5 Rekrutan Terakhir RB Leipzig yang Didatangkan dari Klub Ligue 1

Banyak yang masih bertahan hingga kini

RB Leipzig bertransformasi menjadi salah satu tim kuat di Bundesliga dalam beberapa tahun terakhir. Selain dikarenakan dukungan finansial yang kuat dari sang perusahaan pemilik, klub berjuluk Die Roten Bullen ini juga mempunyai kebijakan transfer yang cukup cerdas.

Alih-alih menggaet pemain bintang, Leipzig justru sering mendatangkan pemain muda yang belum terlalu dikenal popularitasnya. Dari kebijakan ini, lahir sederet nama top yang punya pamor melejit. Menilik ke belakang, RB Leipzig sering merekrut pemain dari klub Ligue 1 Prancis. Siapa saja mereka?

1. Mohamed Simakan

5 Rekrutan Terakhir RB Leipzig yang Didatangkan dari Klub Ligue 1Mohamed Simakan (twitter.com/RBLeipzig_EN)

RB Leipzig mengalami banyak perubahan di komposisi skuadnya, terlebih di lini belakang. Kepergian Dayot Upamecano dan Ibrahima Konate memastikan Die Roten Bullen wajib membeli bek anyar.

Salah satu nama yang direkrut Leipzig itu adalah Mohamed Simakan, bek Prancis yang baru berusia 21 tahun. Simakan dibeli dari Strasbourg seharga 15 juta euro atau sekitar Rp233 miliar. Pembelian yang dilakukan Leipzig ini ternyata tak salah.

Simakan mampu berkembang menjadi aset berharga Die Roten Bullen dalam mengawal lini pertahanan. Ia sangat diandalkan sejauh ini dengan catatan 36 penampilan di berbagai ajang.

2. Benjamin Henrichs

5 Rekrutan Terakhir RB Leipzig yang Didatangkan dari Klub Ligue 1Benjamin Henrichs (twitter.com/RBLeipzig_EN)

Sempat berkelana ke Prancis bersama AS Monaco, Benjamin Henrichs akhirnya pulang ke Jerman. Kepastian ini diperoleh usai dirinya sepakat bergabung dengan RB Leipzig pada musim panas 2020 lalu. Henrichs yang beroperasi sebagai bek kanan ini direkrut dengan status pinjaman selama semusim penuh.

Meski baru bergabung, ia berhasil mendapatkan kepercayaan untuk rutin bermain. Performanya yang cukup baik juga menjadi jalan baru bagi Henrichs yang sukses dipermanenkan. Biaya 15 juta euro atau sekitar Rp233 miliar dikeluarkan Leipzig untuk menebus Henrichs yang kini sudah tampil sebanyak 50 kali.

Baca Juga: 6 Pemain asal Prancis yang Pernah Membela RB Leipzig

3. Christopher Nkunku

5 Rekrutan Terakhir RB Leipzig yang Didatangkan dari Klub Ligue 1Christopher Nkunku (twitter.com/StatmanDave)

Tumbuh dan besar di tim bertabur bintang sekelas Paris Saint-Germain, karier Christopher Nkunku sempat terhambat. Minimnya kesempatan bermain membuat masa depan pemain berpaspor Prancis itu dalam ancaman. Tak ayal, Nkunku memilih untuk hijrah ke RB Leipzig pada awal musim 2019/2020 lalu.

Kepindahannya ke klub yang dimiliki oleh Red Bull itu menjadi loncatan karier yang besar bagi Nkunku. Performanya meningkat dari musim ke musim.

Bahkan pada musim 2021/2022 ini, performa Nkunku makin meledak. Ia tampil produktif di lini serang Leipzig dengan mengoleksi 30 gol dan 19 assists sejauh ini.

4. Nordi Mukiele

5 Rekrutan Terakhir RB Leipzig yang Didatangkan dari Klub Ligue 1Nordi Mukiele (twitter.com/ManUtdMEN)

RB Leipzig terus berinvestasi terhadap para pemain muda untuk mengembangkan skuadnya agar makin kompetitif. Nordi Mukiele merupakan salah satu transfer cerdas Die Roten Bullen tersebut. Direkrut dari Montpellier dengan mahar 16 juta euro atau sekitar Rp248 miliar, kualitas Mukiele berkembang pesat di Jerman.

Sejak awal kedatangannya, pemain yang kini berusia 24 tahun itu mampu menyegel pos bek kanan utama Leipzig. Mukiele menjadi salah satu andalan Die Roten Bullen yang nyaris tak tersentuh posisinya. Secara keseluruhan, ia bahkan sudah dipercaya tampil sebanyak 141 kali di semua kompetisi.

5. Jean-Kevin Augustin

5 Rekrutan Terakhir RB Leipzig yang Didatangkan dari Klub Ligue 1Jean-Kevin Augustin (twitter.com/goal)

Tak hanya Christopher Nkunku, RB Leipzig juga pernah merekrut eks pemain PSG lainnya, termasuk Jean-Kevin Augustin. Kesepakatan transfer ini tercapai pada musim panas 2017 lalu usai Leipzig mengeluarkan mahar 16 juta euro atau sekitar Rp248 miliar. Sayangnya, Augustin gagal berkembang di klub barunya itu.

Pemain berkebangsaan Prancis itu hanya bertahan selama dua musim bersama Leipzig. Setelahnya, Augustin dipinjamkan ke AS Monaco dan Leeds United untuk memperoleh menit bermain yang cukup. Namun, performanya tak kunjung membaik dan ia lantas dilepas secara gratis ke Nantes pada musim panas 2020 lalu.

 

Secara keseluruhan, RB Leipzig memiliki rekam jejak transfer yang baik dengan klub-klub Ligue 1. Hal ini ditandai dengan keberhasilan sang pemain yang tampil impresif bersama Die Roten Bullen. Kira-kira, siapakah pemain selanjutnya yang baka mengikuti jejak kelima nama di atas?

Baca Juga: 5 Penyerang Top yang Berseragam RB Leipzig dalam Sedekade Terakhir

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya