5 Rekrutan Mahal yang Jarang Dimainkan Klub Barunya, Inkonsisten!

Nicolas Pepe salah satunya!

Memasuki musim panas 2022, jendela transfer pemain sudah resmi dibuka. Momen ini jadi periode yang pas bagi setiap klub guna menyusun ulang kekuatannya. Sederet kepindahan pemain sudah rampung, seperti Aston Villa yang sudah mendaratkan  Boubacar Kamara dan Diego Carlos.

Sejauh ini belum ada manuver transfer mahal yang berpotensi terjadi. Padahal, tren tersebut acap kali berlangsung dalam beberapa musim terakhir meskipun performanya tak sebanding dengan harga yang dikeluarkan. Kelima rekrutan mahal ini bahkan jarang dimainkan oleh klub barunya. Siapa saja mereka?

1. Malcom

5 Rekrutan Mahal yang Jarang Dimainkan Klub Barunya, Inkonsisten!Malcom (twitter.com/MailSport)

Manuver tak terduga dibuat Barcelona dengan membajak Malcom pada musim panas 2018. Malcom yang nyaris bergabung ke AS Roma justru berubah haluan dengan Barca sebagai destinasi barunya. Saat itu La Blaugrana menebus Malcom dari Bordeaux seharga 40 juta euro atau sekitar Rp619 miliar.

Perekrutan yang kontroversial itu malah tak berbuah apa-apa. Pemain berpaspor Brasil tersebut kesulitan bersaing di lini depan Barca. Malcom hanya tampil 24 kali di semua ajang. Pada akhirnya, ia dilepas La Blaugrana ke klub papan atas Rusia, Zenit St. Petersburg, di awal musim 2020/2021.

2. Luka Jovic

5 Rekrutan Mahal yang Jarang Dimainkan Klub Barunya, Inkonsisten!Luka Jovic (twitter.com/Squawka)

Usai bersinar bersama Eintracht Frankfurt, Luka Jovic sukses menarik minat klub sekaliber Real Madrid. Hingga pada 2019 lalu, Los Blancos memilih untuk mendatangkannya ke Santiago Bernabeu dengan biaya 63 juta euro atau setara Rp975 miliar. Jovic diharapkan mampu menjadi pesaing sepadan Karim Benzema.

Akan tetapi, memasuki musim ketiganya di Spanyol, karier pemain berusia 24 tahun itu malah anjlok. Performa Jovic merosot tajam dan kalah bersaing di lini depan Los Blancos. Cuma mencetak tiga gol, Jovic bahkan terpaksa dipinjamkan ke Eintracht Frankfurt pada paruh kedua musim 2019/2020.

Baca Juga: 5 Pemain Gratisan Terbaik yang Pernah Direkrut Real Madrid

3. Kepa Arrizabalaga

5 Rekrutan Mahal yang Jarang Dimainkan Klub Barunya, Inkonsisten!Kepa Arrizabalaga (twitter.com/kepa_46)

Proses kepindahan Kepa Arrizabalaga menuai pro dan kontra. Bagaimana tidak, The Blues kudu membayar 80 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun untuk menggaetnya dari Athletic Bilbao. Kepa sejatinya sempat diandalkan Chelsea selama dua musim perdana, tetapi posisinya tergeser ke bangku cadangan.

Performanya yang inkonsisten dinilai tak sesuai dengan harga mahal yang harus dikeluarkan Chelsea. Bahkan, sejak kedatangan Edouard Mendy pada musim panas 2020, kiper berpaspor Spanyol itu harus rela berstatus sebagai kiper pelapis. Pada musim 2021/2022 saja Kepa hanya diturunkan 15 kali.

4. Eden Hazard

5 Rekrutan Mahal yang Jarang Dimainkan Klub Barunya, Inkonsisten!Eden Hazard (twitter.com/FootyAccums)

Ekspektasi besar yang membebani Eden Hazard tak mampu dibayar lunas olehnya. Datang ke Real Madrid dengan mahar 115 juta euro atau sekitar Rp1,8 triliun, karier Hazard justru berubah menjadi pesakitan. Performanya tak maksimal ditambah dengan rentetan cedera yang menghampiri Hazard selama di Spanyol.

Selama berseragam Los Blancos, pemain berpaspor Belgia itu hanya membukukan 6 gol dan 10 assist dari 66 penampilan. Kesempatan Hazard untuk membuktikan diri sejatinya terbuka lebar pada 2021/2022 saat ia tak lagi berstatus pemain kaki kaca. Sayangnya, Hazard lebih sering duduk di bangku cadangan.

5. Nicolas Pepe

5 Rekrutan Mahal yang Jarang Dimainkan Klub Barunya, Inkonsisten!Nicolas Pepe (twitter.com/Arsenal)

Arsenal rela memecahkan rekor transfer klub demi menggaet Nicolas Pepe pada 2019 lalu. The Gunners menebus sang pemain dari Lille dengan banderol 80 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun. Diproyeksikan untuk mendongkrak lini serang tim, performa Pepe malah inkonsisten dan cenderung tak maksimal.

Pada musim 2021/2022, ia hanya dipercaya tampil 23 kali. Hal ini terjadi lantaran Arsenal yang lebih memilih untuk menurunkan para pemain mudanya, seperti Bukayo Saka hingga Emile Smith Rowe. Tak mengherankan kepastian karier Pepe bersama The Gunners masih abu-abu sekarang.

 

Alih-alih berkontribusi lebih terhadap permainan tim barunya, mereka malah kesulitan untuk tampil impresif karena berbagai alasan, salah satunya masalah cedera. Bisakah mereka bangkit dan membuktikan bahwa penampilannya belum habis pada musim depan?

Baca Juga: 5 Kemenangan Impresif Arsenal di Premier League 2021/2022

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya