Comscore Tracker

5 Pemain Top Ini Merupakan Produk Akademi La Masia yang Terlupakan

Dari Onana hingga Bellerin!

Mendengar kata tim akademi dalam sepak bola, La Masia bisa jadi dinobatkan sebagai yang terbaik. Tak mengherankan karena akademi milik Barcelona tersebut telah melahirkan sederet pemain ternama yang memiliki prestasi memukau dalam karier sepak bolanya. Beberapa yang begitu dikenal di antaranya adalah Lionel Messi, Andres Iniesta, dan juga Xavi Hernandez.

Nama-nama tersebut memang begitu berprestasi dengan raihan trofi-trofi bergengsinya. Namun, ada juga beberapa pemain top di kompetisi Eropa saat ini yang justru tak begitu diketahui sebagai lulusan La Masia karena berbagai alasan. Dari semuanya, 5 pemain ini menjadi yang paling mencolok. Siapa saja mereka? Check this out!

1. Andre Onana (Ajax Amsterdam)

5 Pemain Top Ini Merupakan Produk Akademi La Masia yang Terlupakantwitter.com/Youngcules

Saat ini Andre Onana tengah menghadapi sanksi FIFA usai dinyatakan tersangkut kasus doping. Sebelum terlibat kasus tersebut, Onana merupakan kiper utama Ajax Amsterdam dan tampil begitu apik di bawah mistar gawang. Pengalamannya yang pernah menimba ilmu di La Masia tentu menjadi salah satu alasan di balik solidnya Onana selama berkiprah untuk Ajax.

Ia bergabung bersama La Masia pada tahun 2010 silam dan bertahan dalam waktu yang cukup lama. Kala itu, Onana direkrut La Blaugrana dari Samuel Eto'o Academy yang berbasis di Kamerun. Sempat promosi ke berbagai kelompok umur tim Barca, Onana justru dilepas ke Ajax pada Januari 2015 lalu dan bertahan hingga sekarang.

2. Mauro Icardi (Paris Saint-Germain)

5 Pemain Top Ini Merupakan Produk Akademi La Masia yang Terlupakaneurosport.it

Mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa Mauro Icardi juga merupakan jebolan akademi La Masia. Pasalnya, penyerang asal Argentina ini lebih identik dengan Inter Milan, klub yang melambungkan namanya. Padahal, sebelum itu Icardi sempat merasakan atmosfer La Masia selama masa mudanya.

Direkrut dari klub Vecindario pada 2008 silam, Icardi bergabung bersama tim U-16 Barca. Tahun-tahun berikutnya Icardi sukses naik kasta ke tim yang selevel di atasnya dan dianggap punya potensi. Namun, Icardi malah dilepas ke Sampdoria pada 2011 dengan status pinjaman hingga dipermanenkan di musim selanjutnya.

Baca Juga: 5 Pemain Jebolan La Masia yang Merumput di Premier League Musim Ini

3. Pepe Reina (Lazio)

5 Pemain Top Ini Merupakan Produk Akademi La Masia yang Terlupakantwitter.com/FM_Twittah

Pepe Reina merupakan salah satu kiper berpengalaman yang telah membela sederet klub elite Eropa. Beberapa klub tersebut di antaranya adalah Liverpool, Napoli, AC Milan, Bayern Munchen, dan kini Lazio. Namun, sebelum berpetualang bersama klub-klub tersebut, Reina menimbu ilmu di La Masia.

Di usianya yang masih belasan tahun, Reina menjadi jebolan akademi milik Barcelona tersebut. Reina juga sempat diproyeksikan ke tim Barca B pada tahun 2000 dan juga di skuad utama. Namun, kebersamaannya untuk La Blaugrana harus terhenti pada tahun 2002 setelah Reina dilepas Barca menuju Villarreal.

4. Adama Traore (Wolverhampton Wanderers)

5 Pemain Top Ini Merupakan Produk Akademi La Masia yang Terlupakan90min.com

Nama Adama Traore mulai muncul ke permukaan pada musim lalu setelah tampil cemerlang bersama Wolves. Memiliki postur kekar dan dribbling mumpuni, Adama menjelma salah satu pilar penting Wolves hingga sekarang. Namun, siapa yang menduga bahwa Adama ternyata merupakan lulusan La Masia.

Menilik perjalanan kariernya, Adama identik dengan La Masia sejak direkrut pada 2004 silam. Mulanya Adama bermain untuk tim U-16 hingga akhirnya promosi ke tim U-19 pada 2013 lalu. Karena potensinya yang tertutup pemain Barca lainnya, Adama resmi dilepas ke Aston Villa tahun 2015.

5. Hector Bellerin (Arsenal)

5 Pemain Top Ini Merupakan Produk Akademi La Masia yang Terlupakantwitter.com/Youngcules

Bek kanan milik Arsenal, Hector Bellerin, juga merupakan salah satu jebolan La Masia. Pemain berpaspor Spanyol ini tercatat pernah menimba ilmu di akademi klub Catalan tersebut semenjak didatangkan pada tahun 2003. Setelahnya, Bellerin menghabiskan waktu yang cukup lama di Barcelona.

Sama halnya dengan keempat pemain di atas, Bellerin juga akhirnya dilepas Barcelona ke klub lain. Hal itu terealisasi pada tahun 2011 saat Arsenal tak ragu memboyong pemain berumur 26 tahun tersebut ke Emirates Stadium. Sampai saat ini, Bellerin masih bertahan bersama The Gooners meski tak selalu menjadi pilihan utama.

 

Itulah 5 pemain top yang ternyata merupakan lulusan La Masia. Dengan beragam alasan tertentu, para pemain di atas yang merupakan produk akademinya sendiri justru dilepas Barcelona ke klub lain.

Baca Juga: 10 Potret Menawan Hector Bellerin, Bek Andalan Arsenal yang Kece Abis!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya