Comscore Tracker

5 Rekrutan Perdana Ernesto Valverde saat Menjadi Pelatih Barcelona

Seperti apa kiprahnya di klub Catalan?

Usai ditinggal Luis Enrique, Barcelona mengangkat Ernesto Valverde sebagai pelatih anyar pada awal musim 2017/2018. Pernah berkarier bersama La Blaugrana semasa aktif sebagai pemain tentu menjadi bekal bagus baginya meski menangani jabatan yang berbeda.

Di awal kedatangannya, Valverde melakukan sejumlah perubahan, terlebih di tubuh skuad utama Barca. Sejumlah nama dilepas, sebut saja Neymar yang merapat ke PSG. Dari sisi pendatangan pemain, setidaknya Barcelona cukup aktif dengan merekrut 5 pemain baru pada musim panas 2017 lalu.

1. Gerard Deulofeu

5 Rekrutan Perdana Ernesto Valverde saat Menjadi Pelatih BarcelonaGerard Deulofeu (twitter.com/ChampionsLeague)

Gerard Deolofeu bukanlah sosok baru di dalam skuad Barcelona. Ia sejatinya merupakan jebolan akademi La Masia yang acap kali terpinggirkan ke klub lain. Namanya sempat naik daun sewaktu dilepas permanen ke Everton. Barca kepincut dan membawanya kembali pulang ke Camp Nou.

Proses kepulangannya menelan dana 12 juta euro atau sekitar Rp196 miliar pada musim panas 2017 lalu. Bersaing dengan pemain ternama di lini serang Barca justru membawa petaka bagi kariernya. Deulofeu hanya bertahan setengah musim lantaran jarang dimainkan. Ia akhirnya dilepas ke klub Premier League, Watford.

2. Marlon

5 Rekrutan Perdana Ernesto Valverde saat Menjadi Pelatih BarcelonaMarlon (twitter.com/barcacentre)

Sebelum Valverde datang, Marlon sudah menjadi bagian dari skuad utama Barcelona. Ia didatangkan dengan status pinjaman dari klub Brasil, Fluminense, pada musim 2016/2017 lalu. Selepas pergantian pelatih, ia lantas direkrut secara permanen usai Barca menebusnya seharga 5 juta euro atau sekitar Rp82 miliar.

Marlon yang punya posisi natural sebagai bek tengah ini justru hanya bertahan selama 2 bulan di Spanyol. Ia baru tampil 3 kali bersama La Blaugrana. Ini disebabkan ia dipinjamkan ke klub Ligue 1, OGC Nice, selama semusim. Usai peminjamannya berakhir, bek Brasil itu dilepas permanen ke Sassuolo.

Baca Juga: Mimpi Buruk Barcelona Berlanjut Usai Terdepak dari Copa del Rey

3. Paulinho

5 Rekrutan Perdana Ernesto Valverde saat Menjadi Pelatih BarcelonaPaulinho (twitter.com/goal)

Manuver mengejutkan dibuat Barcelona pada bursa transfer musim panas 2017. Bagaimana tidak, klub Catalan mendatangkan Paulinho dari klub Liga Super China, Guangzhou Evergrande. Ia diboyong dengan banderol 40 juta euro atau sekitar Rp652 miliar. Kebijakan transfer Barca itu cukup menyita sorotan.

Paulinho yang sempat gagal bersinar bersama Spurs hingga usianya yang sudah tak muda lagi dinilai bukanlah sosok yang tepat untuk direkrut. Namun, ia mematahkan semua keraguan itu. Paulinho tampil apik di lini tengah Barca dengan catatan 49 penampilan. Meski begitu, Paulinho hanya semusim membela Barca lantaran memilih pulang ke Guangzhou Evergrande.

4. Nelson Semedo

5 Rekrutan Perdana Ernesto Valverde saat Menjadi Pelatih BarcelonaNelson Semedo (twitter.com/FCBarcelona)

Untuk menghadirkan kompetitor yang sepadan bagi Sergi Roberto di sektor bek kanan, Barcelona bergerak cepat merekrut Nelson Semedo dari Benfica. Bek berpaspor Portugal itu ditebus seharga 35,7 juta euro atau sekitar Rp582 miliar. Kehadirannya memang terbukti memperkuat sisi kanan pertahanan Barca.

Semedo secara rutin tampil bergantian dengan Roberto selama 3 musim beruntun. Ia dipercaya tampil sebanyak 129 kali serta membawa La Blaugrana merengkuh sejumlah gelar prestisius. Kiprahnya di Spanyol berakhir pada musim 2020/2021 lalu. Kedatangan Ronald Koeman memaksanya untuk pindah ke Wolves.

5. Ousmane Dembele

5 Rekrutan Perdana Ernesto Valverde saat Menjadi Pelatih BarcelonaOusmane Dembele (twitter.com/BarcaUniversal)

Selain salah satu rekrutan awal Ernesto Valverde di Barcelona, transfer Ousmane Dembele juga memecahkan rekor. Dibeli dari Borussia Dortmund, biaya yang harus dikeluarkan Barca terbilang fantastis, yaitu 140 juta euro atau sekitar Rp2,3 triliun. Dembele menjadi rekrutan termahal sepanjang sejarah Barcelona.

Dibebani ekspektasi tinggi sebagai pengganti Neymar, performa pemain Prancis itu justru dinilai tak sesuai. Dembele malah lebih sering menghabiskan waktunya di meja perawatan akibat dihantui cedera yang terus kambuh. Tercatat, ia baru tampil 129 kali dengan torehan 31 gol dan 23 assist.

 

Dari 5 rekrutan awal Ernesto Valverde saat menjadi pelatih Barcelona di atas, kebanyakan justru tak bertahan lama alias tampil flop. Kini hanya tersisa Ousmane Dembele saja yang masih berseragam La Blaugrana.

Baca Juga: 5 Pemain yang Bisa Gantikan Posisi Ousmane Dembele di Barcelona

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya