Comscore Tracker

5 Rekrutan Pemain Inggris Termahal Sepanjang Masa, Maguire Memimpin!

Duo Manchester, surganya pemain Inggris berharga fantastis

Bursa transfer musim panas tahun ini telah dibuka. Itu berarti perpindahan pemain ke klub barunya bakal menghiasi timeline berita dalam beberapa hari ke depan. Sejauh ini, sudah ada sejumlah nama top yang pindah ke klub lain dengan harga fantastis, seperti Achraf Hakimi dan Jadon Sancho.

Terkhusus bagi Sancho, transfernya ke Manchester United ternyata masuk jajaran ke dalam rekor transfer termahal Inggris. Ada beberapa nama lain yang juga mengalami hal serupa. Nah, termasuk Sancho, berikut 5 rekrutan pemain Inggris termahal sepanjang masa.

1. Harry Maguire - 87 juta euro

5 Rekrutan Pemain Inggris Termahal Sepanjang Masa, Maguire Memimpin!Harry Maguire (eurosport.com)

Harry Maguire memegang status sebagai pemain Inggris termahal hingga saat ini. Ia didatangkan Manchester United dari Leicester City seharga 87 juta euro atau sekitar Rp1,5 triliun di tahun 2019 lalu. Transfer ini juga mengalahkan rekor bek termahal yang sebelumnya dipegang oleh andalan Liverpool, Virgil van Dijk.

Dengan biaya sebesar itu, Maguire punya beban besar di pundaknya. Tak heran bila kucuran kritik pedas kerap menimpa bek berusia 28 tahun tersebut akibat performanya yang dinilai belum maksimal. Kendati begitu, Maguire tetap dipercaya untuk selalu tampil dan menjadi kapten utama Setan Merah sejak Januari 2020 lalu.

2. Jadon Sancho - 85 juta euro

5 Rekrutan Pemain Inggris Termahal Sepanjang Masa, Maguire Memimpin!Jadon Sancho (goal.com)

Jadon Sancho resmi menjadi milik Manchester United seutuhnya. Setelah proses transfer yang tak kunjung tercipta antara kedua pihak, Borussia Dortmund dan United akhirnya mengunci kesepakatan di angka 85 juta euro atau sekitar Rp1,4 triliun. Ini menjadikan Sancho sebagai rekrutan termahal ketiga United setelah Paul Pogba dan Harry Maguire.

Finalisasi transfer Sancho tentu menjawab teka-teki kemana ia bakal berlabuh. Sejatinya, pemain berusia 21 tahun tersebut sudah dikaitkan dengan United sejak beberapa bursa transfer terakhir, tetapi urung terealisasi. Kini bersama klub barunya, Sancho diharapkan bakal tampil impresif seperti saat ia di Borussia Dortmund.

Baca Juga: 10 Pemain Termahal yang Pernah Dilepas Borussia Dortmund, Ada Sancho!

3. Raheem Sterling - 63,7 juta euro

5 Rekrutan Pemain Inggris Termahal Sepanjang Masa, Maguire Memimpin!Raheem Sterling (telegraph.co.uk)

Jauh beberapa tahun ke belakang, Manchester City memulai hobinya merekrut pemain berharga fantastis. Raheem Sterling menjadi salah satu rekrutan anyar The Cityzens yang didatangkan dengan kocek selangit, 63,6 juta euro atau sekitar Rp1 triliun. Ia diangkut dari salah satu rival City di Premier League, Liverpool, pada musim panas 2014 lalu.

Klub Merseyside sebenarnya sudah berupaya mati-matian untuk mempertahankan Sterling lebih lama. Hanya saja, keinginan sang pemain untuk hengkang tak bisa lagi ditahan oleh The Reds. Sejak kepindahannya ke City, Sterling merasakan kesuksesan besar dengan koleksi 3 titel Premier League dan gelar domestik lainnya.

4. John Stones - 55,6 juta euro

5 Rekrutan Pemain Inggris Termahal Sepanjang Masa, Maguire Memimpin!John Stones (skysports.com)

Manchester City dinilai begitu mudah mengeluarkan uangnya demi menggaet bek-bek incaran mereka. Salah satu nama yang mendukung hal itu adalah John Stones, bek The Cityzens yang mulai bergabung pada musim 2016/2017. Saat itu, Stones direkrut dengan banderol 55,6 juta euro atau sekitar Rp950 miliar.

Perjalanannya di klub Manchester bak rollercoaster. Pernah di level teratas, karier Stones di City nyaris terhenti musim 2019/2020 lalu akibat mulai terpinggirkan. Namun, pemain berusia 27 tahun tersebut berhasil bangkit dan kini ia jadi pilar kunci The Cityzens di lini pertahanan dengan bermitra bersama Ruben Dias.

5. Aaron Wan-Bissaka - 55 juta euro

5 Rekrutan Pemain Inggris Termahal Sepanjang Masa, Maguire Memimpin!Aaron Wan-Bissaka (90min.com)

Daftar kelima pemain Inggris termahal masih diduduki oleh penggawa Manchester United. Dia adalah Aaron Wan-Bissaka, sang full-back andalan yang dikenal punya kemampuan bertahan apik. Di awal kehadirannya untuk klub yang bermarkas di Old Trafford itu, Wan-Bissaka digaet seharga 55 juta euro atau sekitar Rp940 miliar. 

Perjudian Setan Merah tersebut terbukti jitu. Wan-Bissaka tampil superior di sisi kanan pertahanan United dan nyaris tak tergantikan. Kendati tak pernah membuat penampilan untuk Timnas Inggris, kualitas Wan-Bissaka tetap tak bisa dipandang sebelah mata. Tercatat, ia sudah dipercaya membuat 100 penampilan untuk United.

 

Mahalnya pemain-pemain di atas makin menegaskan kalau Inggris memang merupakan kiblat sepak bola di dunia saat ini. Kira-kira, akankah ada pemain lain yang bisa memecahkan rekor Harry Maguire? Tulis jawabannya di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Wan-Bissaka, Bek Kanan yang Dirindukan MU Setelah Era Gary Neville

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya