5 Rekrutan Gratisan AS Roma dari Klub Premier League, Punya Kualitas!

Nemanja Matic salah satunya

Pamor AS Roma sebagai salah satu klub besar Serie A Italia tak perlu diragukan lagi. Klub ibu kota tersebut mampu tampil konsisten dengan bersaing di papan atas klasemen. I Giallorossi bahkan sukses merengkuh gelar UEFA Europa Conference League 2022.

AS Roma melakukan itu berkat kebijakan transfer yang mumpuni. Tak hanya rekrutan permanen, klub sekota Lazio tersebut acap kali memboyong pemain baru dengan status bebas transfer. Salah satunya dari English Premier League (EPL). Para pemain itu juga mampu bersinar meski berstatus gratisan.

Berikut rekrutan gratisan AS Roma dari klub Premier League!

1. Maicon

5 Rekrutan Gratisan AS Roma dari Klub Premier League, Punya Kualitas!Maicon (twitter.com/ASRomaEN)

Semusim membela Manchester City, Maicon akhirnya dilepas secara gratis. Ia merapat ke AS Roma pada musim panas 2013.

Dengan pengalamannya yang pernah membela beberapa klub papan atas, Maicon tak kesulitan sewaktu bersama I Giallorossi. Ia bertahan selama 3 musim di klub ibu kota Italia tersebut.

Pemain yang beroperasi sebagai bek kanan ini menorehkan 5 gol dan 5 assist dari 69 pertandingan di semua kompetisi. Pada akhir musim 2013, kontraknya tak diperpanjang dan Maicon berstatus tanpa klub sementara waktu.

2. Ashley Cole

5 Rekrutan Gratisan AS Roma dari Klub Premier League, Punya Kualitas!Ashley Cole (twitter.com/OfficialASRoma)

Kebersamaan Ashley Cole dengan Chelsea terhenti pada akhir musim 2013/2014. Kedua belah pihak sepakat untuk tak memperpanjang kontrak kerja sama. Alhasil, Cole yang berstatus free agent langsung memilih hijrah ke AS Roma.

Masa baktinya bersama klub sekota Lazio ini memang tak seindah saat berkarier di Premier League. Cole juga tidak tampil reguler lantaran hanya membukukan 16 penampilan selama 1,5 musim. Setelahnya, Cole merantau ke Amerika Serikat dengan menerima tawaran LA Galaxy pada awal 2016.

Baca Juga: 5 Pemain Hengkang dari AS Roma pada Musim Panas 2022

3. Pedro

5 Rekrutan Gratisan AS Roma dari Klub Premier League, Punya Kualitas!Pedro (twitter.com/ASRomaEN)

AS Roma berhasil mendapatkan tanda tangan Pedro secara cuma-cuma pada musim panas 2020. Ia bergabung dengan membawa segudang pengalaman usai membela sejumlah klub besar, seperti Barcelona dan Chelsea.

Hadirnya Pedro tentu sangat menguntungkan bagi skuad I Giallorossi. Akan tetapi, kiprahnya bersama AS Roma justru hanya terjalin selama semusim.

Penampilan Pedro sejatinya cukup memuaskan dengan koleksi 6 gol dan 7 assist dari 40 laga. Sayangnya, ia memutuskan untuk pindah ke klub sekota AS Roma, Lazio.

4. Henrikh Mkhitaryan

5 Rekrutan Gratisan AS Roma dari Klub Premier League, Punya Kualitas!Henrikh Mkhitaryan (twitter.com/ASRomaEN)

Dibuang Arsenal, Henrikh Mkhitaryan memastikan diri untuk melanjutkan karier di Italia. Ia bergabung dengan AS Roma melalui kesepakatan pinjaman pada musim panas 2019.

Tak disangka, Mkhitaryan mampu tampil gemilang sebagai kreator serangan tim. Pemain asal Armenia itu lantas dipermanenkan menyusul kontraknya habis bersama The Gunners.

Mkhitaryan mencatatkan performa yang apik selama 3 musim di ibu kota Italia. Ia sukses mencetak 29 gol dan 24 assist dari 117 penampilan di berbagai ajang.

5. Nemanja Matic

5 Rekrutan Gratisan AS Roma dari Klub Premier League, Punya Kualitas!Nemanja Matic (instagram.com/nemanjamatic)

Pada musim panas 2022, AS Roma kembali merekrut beberapa pemain secara gratis. Salah satu pemain tersebut datang dari Premier League. Ia adalah Nemanja Matic, sosok gelandang berpengalaman yang pernah membela Chelsea dan Manchester United.

Bersama AS Roma, Matic kembali bekerja sama dengan Jose Mourinho seperti saat berkarier di Inggris dahulu. Tak ayal apabila perannya cukup diandalkan sejauh ini. Tercatat, pemain berpaspor Serbia itu sudah dipercaya tampil dalam 20 pertandingan di semua kompetisi.

Hadirnya beberapa nama di atas cukup berkontribusi mengantarkan AS Roma yang sedang membangun ulang kejayaannya. Akankah ada rekrutan bebas transfer lainnya pada musim dingin 2023 ini?

Baca Juga: 5 Pemain Aktif AS Roma dengan Jumlah Penampilan Terbanyak, Siapa Saja?

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya