5 Rekrutan Barcelona Era Xavi yang Digaet dari Klub Big Six EPL

Kebanyakan berstatus bebas transfer

Xavi Hernandez kembali ke Barcelona pada pertengahan musim 2021/2022. Ia pulang ke Catalan sebagai pelatih anyar menggantikan Ronald Koeman yang dipecat. Ia dinilai mampu mengembalikan Barcelona yang terpuruk untuk kembali ke puncak kejayaan.

Sejauh ini, performa La Blaugrana di bawah asuhan Xavi cenderung membaik. Dalam menunjang kedalaman skuad yang diinginkan, beberapa pemain sudah digaet Xavi hingga sekarang, termasuk lima mantan penggawa Big Six Premier League berikut ini.

1. Hector Bellerin

5 Rekrutan Barcelona Era Xavi yang Digaet dari Klub Big Six EPLHector Bellerin (twitter.com/HectorBellerin)

Hector Bellerin akhirnya kembali ke Barcelona. Dirinya bergabung dengan La Blaugrana sekaligus menyudahi kebersamaan bersama Arsenal. Barcelona memboyongnya secara gratis demi menambah variasi bek kanan pada musim panas 2022.

Namun, hingga sejauh ini Bellerin belum mampu menunjukkan performa terbaiknya. Ia juga rentan mengalami cedera sehingga tampil kurang maksimal. Bellerin baru tampil dalam lima pertandingan di semua kompetisi. Kontraknya juga bakal berakhir pada musim panas 2023 mendatang.

2. Marcos Alonso

5 Rekrutan Barcelona Era Xavi yang Digaet dari Klub Big Six EPLMarcos Alonso (instagram.com/marcosalonso28)

Setelah berbagai spekulasi yang beredar, Barcelona resmi mendapatkan jasa Marcos Alonso. La Blaugrana merekrutnya secara gratis dari Chelsea pada musim panas 2022 lalu. Hadirnya Alonso dinilai menambah kekuatan di lini belakang klub asal Catalan itu.

Hasilnya pun terbukti sejauh ini. Meski beroperasi asli sebagai bek kiri, Alonso juga kerap dipasang sebagai bek tengah oleh sang pelatih. Dirinya sudah mengoleksi 15 penampilan dengan raihan dua gol di semua ajang bersama Barcelona.

Baca Juga: 5 Pemain Barcelona yang Memakai Nomor 17 sebelum Marcos Alonso 

3. Andreas Christensen

5 Rekrutan Barcelona Era Xavi yang Digaet dari Klub Big Six EPLAndreas Christensen (twitter.com/FCBarcelona)

Tak hanya Alonso, Andreas Christensen juga meninggalkan Chelsea demi bergabung ke Barcelona pada musim panas 2022. Proses kepindahannya pun hampir identik, yaitu berstatus free agent. Kedatangan bek asal Denmark ini sangat menguntungkan Barcelona.

Christensen yang masih berusia 26 tahun ini punya kans besar jadi andalan La Blaugrana dalam waktu lama. Performanya sejauh ini juga cukup memuaskan. Christensen sudah diturunkan dalam 13 pertandingan bersama Barcelona di berbagai ajang.

4. Ferran Torres

5 Rekrutan Barcelona Era Xavi yang Digaet dari Klub Big Six EPLFerran Torres (twitter.com/FerranTorres20)

Ferran Torres merupakan salah satu rekrutan awal Xavi Hernandez saat melatih Barcelona. Ia dibeli dari Manchester City seharga 55 juta euro atau sekitar Rp914 miliar. Harga setinggi ini membuatnya masuk ke dalam daftar pembelian termahal La Blaugrana.

Di usianya yang baru 22 tahun, Ferran dipandang punya prospek jangka panjang yang bagus. Bersama Barcelona, ia sudah membukukan 12 gol dan 7 assist dari 45 laga. Kualitas yang dimilikinya ini pun sukses membawa Ferran jadi langganan dipanggil oleh timnas Spanyol.

5. Pierre-Emerick Aubameyang

5 Rekrutan Barcelona Era Xavi yang Digaet dari Klub Big Six EPLPierre-Emerick Aubameyang (twitter.com/Auba)

Akhir kariernya yang tragis bersama Arsenal berbuntut panjang. Kontrak Aubameyang diputus sehingga berstatus bebas transfer pada musim dingin 2022. Namun, dirinya dengan cepat menemukan klub baru. Aubameyang segera merapat ke Barcelona yang tengah krisis penyerang.

Keputusan pemain berpaspor Gabon itu akhirnya berbuah manis. Performa Aubameyang kembali moncer sebagai juru gedor tim. Ia sukses mengemas 13 gol dan satu assist dari 24 penampilan. Sayang, Aubameyang memutuskan pindah ke Chelsea pada musim panas 2022.

 

Di bawah asuhan Xavi, Barcelona perlahan mulai tampil konsisten di papan atas LaLiga. Kira-kira, siapakah rekrutan baru La Blaugrana yang datang dari Premier League nantinya? Menarik untuk dinantikan.

Baca Juga: Aubameyang Ungkap Kenangan Pahit Selama di Arsenal

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya