TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Solidaritas untuk George Floyd, Pemain Schalke Kenakan Pita Hitam

Sejumlah atlet memberikan simpati pada George Floyd

Pemain Schalke, Weston McKennie. (releasethekneppen.com)

Jakarta, IDN Times - Pemain Schalke 04 asal Amerika Serikat, Weston McKennie, mengungkapkan rasa solidaritasnya kepada George Floyd yang menjadi korban kekerasan aparat polisi. Weston mengenakan pita hitam bertuliskan "Keadilan untuk George" saat timnya bentrok dengan Werder Bremen, Sabtu (30/5).

Hal itu dilakukan lantaran sehari sebelum laga, tepatnya pada Jumat (29/5), seorang pria berkulit hitam, George Floyd, mengembuskan napas terakhir setelah lehernya ditekan kaki seorang polisi dari Minneapolis. Derek Chauvin, polisi terduga pelaku, kini berstatus tersangka.

1. McKennie merasa terhormat bisa mendukung tegaknya keadilan

McKennie mengaku merasa terhormat bisa menyuarakan kegelisahan terkait masalah tersebut di lapangan. Hal itu diungkapkannya langsung melalui sebuah unggahan kolase foto plus sebuah cuitan di twitter pribadinya selepas laga berlangsung.

"Kita semua harus berdiri membela nilai-nilai yang dipercayai. Dan, saya percaya ini saatnya apa yang kita percayai harus didengarkan," tulis akun @WMckennie yang diikuti dengan tagar #justiceforgeorgefloyd serta #saynotoracism.

2. Gelombang protes juga ditunjukkan beberapa atlet

theguardian.com

Kondisi di Amerika Serikat, khususnya di Minnesota, memang tengah memanas pasca-George meninggal. Meski polisi bernama Derek Chauvin telah ditahan dan dikenakan dakwaan pembunuhan, gelombang protes kian meluas.

Setidaknya, terjadi unjuk rasa  di 30 kota di AS. Banyak di antara demonstrasi protes tersebut yang berakhir ricuh dan diwarnai bentrokan antara pihak kepolisian dan para pengunjuk rasa.

Gelombang protes pun datang dari seluruh elemen, termasuk para atlet dan bintang olahraga kenamaan dunia.

Eks pemain yang membawa San Antonio Spurs jadi kampiun NBA, yakni Stephen Jackson, lalu ada bintang LA Lakers, LeBron James, bintang tenis yang masih remaja, Coco Gauff, sampai pemain Timnas Prancis dan Paris Saint-Germain, Kylian Mbappeu juga secara terang-terangan mengecam kejadian tersebut.

Baca Juga: Bayern Munich Bungkam Dortmund, Kimich Optimistis Juara Bundesliga 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya