5 Pemain yang Pernah Membela Arsenal dan Manchester City

Ada yang baru pindah tetapi sudah membuat kontroversi

Laga akbar kembali tersaji dalam lanjutan Premier League pekan ke-25 antara Arsenal yang akan menjamu Manchester di Emirates Stadium pada minggu malam (21/2). Kedua tim big six tersebut akan saling beradu untuk memperebutkan tiga poin.

Meski rivalitas antara The Gunners dan The Citizens baru berlangsung selama satu dekade terakhir, namun kedua tim memiliki sejarah panjang dalam hal pemain. Terdapat beberapa pemain yang pernah membela Arsenal dan Manchester City. Siapa saja mereka?

1. Nicolas Anelka

5 Pemain yang Pernah Membela Arsenal dan Manchester CityTwitter

Nicolas Anelka merupakan striker berkebangsaan Prancis yang dikenal sebagai predator haus gol dan senang berpetualang antar klub. Anelka terlebih dahulu memperkuat Arsenal pada tahun 1996 hingga 1999 dengan torehan 90 penampilan dan mencetak 28 gol.

Setelah sempat pindah klub sebanyak 3 kali pasca meninggalkan The Gunners, Anelka berlabuh ke Manchester City pada 2002 hingga 2005 dan mencatatkan 103 penampilan serta mencetak 45 gol.

2. Samir Nasri

5 Pemain yang Pernah Membela Arsenal dan Manchester Citybleacherreport.com

Samir Nasri merupakan gelandang kreatif berkebangsaan Prancis yang bermain mengawali karier profesionalnya di Inggris bersama Arsenal setelah diboyong dari Olympique Marseille pada 2008. Nasri mencatatkan 125 pertandingan dengan torehan 27 gol selama tiga musim bermain di Emirates Stadium.

Pada musim panas 2011, Samir Nasri secara mengejutkan pindah ke Manchester City setelah The Citizens membayar 25 juta poundsterling atau sekitar Rp492 miliar untuk memboyong Pemain Terbaik Prancis 2010 tersebut ke Etihad Stadium. Nasri mencatatkan 176 pertandingan dan mencetak 27 gol serta membantu City untuk meraih dua gelar Premier League.

3. Gael Clichy

5 Pemain yang Pernah Membela Arsenal dan Manchester Citygoal.com

Di antara pemain Arsenal yang pindah ke Manchester City, Gael Clichy merupakan pemain yang paling sukses selama membela kedua klub tersebut. Clichy merupakan salah satu punggawa Arsenal yang sukses meraih gelar invicibles pada musim 2003/2004 kala ia menjalani musim pertama bersama The Gunners.

Setelah 8 musim membela Arsenal, Clichy pindah ke Manchester City bersamaan dengan Samir Nasri. Selama 6 musim berseragam biru langit, Clichy bermain sebanyak 203 pertandingan dan mempersembahkan dua gelar Premier League

4. Bacary Sagna

5 Pemain yang Pernah Membela Arsenal dan Manchester CityDaily Mail

Bacary Sagna merupakan bek sayap berkebangsaan Prancis yang pernah bermain untuk Arsenal dan Manchester City. Jika Gael Clichy merupakan pemain tersukses yang bermain untuk Arsenal dan Manchester City, maka hal tersebut kurang berlaku bagi Sagna.

Selama 7 tahun membela Arsenal, Sagna hanya mampu mempersembahkan satu gelar piala FA. Hal yang lebih memprihatikan terjadi ketika Sagna pindah ke Manchester City pada 2014. Selama tiga tahun berada di Manchester, Sagna kerap mengalami cedera dan hanya mampu bermain maksimal selama satu musim.

5. Emmanuel Adebayor

5 Pemain yang Pernah Membela Arsenal dan Manchester Citygoal.com

Dari sekian nama yang pernah memperkuat Arsenal dan Manchester City, Emmanuel Adebayor dianggap sebagai pemain paling kontroversial yang pernah memperkuat kedua tim tersebut. Adebayor pertama kali menginjakkan kaki di Inggris ketika diboyong oleh Arsenal pada 2006 dari AS Monaco.

Penampilan impresif pada musim 2007/2008 serta 2008/2009 membuatnya dibeli oleh Manchester City sebesar 25 juta poundsterling atau sekitar Rp492 miliar.Striker asal Togo tersebut lantas melakukan tindakan kontroversial kala Arsenal melawat ke Etihad Stadium, 2 bulan pasca kepindahan Adebayor ke City.

Adebayor yang mencetak gol di laga tersebut melakukan selebrasi dengan berlari ke arah away fans Arsenal. Sontak fans Arsenal marah dan melemparkan botol dan batu ke arah Adebayor. Karier Adebayor di Manchester City berakhir tragis setelah dipinjamkan hanya 18 bulan setelah ia berseragam biru-putih.

 

Itulah lima pemain yang pernah memperkuat Arsenal dan Manchester City. Pertandingan antara kedua tim pada Minggu malam (21/2) dipastikan akan menyuguhkan pertarungan kelas tinggi demi meraih poin maksimal yang akan menambah pundi-pundi poin mereka.

Baca Juga: 5 Pemain yang di Luar Dugaan Dijual Arsenal, Ada Robin Van Persie!

Anfassa Nafhan Photo Writer Anfassa Nafhan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya