5 Rekrutan Terakhir Napoli dari Luar Liga Top Eropa, Ada Kvaratskhelia

Mereka berkembang pesat bersama Partenopei

Napoli impresif pada 2022/2023. Di bawah asuhan Luciano Spalletti, Partenopei nyaman di puncak klasemen Serie A Italia hingga awal Maret 2023 ini. Posisinya kemungkinan belum akan berubah mengingat gap mereka dengan posisi selanjutnya mencapai 18 poin.

Hal itu sebenarnya mengejutkan. Apalagi Napoli habis ditinggal beberapa nama andalannya, macam Lorenzo Insigne dan Dries Mertens.

Napoli bisa di puncak karena perekrutan mereka ternyata berjalan mulus. Pemain seperti Khvicha Kvaratskhelia mampu bersinar tanpa terduga. Dibeli dari Dinamo Tbilisi yang merupakan klub Georgia, ia mampu bersinar.

Kvara sendiri bukan satu-satunya pemain rekrutan Napoli dari luar liga top Eropa. Termasuk sang pemain, inilah rekrutan terakhir Napoli dari luar liga top Eropa.

1. Amin Younes

5 Rekrutan Terakhir Napoli dari Luar Liga Top Eropa, Ada KvaratskheliaAmin Younes (twitter.com/AminYounes11)

Napoli kedatangan pilar baru pada musim panas 2018 tanpa harus membayar biaya transfer. Pemain tersebut adalah Amin Younes. Sang pemain dikontrak usai masa baktinya bersama Ajax Amsterdam berakhir.

Sayangnya, Younes tak terlalu diandalkan Napoli. Ia hanya bermain sebanyak 27 kali dalam 2 musim perdananya di Italia. Selebihnya, Younes dipinjamkan ke klub lain hingga dilepas permanen ke klub Arab Saudi, Ettifaq FC, pada Januari 2022.

2. Eljif Elmas

5 Rekrutan Terakhir Napoli dari Luar Liga Top Eropa, Ada KvaratskheliaEljif Elmas (twitter.com/en_sscnapoli)

Untuk menambah variasi di lini tengah, Napoli merekrut Eljif Elmas pada musim panas 2018. Pemain berpaspor Makedonia Utara itu direkrut dari Fenerbahce. Partenopei harus membayar 16 juta euro atau sekitar Rp263 miliar untuk menggaetnya.

Perekrutan Elmas merupakan pilihan tepat. Ia mampu menjadi tumpuan Napoli sebagai pengatur permainan. Sampai 14 Maret 2023, Elmas masih diandalkan dengan catatan 159 penampilan di semua kompetisi.

Baca Juga: 8 Pemain Kelas Dunia yang Pernah Berkarier dengan Napoli, Ada Cavani

3. Hirving Lozano

5 Rekrutan Terakhir Napoli dari Luar Liga Top Eropa, Ada KvaratskheliaHirving Lozano (twitter.com/EuropaLeague)

Napoli terpikat dengan aksi Hirving Lozano di PSV Eindhoven. Tawaran resmi dilayangkan Partenopei pada musim panas 2019. Napoli bersedia merekrutnya dengan biaya 45 juta euro atau sekitar Rp741 miliar.

Lozano lantas pindah ke klub yang berdomisili di Naples tersebut. Investasi yang dijalankan Napoli ini pun mulus. Lozano membuktikan kualitasnya di lini depan dengan membukukan 30 gol dan 17 assist dari 144 penampilan per 14 Maret 2023.

4. Kim Min Jae

5 Rekrutan Terakhir Napoli dari Luar Liga Top Eropa, Ada KvaratskheliaKim Min-jae (instagram.com/kiminjae3)

Napoli punya banyak opsi dalam menghadapi kepergian pemain pada bursa transfer lalu. Kehilangan Kalidou Koulibaly salah satunya. Partenopei mampu merekrut penggantinya dengan harga yang lebih ekonomis pada musim panas 2022.

Sosok yang dipilih Napoli adalah Kim Min Jae. Ia ditebus dari klub Turki, Fenerbahce. Hadirnya Kim terbukti memperkuat lini belakang Napoli. Ia tampil impresif pada musim debutnya pada 2022/2023 ini. Kim Min Jae jadi andalan tim dengan tampil 33 kali hingga 14 Maret tahun ini.

5. Khvicha Kvaratskhelia

5 Rekrutan Terakhir Napoli dari Luar Liga Top Eropa, Ada KvaratskheliaKhvicha Kvaratskhelia (instagram.com/kvara7)

Pembelian Khvicha Kvaratskhelia merupakan salah satu yang tersukses pada 2022/2023 ini. Meski ditinggal beberapa nama, Partenopei masih bertaji berkat kontribusi besar Kvara.

Ia dibeli dari Dinamo Tbilisi yang merupakan klub Georgia. Sempat tak terlalu disorot pada awal kedatangannya, kini Kvaratskhelia menjadi buah bibir sebab bersinar bersama Napoli. Ia tampil produktif dengan koleksi 13 gol dan 15 assist dari 28 penampilan.

Eksplorasi bakat ala Napoli tentunya patut diapresiasi. Sebagian besar nama di atas belum punya pengalaman di liga top Eropa, tetapi mampu menunjukkan kualitasnya dengan menjadi andalan.

Baca Juga: 5 Pemain Pinjaman Napoli Berpeluang Memenangi Scudetto 2022/2023

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya