya adalah Javier Hernandez. Pemain yang akrab disapa Chicharito ini bermain untuk LA Galaxy.

Direkrut dari Sevilla pada awal tahun 2020, mantan penggawa Manchester United ini menjelma tulang punggung klub yang bermarkas di Los Angeles tersebut. Menilik statistiknya bersama Galaxy, pria Meksiko berusia 32 tahun ini sudah mengemas 8 gol dan 1 assist dari 16 pertandingan yang ia mainkan.

5. Carlos Tevez (Boca Juniors)

Masih Aktif, 5 Pesepak Bola Top yang Kini Berkarier di Luar Liga EropaCarlos Tevez (90min.com)

Selain berkarier di MLS ataupun Liga Super Tiongkok, hengkang ke klub di negara asal juga menjadi opsi menarik lain bagi para pesepak bola top untuk menghabiskan kariernya. Seperti yang dilakukan Carlos Tevez, kini ia berseragam Boca Juniors, klub yang pernah ia bela saat masih belasan tahun.

Bersama klub Argentina tersebut, pemain yang harum di Manchester United ini sukses merengkuh berbagai trofi. Ia bergabung ke Boca Juniors untuk yang kesekian kalinya pada tahun 2018 lalu dan masih bertahan sampai saat ini. Tercatat Tevez sudah mencetak 60 gol dan 30 assist dari 188 laga yang ia mainkan.

 

Bermain di liga non-Eropa merupakan opsi yang sering dipilih bagi para pesepak bola yang akan memasuki masa pensiun. Adakah pemain favoritmu yang masuk dalam daftar di atas?

Baca Juga: 5 Pemain Juventus yang Sempat Diremehkan Kualitasnya, Ada Carlos Tevez

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya