Comscore Tracker

5 Produk Akademi Fiorentina yang Kini Berseragam Klub Top Italia

Berhasil menembus skuad klub top Serie A!

Serie A selalu identik dengan klub-klub raksasa, seperti Juventus atau pun duo klub sekota di Milan dan Roma. Namun, Serie A sejatinya juga masih memiliki beberapa klub yang turut diperhitungkan, salah satunya yaitu Fiorentina. Klub berjuluk La Viola ini acap kali mengejutkan tim-tim kuat.

Tak hanya itu, dari tim akademinya, Fiorentina sukses melahirkan pemain-pemain berbakat yang telah dikenal luas namanya. Bahkan saat ini, ada beberapa jebolan akademi La Viola yang tengah berkarier di klub papan atas Serie A. Lantas, siapa sajakah pemain yang dimaksud?

1. Danilo D'Ambrosio

5 Produk Akademi Fiorentina yang Kini Berseragam Klub Top ItaliaDanilo D'Ambrosio (twitter.com/OptaPaolo)

Danilo D'Ambrosio mengawali karier profesionalnya bersama Fiorentina. Promosi ke tim senior pada 2007 silam, ia juga sempat berkelana ke klub Italia lain, sebut saja Potenza SC, Stabia, hingga Torino.

Barulah pada awal 2014, talenta D'Ambrosio ditemukan oleh klub top Serie A, Inter Milan. Bek kanan berusia 33 tahun itu menjelma jadi pilar penting Nerazzuri dalam waktu lama.

D'Ambrosio telah dipercaya tampil 259 kali di semua kompetisi oleh rival sekota AC Milan tersebut. Tak hanya itu, D'Ambrosio juga berjasa besar di balik kesuksesan Inter Milan menjuarai beberapa gelar, termasuk Serie A 2020/2021.

2. Gianluca Mancini

5 Produk Akademi Fiorentina yang Kini Berseragam Klub Top ItaliaGianluca Mancini (twitter.com/ASRomaEN)

Gianluca Mancini pernah singgah ke Fiorentina di usia muda. Sayangnya, kebersamaan yang ia rajut bersama La Viola tak bertahan lama. Terlebih ia juga tak masuk ke tim utama Fiorentina. Mancini membulatkan tekad untuk hijrah ke Perugia pada 2016 lalu. Setelahnya, ia juga sempat mampir ke Atalanta.

Kariernya yang menemui jalan berliku saat itu akhirnya diselamatkan oleh AS Roma. Il Giallorosso memboyongnya ke ibu kota Italia pada musim panas 2019.

Mancini sukses mengembangkan kemampuannya di sektor pertahanan tim. Tercatat, ia sudah mengoleksi 127 penampilan di berbagai ajang.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir Juventus dari Fiorentina Sebelum Dusan Vlahovic

3. Federico Bernardeschi

5 Produk Akademi Fiorentina yang Kini Berseragam Klub Top ItaliaFederico Bernardeschi (instagram.com/fbernardeschi)

Karier Federico Bernardeschi mekar di Fiorentina. Ia merupakan jebolan akademi asli La Viola. Kesuksesannya terus berlanjut hingga dipercaya naik kasta ke tim utama pada musim 2013/2014 lalu. Kendati sempat dipinjamkan ke Crotone, Bernardeschi berhasil menunjukkan performa apik bersama La Viola.

Berkat aksinya saat itu, Bernardeschi lantas direkrut Juventus pada musim panas 2017. Pemain berpaspor Italia tersebut makin dikenal luas namanya selama membela Si Nyonya Tua.

Bernardeschi juga cukup diandalkan dengan catatan 183 penampilan. Sayangnya, ia bakal berstatus free agent pada musim panas 2022.

4. Nicolo Zaniolo

5 Produk Akademi Fiorentina yang Kini Berseragam Klub Top ItaliaNicolo Zaniolo (twitter.com/thespursweb)

Nicolo Zaniolo dikenal luas sewaktu telah berseragam AS Roma. Jauh sebelum itu, ia pernah merintis kariernya bersama beberapa klub Italia lain, termasuk Fiorentina.

Bergabung ke tim akademi La Viola pada 2010 silam, kiprah Zaniolo malah berlangsung singkat. Apalagi ia belum sempat promosi ke tim senior. Pemuda berusia 22 tahun itu meneruskan karier ke tim muda Entella hingga Inter Milan. Namun, lagi-lagi, ia tak bertahan lama.

Barulah pada 2018 lalu, kariernya diselamatkan oleh AS Roma. Potensi Zaniolo tereksplorasi dengan baik di tim ibu kota Italia. Meski sempat absen lama akibat cedera ACL, performa Zaniolo masih menjanjikan.

5. Federico Chiesa

5 Produk Akademi Fiorentina yang Kini Berseragam Klub Top ItaliaFederico Chiesa (skysports.com)

Federico Chiesa dikenal sebagai salah satu jebolan terbaik akademi Fiorentina. Pasalnya, sewaktu berseragam La Viola, Chiesa sukses menunjukkan performa impresif.

Hal itulah yang menjadi dasar ketertarikan Juventus untuk memboyongnya ke Allianz Stadium. Si Nyonya Tua resmi menggaet Chiesa pada 2020 lalu. Chiesa didatangkan dengan status pinjaman selama dua musim beserta opsi kewajiban membeli.

Transfer ini sempat menimbulkan kontroversi, terlebih di kalangan penggemar Fiorentina. Hanya saja, Chiesa tetap berganti klub dan sukses bersinar. Ia lantas dipermanenkan dengan biaya 40 juta euro atau sekitar Rp625 miliar.

 

Fiorentina memang bukanlah tim favorit juara Serie A di tiap musimnya. Lebih dari itu, tim berjuluk La Viola tersebut sukses mengorbitkan deretan pemain top yang kini membela klub besar Eropa, khususnya di Serie A.

Baca Juga: 5 Penjualan Termahal Fiorentina ke Klub Lain, Ada Federico Chiesa 

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya