Comscore Tracker

Tinggalkan Barcelona, 5 Pemain Ini Lanjutkan Kariernya ke Ligue 1

Didominasi para pemain PSG!

Barcelona telah diakui reputasinya sebagai salah satu klub top di Eropa. Meski dalam beberapa musim terakhir, performa La Blaugrana cenderung menurun, tetap tak membuat tim ini layak dikesampingkan. Barcelona masih konsisten di papan atas.

Tak hanya dari segi prestasi semata, Barca juga memiliki pemain berkualitas dengan masa bakti yang lama.  Namun, apa pun itu, perpisahan pasti akan terjadi. Sudah banyak pemain Barca yang memilih hengkang ke klub lain, termasuk ke Ligue 1. Siapa saja mereka?

1. Neymar

Tinggalkan Barcelona, 5 Pemain Ini Lanjutkan Kariernya ke Ligue 1Neymar (twitter.com/goal)

Transfer sensasional terjadi di saat kepindahan Neymar ke Paris Saint-Germain pada 2017 lalu. Bagaimana tidak, Le Parisiens rela mengaktifkan rilis klausul pemain Brasil itu di angka fantastis, yaitu 222 juta euro atau setara Rp3,5 triliun. Nominal itu menjadikan Neymar sebagai rekrutan termahal sepanjang masa.

Masa baktinya di Paris masih terus berlangsung hingga sekarang. Neymar menjadi salah satu senjata utama PSG dalam menghasilkan banyak gol.

Tercatat, Neymar sudah mengoleksi 100 gol dan 60 assists di semua kompetisi. Meski begitu, ia justru rentan dibekap cedera dan harus melewatkan banyak pertandingan.

2. Sergi Palencia

Tinggalkan Barcelona, 5 Pemain Ini Lanjutkan Kariernya ke Ligue 1Sergi Palencia (twitter.com/barcacentre)

Promosi ke tim senior pada 2018 lalu, Sergi Palencia tak pernah tampil sekali untuk Barcelona. Oleh sebab itu, ia memutuskan untuk hengkang ke klub lain setahun berselang. Hatinya tertuju kepada Saint Etienne. Dalam proses kepindahannya, Palencia hanya ditebus seharga 2 juta euro atau sekitar Rp31 miliar.

Berharap bisa dapat banyak jam terbang, kenyataan berbeda justru dialaminya. Palencia yang beroperasi sebagai bek kanan ini malah cuma dipercaya tampil 9 kali oleh klub Ligue 1 tersebut. Ia lantas hanya bertahan semusim di Prancis. Sejak musim 2020/2021, Palencia dipinjamkan ke Leganes demi kans bermain yang lebih baik.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Dilepas Barcelona ke Klub Premier League

3. Rafinha

Tinggalkan Barcelona, 5 Pemain Ini Lanjutkan Kariernya ke Ligue 1Rafinha (twitter.com/Rafinha)

Rafinha punya perjalanan panjang di tim utama Barcelona. Namun, ia bukanlah sosok yang diandalkan oleh klub Catalan tersebut. Beberapa kali dipinjamkan, Rafinha lantas pindah secara permanen ke PSG pada musim panas 2020. Kepindahan pemain Brasil itu ke Paris hanya memakan biaya 1,5 juta euro alias Rp23 miliar.

Alih-alih bisa bermain reguler, keputusannya hijrah ke PSG seperti sia-sia. Rafinha hanya jadi pelapis dengan catatan 39 penampilan di semua ajang.

Bahkan pada pertengahan musim 2021/2022 lalu, ia terpaksa dipinjamkan ke klub LaLiga, Real Sociedad, demi mendapatkan menit bermain yang cukup.

4. Jean-Clair Todibo

Tinggalkan Barcelona, 5 Pemain Ini Lanjutkan Kariernya ke Ligue 1Jean-Clair Todibo (twitter.com/jctodibo)

Jean-Clair Todibo hanya sebentar membela Barcelona. Terlebih, ia menghabiskan waktunya ke klub lain dengan status pinjaman lantaran tersisih dari pilihan utama.

Hingga pada musim dingin 2021 lalu, Todibo singgah ke OGC Nice untuk meningkatkan kariernya. Keputusannya itu nyatanya berbuah manis. Profil pemain berpaspor Prancis itu menyeruak sebagai salah satu tumpuan Nice di lini belakang.

Bahkan pada musim 2021/2022 lalu, ia nyaris tak tersentuh dengan catatan 40 penampilan. Terpikat dengan performanya, manajemen tim mengikat Todibo secara permanen dengan banderol 8,5 juta euro atau sekitar Rp133 miliar. 

5. Lionel Messi

Tinggalkan Barcelona, 5 Pemain Ini Lanjutkan Kariernya ke Ligue 1Lionel Messi (twitter.com/sabahspor1)

Akhir kebersamaan Messi dengan Barcelona justru tragis. Krisis finansial yang menerpa La Blaugrana tak memungkinkan Messi untuk memperpanjang kontraknya lebih lama.

Ia lantas berstatus free agent dan bebas menentukan tujuan barunya. Pada akhirnya, PSG menjadi destinasi anyar yang dipilih pemain Argentina itu.

Datang dengan membawa segudang pengalaman, Messi makin melengkapi skuad berlabel bintang Le Parisiens. Akan tetapi, ia cukup kesulitan beradaptasi di musim debutnya.

Produktivitas Messi sedikit menurun dan hanya mampu membawa PSG merengkuh titel Ligue 1. Dari 34 laga, ia mencetak 11 gol dan 15 assists.

 

Menariknya, kebanyakan dari mereka memilih untuk hengkang dari Barcelona karena kekurangan menit bermain di tim utama. Akankah keputusan kelima pemain di atas bakal diikuti oleh nama-nama lain yang juga pindah ke Ligue 1?

Baca Juga: 5 Pemain Barcelona yang Minim Menit Bermain pada Musim 2021/2022

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya