5 Rekor Penjualan Pemain Termahal Wolfsburg dalam Sedekade Terakhir

Kevin De Bruyne memimpin daftar teratas!

VfL Wolfsburg sejatinya tak punya popularitas setenar Bayern Munchen atau Borussia Dortmund di Bundesliga. Terlebih lagi, klub berjuluk Die Wolfe ini hanyalah penghuni papan tengah liga teratas Jerman, dengan sesekali merangsek ke posisi empat besar klasemen.

Berbeda dari segi transfer pemain, Wolfsburg justru memiliki sederet pengalaman manis dalam sedekade terakhir. Hal ini dibuktikan dengan kesuksesan Die Wolfe yang menjual segelintir pemain top ke klub lain dengan biaya selangit. Penasaran siapa saja mereka?

1. Kevin De Bruyne

5 Rekor Penjualan Pemain Termahal Wolfsburg dalam Sedekade TerakhirKevin De Bruyne (twitter.com/DeBruyneKev)

Status penjualan termahal Wolfsburg hingga kini dipegang oleh Kevin De Bruyne. Gelandang kreatif Belgia ini sukses dilego Die Wolfe seharga 76 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun ke Manchester City.

Transfer tersebut terealisasi pada musim panas 2015 dan belum ada pemain lain yang mampu memecahkannya. Di sisi yang berbeda, kepindahannya ke Manchester City menjadi periode kedua De Bruyne mengarungi Premier League.

Meredup bersama Chelsea pada awal kedatangannya, langkah De Bruyne bergabung dengan City berjalan manis. Ia menjelma jadi salah satu pengatur serangan terbaik saat ini.

2. Julian Draxler

5 Rekor Penjualan Pemain Termahal Wolfsburg dalam Sedekade TerakhirJulian Draxler (twitter.com/Squawka)

Karier Julian Draxler bersama Wolfsburg baru berjalan selama 1,5 musim, tetapi tawaran besar sudah menanti. Paris Saint-Germain lantas menjadi klub yang beruntung menggaet jasa pemain Jerman ini usai merogoh kocek 36 juta euro atau sekitar Rp568 miliar pada awal musim 2017/2018 lalu.

Draxler masih bertahan di Paris hingga sekarang. Namun, ia cukup kesulitan menjadi pilihan utama.

Terlebih lini depan Le Parisiens yang diisi nama-nama besar seperti Neymar dan Kylian Mbappe membuat kariernya cenderung stagnan. Sejauh ini, Draxler sudah membukukan 198 penampilan bersama PSG di semua ajang.

Baca Juga: Kabar Terkini 5 Striker Wolfsburg saat Menjuarai Bundesliga 2008/2009

3. Andre Schurrle

5 Rekor Penjualan Pemain Termahal Wolfsburg dalam Sedekade TerakhirAndre Schurrle (twitter.com/BlackYellow)

Satu strip di bawah Draxler, ada rekan sepatriotnya yang juga berpaspor Jerman, yaitu Andre Schurrle. Pria berusia 31 tahun ini menciptakan keuntungan bagi Wolfsburg di saat proses kepindahannya ke Borussia Dortmund. Terjadi pada musim panas 2016, Schurrle dijual seharga 30 juta euro atau sekitar Rp474 miliar.

Namun, karier Schurrle malah diwarnai beragam jalan terjal. Selama dua musim perdana, performanya menurun dan hanya tampil 51 kali.

Schurrle bahkan sempat dipinjamkan ke Fulham dan Lokomotiv Moscow. Setelahnya, ia membuat keputusan mengejutkan dengan memilih pensiun dini per Juli 2020 lalu.

4. Ivan Perisic

5 Rekor Penjualan Pemain Termahal Wolfsburg dalam Sedekade TerakhirIvan Perisic (sempreinter.com)

Karier Ivan Perisic berkembang pesat selama berseragam Wolfsburg. Puncaknya pada musim panas 2015, ia dibeli oleh salah satu klub papan atas Serie A, Inter Milan. Dalam proses kepindahannya itu, Perisic dilego Die Wolfe dengan banderol mencapai 19 juta euro atau sekitar Rp300 miliar.

Pindah ke klub berjuluk Nerazzuri itu terbilang tepat baginya. Perisic sukses menjadi salah satu pemain kunci dalam beberapa musim, kendati sempat dipinjamkan ke Bayern Munchen. Pemain Kroasia tersebut telah mengemas 243 penampilan bersama Inter Milan dengan raihan 50 gol dan 44 assists.

5. Ricardo Rodriguez

5 Rekor Penjualan Pemain Termahal Wolfsburg dalam Sedekade TerakhirRicardo Rodriguez (twitter.com/MilanEye)

Melengkapi urutan kelima, nama Ricardo Rodriguez juga termasuk ke dalam buku sejarah Wolfsburg. Usai membela Die Wolfe selama enam musim, Ricardo memutuskan untuk hengkang pada musim panas 2017. Ia hijrah ke AC Milan dengan mahar mencapai 15 juta euro atau sekitar Rp237 miliar.

Awal kedatangannya ke Italia berjalan mulus dengan rutin tampil sebagai bek kiri utama. Namun, petaka mulai datang menghampiri karier pemain Swiss tersebut.

Kehadiran Theo Hernandez membuat porsi bermainnya menurun. Ricardo lantas terpinggirkan dan kini berkarier untuk tim Serie A lainnya, Torino.

 

Keuntungan berkali-kali lipat yang diraup Wolfsburg ternyata tak dihabiskan begitu saja. Die Wolfe malah cenderung memiliki tradisi dalam menyulap pemain biasa-biasa saja menjadi pemain berkualitas yang dijual dengan harga mahal.

Baca Juga: 6 Mantan Pemain VfL Wolfsburg yang kini Bermain di Klub Besar Eropa

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya