5 Rekrutan Mahal Liverpool yang Hengkang Gratis ke Klub Lain

Roberto Firmino salah satunya!

Liverpool ditinggal oleh beberapa pemainnya pada musim panas 2023. Salah satunya yaitu Roberto Firmino. Ia meninggalkan The Reds setelah sepakat untuk tak memperpanjang kontrak yang habis pada Juni 2023.

Firmino bergabung dari Hoffenheim dengan biaya yang besar. Ia bersinar dan menjadi bagian dari kesuksesan Liverpool di bawah asuhan Jurgen Klopp. Firmino bukanlah satu-satunya rekrutan mahal The Reds yang hengkang secara gratis.

Inilah lima rekrutan mahal Liverpool yang pindah secara gratis.

1. Georginio Wijnaldum

5 Rekrutan Mahal Liverpool yang Hengkang Gratis ke Klub LainGeorginio Wijnaldum (twitter.com/GWijnaldum)

Georginio Wijnaldum resmi bergabung dengan Liverpool pada musim panas 2016. Ia bergabung dari sesama klub English Premier League (EPL), Newcastle United. Biaya kepindahannya itu mencapai 27,5 juta euro atau sekitar Rp442 miliar. Hasilnya berbuah manis. Wijnaldum bersinar di lini tengah The Reds.

Ia menjadi salah satu gelandang andalan Liverpool. Sayangnya, kiprah Wijnaldum bersama Liverpool harus terhenti pada musim panas 2021. Wijnaldum menolak kesepakatan perpanjangan kontrak. Ia lebih memilih hengkang ke klub kaya raya Prancis, Paris Saint-Germain dengan status bebas transfer.

2. Adam Lallana

5 Rekrutan Mahal Liverpool yang Hengkang Gratis ke Klub LainAdam Lallana (twitter.com/LFC)

Adam Lallana mengakhiri petualangannya di Liverpool pada musim panas 2020 lalu. Ia sepakat untuk tidak memperpanjang kontrak dan pergi dengan status bebas transfer. Lallana lalu meneruskan kariernya ke Brighton & Hove Albion. The Seagulls mendapatkan jasanya secara gratis alias tanpa biaya.

Kepergiannya itu menyudahi perjalanan Lallana selama enam musim bersama The Reds. Awalnya, ia bergabung dari Southampton pada musim panas 2014. Lallana didatangkan dengan biaya yang cukup tinggi. The Reds harus menebusnya seharga 31 juta Euro atau sekitar Rp497 miliar.

Baca Juga: Pamit dari Liverpool, Adam Lallana Terima Pinangan Brighton?

3. Alex Oxlade-Chamberlain

5 Rekrutan Mahal Liverpool yang Hengkang Gratis ke Klub LainAlex Oxlade-Chamberlain (twitter.com/premierleague)

Liverpool kehilangan beberapa pemainnya pada bursa transfer musim panas 2023. Alex Oxlade-Chamberlain salah satunya. Ia meninggalkan The Reds dengan status bebas transfer karena kontraknya yang sudah berakhir. Selain itu, masalah cedera juga menjadi alasan lain ia tak melanjutkan kariernya bersama Liverpool.

Oxlade-Chamberlain mengakhiri tujuh musim yang berliku di klub Merseyside. Ia awalnya merapat pada musim panas 2017 lalu dari Arsenal. Saat itu, The Reds merekrutnya dengan biaya 38 juta euro atau sekitar Rp610 miliar. Oxlade-Chamberlain bertahan dalam waktu yang cukup lama bersama Liverpool meski tak menjadi pemain utama.

4. Naby Keita

5 Rekrutan Mahal Liverpool yang Hengkang Gratis ke Klub LainNaby Keita (twitter.com/LFC)

Musim 2022/2023 menjadi musim terakhir Naby Keita berseragam Liverpool. Ia sudah sepakat untuk hengkang dari klub Merseyside tersebut. Keita tak memperpanjang kontraknya yang habis pada Juni 2023. Itu sekaligus menyudahi perjalanan kariernya yang berliku bersama The Reds.

Dibeli seharga 60 juta Euro atau sekitar Rp963 miliar pada musim panas 2018, performa Keita tak terlalu mencolok. Ia gagal bersinar di Inggris karena rentan mengalami cedera. Tak hanya itu, pemain berpaspor Guinea tersebut juga kesulitan beradaptasi dengan gaya permainan The Reds di bawah asuhan Jurgen Klopp.

5. Roberto Firmino

5 Rekrutan Mahal Liverpool yang Hengkang Gratis ke Klub LainRoberto Firmino (premierleague.com)

Roberto Firmino resmi berpisah dengan Liverpool. Musim 2022/2023 menjadi musim terakhirnya berseragam The Reds. Ini dipastikan setelah dirinya sepakat untuk tak memperpanjang kontrak yang berakhir pada Juni 2023. Firmino bakal pindah ke klub lain dengan status bebas transfer.

Kepergian pemain berpaspor Brasil itu mengakhiri kisahnya yang sudah terjalin selama delapan musim di Anfield. Firmino bergabung dengan Liverpool pada musim panas 2015 lalu dari Hoffenheim. Saat itu, The Reds harus mengeluarkan kocek sebesar 41 juta Euro atau sekitar Rp658 miliar.

Kelima pemain di atas berkontribusi besar dalam kejayaan Liverpool. Mereka menjadi bagian penting dari skuad The Reds. Layakkah mereka pergi dari Anfield dengan status bebas transfer?

Baca Juga: 5 Klub yang Bisa Dituju Roberto Firmino pada Musim Panas 2023

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya