5 Produk Akademi Brighton Terakhir yang Promosi ke Skuad Utama

Kebanyakan dipinjam dulu ke klub lain

Brighton & Hove Albion menarik perhatian banyak pihak. Performa The Seagulls meningkat dalam beberapa musim terakhir. Dengan mengandalkan kombinasi pemain senior dan pemain muda, mereka kerap menjadi sandungan klub-klub besar.

Brighton mengembangkan potensi pemain mudanya dengan baik. Selalu ada nama baru yang menghiasi skuad dari akademi sepak bola tiap musim.

Lantas, siapa sajakah produk akademi Brighton terakhir yang promosi ke skuad utama? Berikut ulasannya!

1. Steven Alzate

5 Produk Akademi Brighton Terakhir yang Promosi ke Skuad UtamaSteven Alzate (instagram.com/steven_alzate98)

Kesempatan emas akhirnya menghampiri Steven Alzate pada musim panas 2019. Ia mendapatkan promosi ke skuad utama Brighton & Hove Albion. Itu membantunya berkembang dan meningkatkan kualitas pada usia muda.

Alzate sebenarnya cukup rutin diturunkan. Ia telah mengoleksi 51 penampilan bersama tim utama The Seagulls. Namun, pada musim panas 2022, Alzate sepakat dipinjamkan ke klub Belgia, Standard Liege, demi menambah jam terbang.

2. Robert Sanchez

5 Produk Akademi Brighton Terakhir yang Promosi ke Skuad UtamaRobert Sanchez (twitter.com/OfficialFPL)

Kepindahan Matt Ryan ke Arsenal pada musim dingin 2021 menjadi berkah tersendiri bagi Robert Sanchez. Ia dipercaya naik ke skuad inti dengan berstatus kiper utama. Kepercayaan itu mampu dimanfaatkannya dengan sangat baik.

Sanchez bersinar di bawah mistar gawang The Seagulls. Hingga sekarang, ia sudah mengoleksi 87 penampilan di semua kompetisi. Berkat hal ini, Sanchez rutin dipanggil Timnas Spanyol meski hanya berstatus cadangan.

Baca Juga: 6 Pemain Termuda di Skuad Brighton & Hove Albion pada 2022/2023

3. Haydon Roberts

5 Produk Akademi Brighton Terakhir yang Promosi ke Skuad UtamaHaydon Roberts (brightonandhovealbion.com)

Produk akademi Brighton & Hove Albion terus mencuat ke permukaan. Pada musim panas 2021, giliran Haydon Roberts yang promosi ke skuad utama. Ia memperkuat lini pertahanan The Seagulls yang diisi nama-nama berpengalaman.

Karena minim jam terbang, Roberts belum mendapatkan menit bermain reguler. Ia baru diturunkan enam kali di skuad utama The Seagulls. Roberts bahkan dipinjamkan ke Derby County pada 2022/2023 ini.

4. Taylor Richards

5 Produk Akademi Brighton Terakhir yang Promosi ke Skuad UtamaTaylor Richards (brightonandhovealbion.com)

Selain Roberts, Brighton & Hove Albion juga memasukkan salah satu pemain akademinya ke skuad utama pada awal 2021/2022. Pemain yang dimaksud adalah Taylor Richards. Ia menjadi alternatif baru di lini tengah The Seagulls.

Sama seperti Roberts, pemuda berusia 22 tahun ini belum dipercaya menjadi pilihan utama. Richards baru bermain sebanyak lima kali dan kini tengah dipinjamkan ke Queens Park Ranger hingga akhir 2022/2023 nanti.

5. Evan Ferguson

5 Produk Akademi Brighton Terakhir yang Promosi ke Skuad UtamaEvan Ferguson (premierleague.com)

Brighton & Hove Albion tak henti-hentinya memproduksi bakat muda bertalenta. Pada 2022/2023 ini, giliran nama Evan Ferguson yang menuai sorotan. Ia tampil menjanjikan meski baru promosi ke skuad utama The Seagulls pada awal musim.

Ferguson bersinar di lini depan Brighton. Dalam 24 penampilan, ia sukses mengemas 11 gol dan 5 assist. Ferguson mampu menutupi lubang yang ditinggalkan Neal Maupay hingga Leandro Trossard yang hengkang ke klub lain.

Kelima pemain muda di atas memang tak semuanya menjadi pilihan utama. Namun, mereka masih punya banyak waktu. Mereka bisa berkembang sehingga dipercaya di tim inti Brighton dalam beberapa musim ke depan.

Baca Juga: 5 Rekrutan Pertama Diboyong Graham Potter di Brighton & Hove Albion

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya