TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pemain Terbaik yang Pernah Membela AS Roma dan Real Madrid

Ada dua pemain yang pernah memenangkan gelar Liga Champions

romapress.net

Borja Mayoral menunjukkan performa yang sangat luar biasa bersama AS Roma. Pemain pinjaman dari Real Madrid tersebut menjadi striker andalan AS Roma musim ini. Pemain Spanyol tersebut telah memainkan 25 pertandingan dengan torehan 10 gol dan 6 assist di semua kompetisi.

Melihat penampilan cemerlang Borja Mayoral bersama AS Roma, tentunya pihak Real Madrid merasa senang. Pasalnya, Mayoral bisa ditarik lagi ke Real Madrid untuk dijadikan striker masa depan. Ia bisa menggantikan Karim Benzema yang kabarnya ingin hengkang dari Real Madrid.

Selain Borja Mayoral, Ternyata  ada banyak pemain sepak bola yang pernah membela AS Roma dan Real Madrid. Tentu saja pemain-pemain tersebut bukan pemain sembarangan. Lalu, siapa saja pemain yang pernah membela kedua klub tersebut?  Yuk, simak artikel di bawah ini!

1. Christian Panucci

gentlemanultra.com

Christian Panucci membela Real Madrid selama tiga musim, mulai tahun 1996 hingga tahun 1999. Sebelumnya, ia membela klub Italia, yakni Genoa dan AC Milan. Bersama Real Madrid, Panucci berhasil memenangkan trofi LaLiga, Piala Super Spanyol, Liga Champions, hingga Piala Interkontinental yang saat ini bernama Piala Dunia Antarklub.

Selama membela Real Madrid, Panucci sudah memainkan 96 pertandingan dengan torehan 6 gol dan 1 assist di semua kompetisi. Pada tahun 1999, Christian Panucci meninggalkan Real Madrid. Setelah itu, ia membela sejumlah klub, di antaranya Inter Milan, Chelsea, dan Monaco. Lalu, pada tahun 2001, Ia membela asal ibu kota Italia, AS Roma.

Bersama klub yang berjuluk I Giallorossi tersebut, Panucci juga meraih banyak kesuksesan. Ia berhasil memenangkan Copa Italia dan Piala Super Italia. Selama berbaju AS Roma dari tahun 2001 hingga 2009, Panucci telah memainkan 315 pertandingan dengan torehan 31 gol dan 13 assist di semua kompetisi. Setelah itu, Panucci pindah ke Parma dan pensiun di sana.

Baca Juga: 5 Pemain AS Roma yang Tampil Moncer Sepanjang Sejarah, Gak Hanya Totti

2. Emerson

sambafoot.com

Emerson juga tercatat pernah membela AS Roma dan Real Madrid. Pemain asal Brasil ini pernah membela AS Roma dalam kurun waktu 2000 hingga 2004. Kala itu, ia didatangkan AS Roma dari klub Jerman, Bayer Leverkusen.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini sukses mengantarkan AS Roma memenangkan Liga Italia dan Piala Super Italia. Bersama AS Roma, Emerson telah memainkan 145 pertandingan dengan torehan 21 gol dan 6 assist di semua kompetisi.

Emerson kemudian pindah ke Juventus pada tahun 2004. Ia membela Juventus selama 2 musim tanpa meraih 1 gelar pun. Kemudian, ia bergabung ke Real Madrid dan hanya bertahan satu musim, yaitu musim 2006/2007. Meskipun satu musim di Real Madrid, Emerson berhasil memenangkan gelar LaLiga.

Bersama Real Madrid, Emerson telah memainkan 34 pertandingan dengan raihan 1 gol dan 3 assist di semua kompetisi. Setelah meninggalkan Real Madrid, Emerson bergabung ke AC Milan selama dua musim. Setelah itu, ia pulang ke Brasil untuk membela Santos dan pensiun di sana.

3. Walter Samuel

besoccer.com

Walter Samuel membela AS Roma selama empat musim, mulai tahun 2000 hingga tahun 2004. Sebelumnya, ia berkarier di Argentina bersama Newell's Old Boys dan Boca Juniors. Bersama AS Roma, Samuel berhasil menyumbangkan Scudetto dan Piala Super Italia. Selama membela AS Roma, Samuel telah memainkan 173 pertandingan pertandingan dengan torehan 12 gol dan 2 assist di semua kompetisi.

Pada tahun 2004, Walter Samuel bergabung ke klub Spanyol, Real Madrid. Bersama klub yang berjuluk Los Blancos tersebut, Samuel tidak meraih gelar satu pun. Ia hanya bertahan satu musim di Real Madrid. Di sana, Samuel hanya memainkan 40 pertandingan dengan torehan 2 gol dan 2 assist di semua kompetisi.

Setelah itu, Samuel pindah ke klub Italia, Inter Milan. Bersama Inter Milan, Samuel berhasil meraih banyak trofi bergengsi, termasuk trofi Liga Champions. Samuel akhirnya memutuskan pensiun setelah membela klub asal Swiss, FC Basel.

4. Antonio Cassano

sportmediaset.mediaset.it

Pemain yang pernah membela AS Roma dan Real Madrid selanjutnya ialah Antonio Cassano. Pemain ini berseragam AS Roma sejak tahun 2001 hingga 2006. Cassano direkrut AS Roma dari klub Italia, Bari. Bersama AS Roma, Cassano menunjukkan penampilan yang fantastis sehingga orang-orang menyebutnya Fantantonio.

Selama di AS Roma, Cassano hanya berhasil memenangkan Piala Super Italia. Tercatat, ia telah memainkan 161 pertandingan dengan raihan 52 gol dan 9 assist di semua kompetisi. Antonio Cassano kemudian meninggalkan AS Roma untuk bergabung ke klub Raksasa Spanyol, Real Madrid.

Antnio Cassano bergabung ke Real Madrid mulai tahun 2006 sampai 2008. Bersama Real Madrid, Cassano memang telah berhasil memenangkan LaLiga. Namun, secara keseluruhan penampilannya sangat buruk sekali.  Ia hanya memainkan 29 pertandingan dengan torehan 4 gol dan 3 assist di semua kompetisi.

Setelah pindah dari Real Madrid, Cassano melalang buana ke beberapa klub Italia, mulai Sampdoria, AC Milan, Inter Milan, Parma, dan Verona sebelum akhirnya memutuskan pensiun sebagai pemain sepak bola.

Baca Juga: 5 Klub yang Paling Sering Dihadapi Real Madrid di Liga Champions

Verified Writer

Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya