Berbakat, 5 Talenta Muda Chelsea yang Justru Dilepas ke Klub Lain

Apakah Chelsea blunder melepas pemain-pemain mudanya?

Chelsea menunjukkan tajinya sebagai salah satu klub ternama di Negeri Ratu Elizabeth. Buktinya di musim lalu, gelar Liga Champions berhasil mereka rengkuh untuk yang kedua kali. Torehan manis itu makin menambah catatan mentereng The Blues yang diprediksi bakal tampil apik di musim depan.

Dari segi komposisi pemain, Chelsea memiliki banyak pemain bintang di dalam skuadnya. Hal tersebut berdampak bagus untuk perkembangan tim yang lebih kompetitif. Hanya saja, kemungkinan pemain-pemain muda yang kalah bersaing di skuad utama juga kian besar.

Tak ayal, sederet pemain muda yang sejatinya potensial terpaksa dilepas Chelsea ke klub lain. Penasaran siapa saja? Berikut daftarnya.

1. Tariq Lamptey

Berbakat, 5 Talenta Muda Chelsea yang Justru Dilepas ke Klub LainTariq Lamptey (premierleague.com)

Tariq Lamptey menunjukkan sihirnya bersama Brighton & Hove Albion. Berpostur mungil, ia diplot sebagai bek kanan utama dan mampu tampil reguler sebelum dibekap cedera hamstring. Buah dari kerja kerasnya itu tentu tak terlepas dari peran Chelsea, klub yang pernah Lamptey bela sewaktu masih belasan tahun.

Lamptey telah membela beberapa tim kelompok umur The Blues, tetapi tidak dengan skuad utama. Maklum saja, kans pemain Inggris tersebut begitu kecil lantaran bek kanan Chelsea sudah diisi oleh dua pemain berpengalaman, Reece James dan Cesar Azpilicueta. Ia akhirnya memilih hengkang ke Brighton pada musim dingin 2020 untuk mencari jam terbang.

2. Marc Guehi

Berbakat, 5 Talenta Muda Chelsea yang Justru Dilepas ke Klub LainMarc Guehi (twitter.com/DTransferencias)

Rezim kepelatihan Thomas Tuchel di Chelsea telah memulai pembenahan komposisi di skuadnya. Salah satu talenta muda yang dilepas Chelsea musim panas tahun ini adalah Marc Guehi, bek berdarah Inggris yang baru mencatatkan 2 penampilan di skuad utama. Meskipun begitu, namanya tak tercantum di tim inti The Blues.

Sebelum membelot ke Crystal Palace, Guehi menjadi bagian di tim U-23 Chelsea selama 5 musim. Kariernya dalam periode tersebut juga terbilang berat, dikarenakan Guehi sempat dipinjamkan ke Swansea City selama 2 musim. Kini, perjalanan baru bakal ia tempuh bersama Palace yang diarsiteki pelatih anyar, Patrick Vieira.

Baca Juga: 5 Pemain Muda Inggris yang Kini Memperkuat Chelsea, Mount Termasuk!

3. Tino Livramento

Berbakat, 5 Talenta Muda Chelsea yang Justru Dilepas ke Klub LainTino Livramento (twitter.com/TransferTome_)

Cuci gudang ala Chelsea di jendela transfer tahun ini juga menyasar ke Tino Livramento. Gelandang muda The Blues ini resmi dilepas ke sesama tim Premier League lainnya, Southampton. Kepindahannya ke klub berjuluk The Saints tersebut bakal menjadi petualangan baru bagi Livramento, setelah lama membela Chelsea.

Kariernya bersama The Blues berada di tengah ketidakpastian. Dipromosikan ke tim U-23, Livramento belum pernah dipercaya tampil di tim utama Chelsea, tak seperti pemain-pemain muda The Blues lainnya. Usai pindah ke Southampton, Livramento diharapkan mampu mengasah kemampuannya menjadi gelandang top di masa mendatang.

4. Fikayo Tomori

Berbakat, 5 Talenta Muda Chelsea yang Justru Dilepas ke Klub LainFikayo Tomori (90min.com)

Fikayo Tomori begitu kesulitan memperjuangkan tempatnya di skuad utama Chelsea. Ia memang telah dipromosikan musim 2017/2018 lalu, tetapi tak terpakai dan kerap dipinjamkan.

Nama Tomori sebenarnya sempat meroket disaat Frank Lampard ditunjuk jadi juru taktik Chelsea. Tomori dibawa pulang ke London usai menjalani peminjaman ke Derby County. Kesempatan tersebut dimanfaatkan betul oleh pemain berdarah Kanada itu. Tomori mendapatkan kepercayaan penuh mengisi pos bek tengah The Blues.

Namun, pergantian pelatih ke tangan Thomas Tuchel bak menjadi bencana dalam kariernya. Tomori terpinggirkan dan dipinjamkan ke AC Milan di musim lalu. Bersama Rossoneri, ia tampil impresif dan lantas direkrut secara permanen di akhir musim.

5. Jamal Musiala

Berbakat, 5 Talenta Muda Chelsea yang Justru Dilepas ke Klub LainJamal Musiala (goal.com)

Sosoknya bersinar bersama Bayern Munchen dan sempat diperebutkan Jerman dan Inggris. Jamal Musiala memulai cerita manisnya bersama tim penguasa Bundesliga itu sejak tahun 2019. Tak butuh waktu lama, Musiala yang tergabung di tim U-17 Bayern langsung naik kasta ke tim utama di musim lalu.

Setelah keberhasilan itu, Jamal sukses membuat animo banyak pihak berpusat padanya. Namun, siapa yang menduga bahwa pemain berusia 18 tahun tersebut sempat berseragam Chelsea. Wajar bila tak banyak orang yang mengetahuinya. Musiala memang membela The Blues selama 8 tahun, tetapi hanya sekadar menimba ilmu di tim akademi dan tak pernah tampil bersama skuad inti.

 

Keputusan Chelsea melepas beberapa talenta mudanya tentu disayangkan oleh sejumlah pihak. Sebut saja Fikayo Tomori dan Jamal Musiala yang sukses menunjukkan kapasitas terbaiknya usai dilego The Blues.

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik Akademi Chelsea dan Perjalanan Kariernya Sekarang

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya