5 Rekor Serba Tercepat di EPL yang Tercatat Guinness World Records

Deretan rekor yang bakal sulit terpecahkan, nih!

Sejak resmi berubah format pada musim 1992/1993, English Premier League (EPL) berkembang pesat. Kompetisi ini menghasilkan daya saing yang sengit di dalamnya. Rekor demi rekor juga berhasil dipecahkan oleh banyak pemain.

Beberapa rekor dalam sejarah Premier League masih terasa familier sebab tercantum dalam Guinness World Records. Dari sederet rekor-rekor tersebut, setidaknya ada lima rekor serba tercepat di Premier League tercatat di Guinness World Records yang belum terpecahkan hingga sekarang. Apa saja itu? Check this out!

1. Pemain pengganti tercepat yang mencetak gol

https://www.youtube.com/embed/PhkavhAHK3g

Rekor ini dipegang oleh mantan pemain Arsenal, Nicklas Bendtner. Ia melakukannya saat Arsenal bersua Tottenham Hotspur pada musim 2007/2008. Masuk pada menit ke-75, ia hanya butuh 1,8 detik untuk mencetak gol usai memanfaatkan tendangan pojok Cesc Fabregas. 

Gol yang Bendtner cetak itu mengantarkan The Gunners menang atas Tottenham Hotspur dengan skor akhir 2-1. Rekor ini belum tersentuh oleh pemain lain. Meski sudah berlalu lebih dari sedekade, tak ada satu pun pemain lain yang bisa memecahkan rekor pria asal Denmark itu. 

2. Shot on target tercepat

https://www.youtube.com/embed/X9tV9evOCIs

Pertandingan antara Arsenal kontra Sheffield Wednesday pada Premier League 1996/1997 masih membekas. Pasalnya, laga ini menghasilkan sebuah rekor. Tendangan keras striker Sheffield Wednesday, David Hirst, ke gawang Arsenal memegang rekor shot on target tercepat di Premier League.

Hirst menendang bola dengan kecepatan yang sangat kencang, yaitu 183 km/jam atau 114 mph dari jarak 13,5 meter. Sayangnya, tendangan Hirst gagal berbuah gol sebab hanya mengenai mistar gawang. Meski tak menghasilkan gol, tendangan keras itu masih menjadi rekor yang bertahan sampai saat ini.

Baca Juga: 5 Rekor Mohamed Salah Selama Bermain di Premier League

3. Hattrick tercepat dalam satu pertandingan

https://www.youtube.com/embed/f-t9eOEjW4E

Sebelum bersinar di Liverpool, Sadio Mane sebenarnya sudah punya rekor gemilang saat membela Southampton. Semua terjadi pada 16 Mei 2015 saat The Saints berjumpa dengan Aston Villa. Mane sukses mencuri sorotan pada laga itu dengan hattrick yang dicetak dalam waktu 2 menit 56 detik.

Ia mencetak gol pada menit 13, 14, dan 16 dalam laga yang berkesudahan 6-1 itu. Tiga gol sisanya dilesakkan oleh Shane Long yang mengemas brace serta sebiji gol Graziano Pelle. Alhasil, nama Mane tercantum dalam Guinness World Records sebagai pemain yang mencetak hattrick tercepat di Premier League.

4. Gol tercepat

https://www.youtube.com/embed/wQVQz7rOuwo

Masih dari Southampton, kali ini giliran Shane Long yang punya rekor unik. Ia menjadi pemain yang berhasil mencetak gol tercepat dalam sejarah Premier League. Bagaimana tidak, Long hanya butuh 7,69 detik untuk mencatatkan dirinya pada papan skor saat bersua Watford.

Memanfaatkan kesalahan bek Watford, Craig Cathcart, yang berusaha menendang bola, Long langsung mengeksekusinya menjadi sebuah gol. Kejadian ini berlangsung pada pekan ke-35 Premier League musim 2018/2019 dengan hasil akhir yang berkesudahan 1-1.

5. Pemain tercepat catatkan 50 assist

5 Rekor Serba Tercepat di EPL yang Tercatat Guinness World RecordsKevin De Bruyne (twitter.com/KevinDeBruyne)

Julukan ''raja assist'' bukanlah sembarang julukan yang diberikan kepada Kevin De Bruyne. Ia membuktikan kualitasnya dengan memegang rekor sebagai pemain tercepat yang mengemas 50 assist di Premier League. De Bruyne hanya membutuhkan 123 pertandingan untuk mencapainya.

Dirinya memecahkan rekor impresif itu saat Manchester City bersua Bournemouth pada Agustus 2019. Pertandingan tersebut berakhir 3-1 dengan kemenangan The Citizens. Sebelum dipegang oleh De Bruyne, rekor ini dimiliki oleh Mesut Ozil yang mengemas 50 assist dalam 141 pertandingan.

Rekor serba tercepat di Premier League yang dimiliki oleh kelima pemain di atas sulit untuk dipecahkan. Bahkan, tidak menutup kemungkinan rekor-rekor ini bertahan abadi sebab probabilitas untuk memecahkannya yang cukup mustahil.

Baca Juga: Haaland Cetak Rekor di Premier League Cuma dalam 5 Laga, Ganas!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya