TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

September Nanti, FIFA akan Tinjau 6 Stadion untuk Piala Dunia U-20

Ada 2 nama baru yang masuk daftar 6 stadion Piala Dunia U-20

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (tiga dari kiri) saat meninjau Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (10/2). IDN Times/Fitria Madia

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan, federasi sepak bola dunia (FIFA) akan datang ke Indonesia pada September mendatang. Tujuan kedatangannya adalah untuk meninjau enam stadion yang akan digunakan dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang.

"FIFA akan ke Indonesia pada September 2020," Kata Iriawan pada Jumat (3/7/2020) seperti dikutip dari Antara.

Enam stadion yang diusulkan PSSI dikabarkan telah mendapat persetujuan dalam rapat kabinet terbatas yang dipimpin presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Rabu, 1 Juli 2020 lalu.

Baca Juga: Presiden Jokowi Setujui 6 Stadion Pilihan PSSI untuk Piala Dunia U-20

1. Dua stadion dicoret dari usulan awal

antarafoto

Melansir Antara, dalam surat yang ditandatangani Chief Tournaments and Events Officer FIFA, Colin Smith, pada 14 April 2020 lalu, enam stadion yang jadi lokasi Piala Dunia U-20 adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Mandala Krida (Yogyakarta), Stadion Manahan (Surakarta), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Namun, dari 6 stadion yang diusulkan PSSI, ada 2 stadion yang dicoret dari daftar sebelumnya. Kedua stadion tersebut adalah Stadion Pakansari dan Stadion Mandala Krida. Sebagai gantinya, dua stadion baru yang diusulkan adalah Stadion Jakabaring (Palembang) dan Stadion Si Jalak Harupat (Bandung).

2. Kondisi alam jadi pertimbangan pemilihan stadion

Stadion Mandala Krida Yogyakarta Twitter/@ririrahayu_

Menurut Iriawan, pergantian terpaksa dilakukan dengan berbagai alasan. Termasuk situasi Yogyakarta yang rawan letusan Gunung Merapi.

"FIFA menanyakan tentang Gunung Merapi. Itu menjadi catatan karena kita tidak bisa memperkirakan kapan terjadi letusan," kata Iriawan.

Enam stadion yang masuk dalam usulan baru dipersiapkan sesuai dengan kebutuhan dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-20.

Baca Juga: Ini Alasan PSSI Tak Pakai Mandala Krida untuk Venue Piala Dunia U-20

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya