5 Rekrutan Terakhir Liverpool dari Sesama Klub EPL, Ada Mac Allister!

Alexis Mac Allister menjadi nama terbaru!

Liverpool hendak merombak skuad besar-besaran pada musim panas 2023. The Reds sudah melepas beberapa nama, termasuk Roberto Firmino dan James Milner. Kepergian para pemain itu menyisakan lubang yang harus ditutupi. 

Manajemen The Reds bergerak cepat pada jendela transfer. Terbaru, Liverpool berhasil merekrut Alexis Mac Allister dari Brighton. Pemain berpaspor Argentina itu merupakan rekrutan teranyar Liverpool dari sesama klub English Premier League (EPL).

Inilah lima rekrutan terakhir Liverpool dari sesama klub EPL.

1. Alex Oxlade-Chamberlain

5 Rekrutan Terakhir Liverpool dari Sesama Klub EPL, Ada Mac Allister!Alex Oxlade-Chamberlain (twitter.com/premierleague)

Arsenal melepas Alex Oxlade-Chamberlain pada awal musim 2017/2018. Chamberlain memilih untuk merapat ke sesama klub top lainnya, Liverpool. Dalam proses kepindahannya ke klub Merseyside itu, Chamberlain ditebus dengan biaya mencapai 38 juta euro atau sekitar Rp606 miliar.

Meski cukup mahal, Chamberlain urung menjadi pemain andalan The Reds. Ia harus berurusan dengan masalah cedera yang kerap menghantui. Tak hanya itu, Chamberlain juga harus bersaing ketat di lini tengah Liverpool. Ia hanya mencatatkan 146 penampilan selama 5 musim berseragam Liverpool.

2. Virgil Van Dijk

5 Rekrutan Terakhir Liverpool dari Sesama Klub EPL, Ada Mac Allister!Virgil van Dijk (instagram.com/virgilvandijk)

Masalah lini belakang Liverpool mulai teratasi sejak kedatangan Virgil van Dijk. Sang pemain awalnya bergabung pada musim dingin 2018. Saat itu, Van Dijk direkrut dari Southampton dengan mahar 85 juta euro atau sekitar Rp1,3 triliun. Harga ini sepadan dengan kualitasnya di jantung pertahanan.

Van Dijk membawa Liverpool kembali berjaya. Ia mampu tampil solid di lini belakang. Ia sudah membukukan 222 penampilan di semua kompetisi. Ia juga mempersembahkan beberapa gelar bergengsi untuk The Reds, seperti 1 gelar juara Premier League dan 1 Liga Champions.

Baca Juga: 5 Buruan Liverpool setelah Mendatangkan Alexis Mac Allister

3. Adrian

5 Rekrutan Terakhir Liverpool dari Sesama Klub EPL, Ada Mac Allister!Adrian (twitter.com/AdriSanMiguel)

Krisis penjaga gawang membuat Liverpool berburu pemain anyar pada musim panas 2019. Pilihan manajemen The Reds akhirnya tertuju kepada Adrian. Apalagi ia baru saja menganggur sebab kontraknya bersama West Ham United sudah berakhir. Adrian lantas melanjutkan petualangannya bersama klub Merseyside itu.

Adrian dikontrak dengan durasi jangka pendek. Karena hanya diproyeksikan sebagai pelapis, Adrian tidak terlalu banyak tampil. Ia lebih banyak duduk di bangku cadangan The Reds. Hingga akhir musim 2022/2023 saja, kiper berkebangsaan Spanyol itu baru mengoleksi 26 penampilan di semua kompetisi.

4. Diogo Jota

5 Rekrutan Terakhir Liverpool dari Sesama Klub EPL, Ada Mac Allister!Diogo Jota (twitter.com/DiogoJota18)

Lini serang Liverpool diisi beberapa nama beken, seperti Mohamed Salah dan Sadio Mane. Namun, mereka tidak memiliki pelapis yang sepadan. Oleh sebab itu, Liverpool merekrut Diogo Jota pada musim panas 2020 lalu. The Reds menebusnya dari Wolverhampton Wanderers seharga Rp718 miliar.

Bermain tanpa beban, Jota berhasil membuktikan kualitasnya. Ia mampu menjadi pembeda sewaktu diturunkan Liverpool. Statistik yang ia catatkan bersama The Reds juga cukup impresif. Dari 113 penampilan yang ia mainkan, pemain berkebangsaan Portugal itu sukses mencetak 41 gol dan 17 assist.

5. Alexis Mac Allister

5 Rekrutan Terakhir Liverpool dari Sesama Klub EPL, Ada Mac Allister!Alexis Mac Allister (premierleague.com)

Setelah melepas beberapa pemainnya, Liverpool mulai memperkuat skuad pada musim panas 2023. Terbaru, The Reds berhasil memboyong gelandang Brighton & Hove Albion yang tengah naik daun, Alexis Mac Allister. Liverpool memenangi perburuan sang pemain dari beberapa klub yang juga mengincarnya.

Dilansir Fabrizio Romano, The Reds menebus Mac Allister dengan biaya hingga 60 juta pound sterling atau sekitar Rp1 triliun. Mac Allister diikat kontrak selama 5 musim hingga Juni 2028 mendatang. Ia bakal menambah variasi di lini tengah Liverpool yang sudah ditinggal beberapa pemain.

Kecuali Mac Allister, perekrutan pemain yang dilakukan Liverpool di atas cukup berbuah manis. Mereka mampu menjadi andalan The Reds. Bisakah Mac Allister memenuhi ekspektasi yang dilayangkan fans Liverpool nantinya?

Baca Juga: 4 Pemain dengan Nomor 10 Liverpool sebelum Alexis Mac Allister

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya