Comscore Tracker

5 Rekor Penjualan Pemain Bundesliga Termahal, Deretan Bintang!

Ousmane Dembele memimpin!

Bundesliga merupakan salah 1 dari 5 liga top Eropa yang sukses menyuguhkan drama tersendiri. Meski dicap membosankan lantaran didominasi Bayern Munich, kompetisi ini tetap patut untuk diikuti.

Tak hanya persaingan antarklub, kehadiran para pemain bintang juga menjadi daya tarik Bundesliga. Pemain-pemain itu bersinar bersama klubnya, bahkan ada yang sukses dijual mahal ke klub lain.

Inilah lima rekor penjualan pemain Bundesliga termahal.

1. Christian Pulisic

5 Rekor Penjualan Pemain Bundesliga Termahal, Deretan Bintang!Christian Pulisic (twitter.com/ChelseaFCinUSA)

Borussia Dortmund meraup keuntungan besar sewaktu menjual Christian Pulisic. Bintang Amerika Serikat itu berhasil dilego ke klub top Inggris, Chelsea, pada musim dingin 2019. Saat itu, Pulisic ditebus seharga 64 juta euro atau sekitar Rp978 miliar.

Pulisic tak langsung bergabung dengan skuad The Blues. Ia dipinjamkan terlebih dahulu selama setengah musim.

Namanya mulai menghiasi skuad Chelsea pada 2019/2020. Sejauh ini, Pulisic cukup diandalkan The Blues dengan koleksi 114 penampilan.

2. Kevin De Bruyne

5 Rekor Penjualan Pemain Bundesliga Termahal, Deretan Bintang!Kevin De Bruyne (twitter.com/Squawka)

Kevin De Bruyne belum lama membela VfL Wolfsburg. Namun, hal itu tak menjadi masalah berarti bagi Manchester City. De Bruyne dibeli The Cityzens pada 2015 lalu dengan nominal 76 juta euro atau sekitar Rp1,1 triliun.

Ini bukanlah pertama kalinya ia pindah ke English Premier League (EPL). Pasalnya, De Bruyne sempat membela Chelsea meski gagal berkembang.

Berbeda dengan itu, karier De Bruyne di Manchester berjalan mulus. Dirinya sukses bersinar.

Baca Juga: 5 Rekor Penjualan Pemain Termahal Wolfsburg dalam Sedekade Terakhir

3. Kai Havertz

5 Rekor Penjualan Pemain Bundesliga Termahal, Deretan Bintang!Kai Havertz (premierleague.com)

Bersinar bersama Bayer Leverkusen, Kai Havertz diburu sejumlah klub top Eropa. Tawaran datang silih berganti, tetapi pinangan Chelsea yang sukses memikat hatinya.

Havertz lantas menjadi milik The Blues usai proses kepindahannya tuntas pada 2020 lalu. Pemain asal Jerman itu ditebus seharga 80 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun.

Hasilnya pun terlihat. Selain dikenal sebagai pemain serbabisa, Havertz kerap jadi sosok pembeda dalam beberapa pertandingan krusial, khususnya final Liga Champions Eropa 2020/2021.

4. Jadon Sancho

5 Rekor Penjualan Pemain Bundesliga Termahal, Deretan Bintang!Jadon Sancho (twitter.com/SquawkaNews)

Saga transfer Jadon Sancho akhirnya menemukan titik terang. Ia resmi menjadi milik Manchester United pada musim panas 2021.

Dalam proses kepindahannya, Sancho dibeli The Red Devils dengan biaya selangit dari Borussia Dortmund. Manchester United harus membayar 85 juta euro atau sekitar Rp1,3 triliun.

Hanya saja, performa Sancho belum terlihat maksimal sejauh ini. Sancho baru mencetak 5 gol dan 3 assist dari 37 laga yang dijalaninya bersama Setan Merah.

5. Ousmane Dembele

5 Rekor Penjualan Pemain Bundesliga Termahal, Deretan Bintang!Ousmane Dembele (instagram.com/o.dembele7)

Ousmane Dembele memegang rekor pemain Bundesliga termahal yang dijual ke klub lain. Ia memecahkan rekor tersebut sewaktu bergabung dengan Barcelona pada 2017 lalu. Tak main-main, biaya 140 juta euro atau sekitar Rp2,1 triliun dikeluarkan demi merekrutnya.

Barcelona memboyong Dembele untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan Neymar Jr. Sayangnya, Dembele belum mampu berbuat banyak.

Kariernya tak berjalan dengan baik akibat rentetan cedera yang terus datang. Sejauh ini, ia baru tampil 150 kali bersama Barca.

Uniknya, kebanyakan dari pemain di atas merupakan mantan penggawa Borussia Dortmund. Hal itu membuktikan betapa geniusnya manajemen Die Borussen dalam urusan bursa transfer.

Baca Juga: 5 Rekor Penjualan Pemain Termahal Shakhtar Donetsk, Fred Teratas!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya