Comscore Tracker

5 Rekrutan Gratis Terbaik di Premier League dalam Sedekade Terakhir

Berikan kontribusi vital untuk timnya

Premier League dikenal sebagai kompetisi sepak bola paling kompetitif saat ini. Sederet klub top dan kehadiran para pemain bintang membuat Premier League berhasil menyedot perhatian penggemar sepak bola. Di balik itu, Premier League juga dikenal karena beragam rekor transfer yang dilakukan oleh beberapa klub kontestan.

Namun, banyak juga klub-klub Premier League yang memilih merekrut pemain secara gratis alias bebas transfer. Meski tak semuanya tampil bersinar, terdapat beberapa nama yang berhasil mencuri atensi. Dalam sedekade terakhir, inilah 5 rekrutan gratis terbaik di Premier League. Penasaran siapa saja? Check this out!

1. Marc Albrighton (Leicester City)

5 Rekrutan Gratis Terbaik di Premier League dalam Sedekade TerakhirMarc Albrighton. (lcfc.com)

Setelah tak lagi diperpanjang kontraknya bersama Aston Villa, Marc Albrighton melanjutkan petualangannya bersama klub Inggris lainnya, Leicester City pada musim 2014/2015. The Foxes yang baru saja promosi ke Premier League saat itu memang aktif dalam perburuan pemain-pemain incarannya, termasuk merekrut Albrighton dengan status bebas transfer.

Beroperasi sebagai gelandang, Albrighton memang tak memiliki kecepatan, namun kreativitasnya di lini tengah The Foxes begitu vital dan menjadi salah satu kunci di balik hegemoni Leicester. Puncaknya, saat mereka menjuarai Premier League pada musim 2015/2016 lalu, Albrighton menjadi salah satu aktor penting dan membawa The Foxes menciptakan sejarah baru mereka.

2. Zlatan Ibrahimovic (Manchester United)

5 Rekrutan Gratis Terbaik di Premier League dalam Sedekade TerakhirZlatan Ibrahmovic. (bleacherreport.com)

Sukses di beberapa liga top Eropa, Zlatan Ibrahimovic melanjutkan kariernya untuk bermain di Premier League. Tepatnya di musim panas 2016/2017, Manchester United menjadi klub tempat pelabuhannya setelah direkrut secara gratis dari PSG. Saat itu usia Ibrahimovic telah 34 tahun dan digaji dengan besaran 200 ribu pounds atau setara Rp4 miliar per pekannya.

Namun, usia kepala tiga bukanlah penghalang bagi bintang Swedia itu untuk tampil impresif bersama Setan Merah. Bahkan, di musim debutnya, Ibrahimovic berhasil mengantarkan klub Manchester tersebut juara Liga Europa. Bersama United, Ibra sukses mencetak 29 gol dan 10 assist dari 53 laga yang ia mainkan. Ia bertahan hingga tahun 2018 sebelum hengkang ke LA Galaxy.

Baca Juga: Bawa Inter Milan Juara, Lukaku Sentil Ibrahimovic di Medsos

3. Joel Matip (Liverpool)

5 Rekrutan Gratis Terbaik di Premier League dalam Sedekade TerakhirJoel Matip. (thisisanfield.com)

Liverpool menjalani musim 2015/2016 dengan pertahanan yang begitu rapuh. The Reds terpaksa memungut bola dari gawangnya sebanyak 50 kali pada musim tersebut. Untuk menangani masalah tersebut, Jurgen Klopp  bergerak cepat merekrut bek tengah baru. Ia akhirnya merekrut Joel Matip dari Schalke 04 dengan status bebas transfer pada musim setelahnya.

Kedatangan pria berpaspor Kamerun ini ke Anfield Stadium berhasil menurunkan jumlah kebobolan gol The Reds di musim debutnya. Bahkan, beberapa musim setelahnya, Matip sukses membawa tim Merseyside tersebut merengkuh berbagai gelar bergengsi, mulai dari Liga Champions, Premier League, hingga titel Piala Dunia Antarklub.

4. Esteban Cambiasso (Leicester City)

5 Rekrutan Gratis Terbaik di Premier League dalam Sedekade TerakhirEsteban Cambiasso. (goal.com)

Esteban Cambiasso pernah berjaya bersama Inter Milan selama sedekade, tepatnya sejak 2004 hingga 2014 dengan berhasil meraih berbagai trofi. Setelah kesuksesan tersebut, Cambiasso resmi berpisah dengan Nerazzuri karena kontraknya habis. Ia lantas direkrut Leicester City dengan status bebas transfer pada musim 2014/2015. Cambiasso menjadi satu dari 11 rekrutan The Foxes yang baru saja promosi ke Premier League.

Ia hanya bertahan selama semusim di sana, namun memberikan kontribusi besar di balik keberhasilan The Foxes menghindari degradasi musim tersebut. Ia hijrah ke Olympiacos dan dimusim yang sama, Leicester City sukses menjadi juara Premier League. Keberhasilan The Foxes tersebut tentu tak lepas dari peran Cambiasso yang membawa si Rubah terlolos dari degradasi di musim sebelumnya.

5. James Milner (Liverpool)

5 Rekrutan Gratis Terbaik di Premier League dalam Sedekade TerakhirJames Milner. (90min.com)

James Milner menjalani karier sepak bolanya dengan bergelimang trofi. Setelah sukses besar bersama Manchester City, ia meneruskan perjalanannya dengan bergabung bersama Liverpool pada musim 2015/2016. Saat itu Milner direkrut secara gratis lantaran kontraknya yang sudah berakhir bersama City. Meski begitu, Milner sukses tampil impresif bersama The Reds.

Dikenal sebagai pemain serbabisa, pria berusia 35 tahun tersebut mampu bermain di beberapa posisi saat dibutuhkan. Selain itu, ia juga mengukir berbagai rekor individual gemilang, salah satunya pencetak assist terbanyak di Liga Champions musim 2017/2018. Hingga saat ini Milner masih menjadi andalan The Reds dan telah meraih berbagai gelar prestisius.

 

Meski direkrut secara gratis, para pemain di atas berhasil menunjukkan kualitas terbaiknya bersama klub yang dibelanya tersebut. Siapa favoritmu?

Baca Juga: 6 Pemain Top Ini Pernah Berseragam Leeds United, Milner Salah Satunya!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya