TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Pemain Prancis yang Tampil Gemilang di Premier League

Dari Kante hingga Henry, siapa pemain Prancis favoritmu?

premierleague.com

Premier League menjadi ajang para pemain hebat dari berbagai negara untuk bertanding. Salah satu negara yang pemainnya berlaga di Premier League adalah Prancis. Hingga saat ini, ada 207 pemain Prancis yang pernah berkiprah di kasta teratas liga Inggris tersebut.

Hal tersebut membuat Prancis menjadi negara kedua dengan pemain terbanyak di Premier League. Dari banyaknya pemain Prancis tersebut, ada beberapa pemain yang mampu tampil gemilang. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya. 

1. Thierry Henry

independent.co.uk

Para penggemar sepak bola pasti setuju kalau Thierry Henry menjadi salah satu pemain Prancis yang tampil gemilang di Premier League. Ia membela Arsenal sejak tahun 1999 hingga 2007. Henry sempat kembali ke Arsenal sebagai pemain pinjaman pada tahun 2012. Selama berkarier di Premier League, Henry telah meraih berbagai prestasi.

Bersama The Gunners ia meraih juara Premier League sebanyak dua kali. Henry telah tampil dalam 258 laga dengan mencetak 175 gol. Tak hanya itu, ia juga meraih prestasi pribadi lainnya seperti Golden Boot, Player of the Month hingga Player of the Season. 

2. Eric Cantona

premierleague.com

Pemain Prancis yang tak kalah mengesankan selama berkarier di Premier League adalah Eric Cantona. Ia berkiprah di Premier League selama enam musim bersama Manchester United dan Leeds United. Ia membela Leeds United hanya setengah musim pada 1992/1993 sebelum akhirnya bergabung dengan Setan merah.

Cantona mencatatkan 156 penampilan dengan mencetak 70 gol dan 65 assist. Pemain yang dikenal bandel ini juga sukses mengantarkan Manchester United menjadi juara sebanyak empat kali. Pemain berposisi striker ini juga pernah menjadi Player of the Month. 

3. Nicolas Anelka

eurosport.com

Nicolas Anelka adalah pemain Prancis yang malang melintang di Premier League. Mengawali karier di Premier League sejak 1996/1997, Anelka telah membela enam tim berbeda. Keenam tim tersebut yaitu Arsenal, Liverpool, Manchester City, Bolton Wonderes, Chelsea dan West Bromwich.

Selama 16 musim berkarier di Premier League, Anelka telah tampil dalam 364 laga dengan mencetak 125 gol serta 48 assist. Ia pernah menjadi juara Premier League sebanyak dua kali saat membela Arsenal dan Chelsea. Prestasi lainnya adalah Golden Boot dan Player of the Month. 

4. Patrice Evra

goal.com

Tak hanya deretan penyerang, pemain belakang asal Prancis juga tak kalah gemilang. Patrice Evra menjadi bek kanan yang bersinar selama berkarier di Premier League. Ia bergabung dengan Manchester United pada musim 2005/2006 hingga 2013/2014.

Setelah itu ia bergabung dengan West Ham selama satu musim. Evra memiliki catatan tampil sebanyak 278 laga dengan torehan 7 gol, 21 assist dan 98 clean sheet. Selama berseragam United, Evra berhasil meraih trofi Premier League sebanyak lima kali. 

Baca Juga: 5 Pemain dengan Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah Premier League

5. Patrick Vieira

goal.com

Pemain berikutnya dari deretan pemain gelandang yakni Patrick Vieira. Ia mengawali karier di Premier League sejak musim 1996/1997 dengan bergabung dengan Arsenal. Vieira sempat meninggalkan Premier League setelah musim 2004/2005.

Musim 2009/2010, Vieira kembali ke Premier League dengan membela Manchester City selama dua musim. Selama membela The Gunners, ia sukses merengkuh trofi Premier League sebanyak tiga kali. Catatan pribadinya di Premier adalah 307 main, 31 gol serta 34 assist

6. N'Golo Kante

premierleague.com

N'golo Kante menjadi satu-satunya pemain Prancis dalam daftar ini yang masih aktif bermain di Premier League. Saat ini ia membela Chelsea setelah bergabung pada tahun 2016. Sebelum berseragam Chelsea, Kante lebih dulu membela Leicester City selama semusim yaitu 2015/2016.

Hampir lima musim di Premier League, Kante telah menorehkan berbagai prestasi. Ia telah meraih dua gelar Premier League bersama Leicester City dan Chelsea. Hingga kini, pemain gelandang ini telah tampil dalam 160 pertandingan Premier League. 

7. Robert Pires

arsenal.com

Robert Pires menjadi pemain Prancis berikutnya yang tampil gemilang di Premier League. Pemain gelandang yang satu ini selama tujuh musim, yaitu sejak 2000/2001 hingga 2005/2006. Ia sempat kembali ke Premier League pada musim 2010/2011 dengan membela Aston Villa.

Selama berkarier di Premier League, Pires telah mencatatkan 198 penampilan. Ia sukses menorehkan 62 gol dan 41 assist. Bersama Arsenal, Pires meraih gelar juara Premier League sebanyak dua kali. 

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Main di Premier League Musim Ini, Calon Bintang?

Verified Writer

Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya