Pindah dari Barcelona, 5 Pemain Aktif Ini Hengkang ke Klub LaLiga Lain

Luis Suarez salah satunya!

Tak hanya Real Madrid, Spanyol juga punya klub sepak bola dengan tradisi yang telah mengakar kuat di dalamnya. Klub yang dimaksud itu adalah Barcelona. Sepanjang sejarahnya, Barcelona menjadi salah satu tim yang paling berkuasa di daratan Negeri Matador.

Hal ini bisa dibuktikan lewat catatan prestasi yang telah La Blaugrana ukir hingga sekarang. Tak heran, bila sudah banyak pemain bintang yang pernah bermain untuk klub Catalan itu. Ada yang sukses menjadi andalan, tapi ada juga beberapa pemain yang terpaksa dijual karena tak terlalu berkontribusi.

Dari sekian pemain yang dilepas oleh Barcelona, ada sederet nama yang memilih klub LaLiga lain sebagai destinasi barunya. Seperti yang dilakukan 5 pemain aktif berikut ini. Check this out!

1. Munir El-Haddadi

Pindah dari Barcelona, 5 Pemain Aktif Ini Hengkang ke Klub LaLiga LainMunir El-Haddadi (twitter.com/EvertonNewsFeed)

Saat bersama Barcelona, Munir El Haddadi sempat digadang-gadang bakal menjadi aset jangka panjang yang berharga. Hanya saja, kariernya untuk klub Catalan tak dapat berkembang lantaran kesulitan menjadi pilihan utama. Promosi ke skuad inti musim 2015/2016, Munir gagal memenuhi ekspektasi banyak pihak.

Setelah beberapa kali dipinjamkan, pemain Maroko itu akhirnya dilepas secara permanen ke Sevilla di musim dingin 2019. Munir masih bertahan dengan klub berjuluk Los Nervionenses hingga saat ini, dan membantu timnya meraih satu titel Liga Europa. Ia mencatatkan 88 penampilan dengan raihan 22 gol dan 7 assist.

2. Denis Suarez

Pindah dari Barcelona, 5 Pemain Aktif Ini Hengkang ke Klub LaLiga LainDenis Suarez (twitter.com/G24Noticias)

Sama seperti Munir El-Haddadi, karier Denis Suarez di Barcelona juga penuh dengan aral melintang. Ia tak mampu menjadi pilihan utama lantaran ketatnya persaingan di lini tengah La Blaugrana. Direkrut musim panas 2013 lalu, pemain berusia 27 tahun itu bahkan sempat dipinjamkan ke Sevilla dan Arsenal.

Kepastian tampil reguler yang tak kunjung datang, mau tak mau, membuat Denis harus mencari klub baru. Ia akhirnya pindah ke Celta Vigo pada musim 2019/2020 lalu. Bersama tim papan tengah LaLiga itu, Denis mendapat kepercayaan penuh dengan mencatatkan 65 penampilan hingga saat ini.

Baca Juga: 5 Pemain Bintang yang Didatangkan Barcelona di Usia 30 Tahun ke Atas

3. Jasper Cillessen

Pindah dari Barcelona, 5 Pemain Aktif Ini Hengkang ke Klub LaLiga LainJasper Cillessen (twitter.com/EvertonNewsFeed)

Barcelona merekrut Jasper Cillessen sebagai pengganti Claudio Bravo yang hengkang ke Manchester City. Alih-alih bisa berbuat banyak, kiper berpaspor Belanda tersebut justru hanya menjadi pelapis dari Marc-Andre ter Stegen. Cillessen memang merengkuh banyak trofi di sana, tetapi kariernya seolah-olah mati kutu.

Gerah dengan situasi di Barcelona, Cillessen memutuskan untuk bergabung dengan Valencia musim 2019/2020 lalu. Lewat kesepakatan barter yang melibatkan Neto, Cillessen sejatinya masih bertahan hingga saat ini. Ia mencatatkan 40 penampilan di semua kompetisi dengan koleksi 9 clean sheet.

4. Ivan Rakitic

Pindah dari Barcelona, 5 Pemain Aktif Ini Hengkang ke Klub LaLiga LainIvan Rakitic (90min.com)

Setelah 6 musim yang gemilang di Barcelona, Ivan Rakitic memilih untuk pulang ke klub lamanya, Sevilla. Di musim lalu tepatnya, pemain berusia 33 tahun ini kembali berkostum Los Nervionenses, klub yang pernah ia bela selama 3 musim. Tak perlu lama untuk adaptasi, Rakitic sudah jadi andalan lini tengah Sevilla.

Rakitic mendapat kepercayaan penuh dari pelatih Sevilla, Julen Lopetegui. Ia sukses membuat 50 penampilan dengan raihan 8 gol dan 5 assist di semua ajang musim lalu. Meski gagal mengantarkan timnya meraih satupun gelar, performa Rakitic terbilang ciamik dan konsisten di usianya yang sudah kepala tiga.

5. Luis Suarez

Pindah dari Barcelona, 5 Pemain Aktif Ini Hengkang ke Klub LaLiga LainLuis Suarez (twitter.com/LaLigaEN)

Revolusi besar-besaran yang dilakukan Ronald Koeman di awal kepelatihannya bersama Barcelona memakan banyak korban. Beberapa pemain senior La Blaugrana dijual ke klub lain olehnya, tak terkecuali Luis Suarez. Kepindahan pemain Uruguay ini begitu dipertanyakan lantaran dilepas ke rival Barca, Atletico Madrid.

Bagi Suarez, terdepak dari skuad La Blaugrana lewat cara seperti itu, berhasil ia buktikan dengan performa impresifnya di lapangan. Suarez sukses membukukan 21 gol dan 3 assist dari 38 penampilan di semua ajang. Torehannya itu juga mengantarkan Los Rojiblancos menjadi kampiun LaLiga usai terakhir kali meraihnya musim 2013/2014 lalu.

 

Menariknya, sebagian besar dari para pemain di atas memilih hengkang dari Barcelona lantaran gagal mendapatkan tempat utama. Kira-kira, siapakah dari mereka yang sukses tampil gemilang setelah cabut dari klub Catalan itu?

Baca Juga: 5 Pemain yang Harus Dilepas Barcelona pada Musim Panas Nanti

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya